Wednesday, 2 October 2013

SOLUSI BUAT TRADER YANG SERING MC

Solusi buat trader yang sering MC:
  1. Istirahat dulu, jangan langsung trading lagi.. sabar seminggu menata pikiran dan hati begitu Anda MC hari itu.
  2. Selama seminggu itu, review dan evaluasi apa yang telah Anda lakukan sehingga bisa MC: keserakahan, tidak disiplin atau masalah lain.
  3. Tulis masalah Anda itu, untuk selalu mengingatkan Anda betapa fatal akibat kesalahan yang telah Anda lakukan dalam mengelola Akun Anda.
  4.  Di forex kesalahan selalu pasti dan jelas, jadi jika diulangi lagi, pasti akibat yang ditimbulkan pun akan terulang. Tidak mau dong..! Jika tidak mau MC ya jangan diulangi lagi kesalahan itu.
  5. Persoalan utama masih berkutat pada ~plus dikit disikat, minus banyak selalu dibiarkan~ tidak mau rugi. Ingat, bahwa dalam trading kerugian adalah hal yang selalu akan terjadi. Jadi, cut loss itu bukan aib bahkan hukumnya wajib jika terjadi kesalahan yang akan mengancam akun MC. Profit bisa dicari lagi, selama masih ada modal. Akan lebih sulit mencari modal ketika kita MC. Trading itu bukan untuk dikatakan hebat ~Gak pernah loss~ tapi untuk berdagang yang keuntungannya lebih besar daripada kerugiannya. Ini yang harus menjadi tujuan utama seorang trader. Kita tidak mungkin bisa lolos dari kerugian, tetapi kita bisa membuat terobosan untuk profit yang konsisten (dalam arti WD lebih sering), dan tidak deposit lagi. Karena penyebab deposit lagi sudah bisa diatasi dengan mental keberanian cut loss..!
  6. Jika sudah pikiran adem dan tenang, mulailah deposit lagi tidak usah banyak-banyak dulu, sambil memantapkan tradingnya.
  7. Yang sering terjadi: loss besar atau MC biasanya karena ketidakmampuan mengelola floating minus; mungkin  adanya pergerakan dahsyat yang melawan OP kita (biasanya disebabkan news besar). Lebih sering lagi, lagi floating minus dan hari itu banyak berita fundamental dan semua pergerakan malah semakin menjauhkan kita dari TP. Semua pergerakan harga tidak menguntungkan posisi kita. Akhirnya kita "no action": menunggu keajaiban! Yang harus kita lakukan seharusnya adalah memasang pengaman entah itu Sl atau locking/hedging. Cuma persoalannya kita tidak mahir melepas hedging jadi nambah pusing, akhirnya tidak mau hedging. Kita juga tidak mau pasang SL, karena merasa akan sia-sia waktu dan tenaga jika akhirnya harus cut loss (rugi). Sehingga hanya "menunggu keajaiban". Meski yang lebih sering datang mengunjungi adalah "Setan Datang". Solusinya jelas: Anda harus jadi "RAJA TEGA" cut loss...! Stress paling satu atau tiga jam, setelah itu perasaan kita akan kembali normal dan siap berburu $ lagi. Daripada tiga hari, bahkan seminggu makan gak enak, tidur gak nyenyak... hari-hari keringet dingin keluar panas dingin, mumet, stress, kepala cenat cenut....akhirnya habis juga duitnya.
  8. Agar tidak cut loss mulu, kita pun harus mahir menganalisa pergerakan harga. Ini  yang paling sulit... rata-rata permasalahan utama trader pemula disini: Tidak bisa menganalisa pergerakan harga! Untuk masalah ini, solusinya kia 'belajar menganalisa', belajar dari sistem para ahli dibidang ini. Untuk mudahnya, rekomendasi saya untuk belajar tentang ini yang paling mudah adalah: Pelajari: 1.Trendline, 2.Fibonancy 3. support resistance pivot dan 4. pola candle. Itu sebenarnya sudah lebih dari cukup. Jika ingin menambah wawasan yang mendukung itu, boleh menambah lagi dengan pengetahuan MA 200 misalnya. Forex terlalu banyak untuk dipelajari, jika tidak memprioritaskan 'bahan belajarnya' kita akan banyak belajar yang sia-sia. Semua sistem dipelajari akan membuat stress sendiri dan tidak ada perubahan yang baik terhadap akun kita. Kita cuma dapat "cerdas" tapi "gak pernah profit". Tapi meski begitu Anda dapat memilih kesukaan cara Anda menganalisa... Cuma yang saya tekankan disini adalah ndak usah njlimet-njlimet... hanya bikin mumet! Tidak disebut cerdas oleh kawan ya tidak apa-apa asal cerdas mencari profit dan bisa membuktikannya. Memang gak perlu banyak omong, sok jago! Mending ngelawak aja di pesbuk mencari hiburan dan ketemu  kawan-kawan edan! Whuahahahhahaa Whuahahahahahahhaa......!
Demikian Brother: solusi buat trader yang sering MC. Yang penting ojo gemblung sik...!

Tuesday, 20 August 2013

TERSERAH TRADER...!

Ini jaman edan, gak edan gak keduman... (iki jamanne jaman edan, yen ora ngedan ora keduman. nanging, sakbejo-bejone wong kang lali, isih luwih bejo wong kang becik lan waspodo)

Ini jaman trading, gak trading ketinggalan jaman (nanging, sakbejo-bejone wong trading, kuwi luwih bekjo sing profit konsisten)

Trading koq loss, yang penting jangan edan dulu, karena rejeki bisa keduman dari arah lain. Atau akan mendapatkan profit di hari lain. Lho koq masih gak sabar...! ENte menjadi buruh saja, digaji setelah sebulan kerja juga sabar menanti bayaran, ini disuruh sabar beberapa jam, sehari atau beberapa hari tidak mau sabar. Padahal kata-kata saktinya: Sabar akan dibayar...!

Sudah jelas jalan terbentang pilih sabar dibayar atau nyalip benjut?  Itu terserah trader.

Sudah jelas keserakahan akan menghancurkan, tetapi tidak ada upaya kuat untuk menjauh dari keserakahan. Padahal serakah itu boleh, asal ngerti tempatnya, tidak sembarangan. Seperti orang beol boleh berlama-lama, tetapi ya di WC sendiri jangan di WC umum. whuahahahahhaa. Tetapi ya terserah trader....

Sudah jelas tidak taat rule akan membuat kegagalan, tetapi tidak kapok-kapok melanggar rule, sementara trader ingin sukses....! Iki wong koq angel dikandani..! whuahahhaahhaa Tetapi ya terserah trader....

Dll dll..

Terserah trader, duit-duitnya sendiri... loss ya karena diri sendiri...dan dinikmati sendiri.... profit juga untuk sendiri... Gurunya Lik Dokter Sesuba ya gak di kasih bagian profitnya... whuahahahhaha

Kata Kang Ziaregal: "Kalau begitu ya udah, salam loss  saja daaaaah..!"

...................

Tuesday, 6 August 2013

JANGAN MENARUH TELOR DALAM SATU KERANJANG

Mungkin ungkapan ini sudah sering kita dengar. Sebuah pepatah klasik yang masih berlaku sampai sekarang. "Jangan menaruh telor dalam satu keranjang". Penerapannya bisa beragam sesuai dengan relevansi bidangnya. Namun pepatah ini lebih sering digunakan dalam dunia bisnis.

Bagaimana di dunia forex? Oh ya... pepatah ini juga berlaku, Boss...!

Hidup ini memang penuh dengan misteri. Kita takkan pernah tahu apa yang akan terjadi diwaktu yang akan datang. Kita hanya bisa berencana dan hanya bisa memprediksikannya saja. Rencana ataupun prediksi yang kita buat tentunya untuk antisipasi langkah kita kedepannya. Dibidang forex pun demikian... penuh misteri. Kita pun tidak tahu apa yang akan terjadi dengan broker kita di masa depan. Ingat kejadian libertyreserve? Siapa yang menyangka akan "pergi" secepat itu meninggalkan kita semua... whuahahahahaaa....!

Apapun istrumen yang dipilih, yang penting kita yakin bahwa investasi yang dilakukan tujuan utamanya adalah untuk menjaga nilai uang itu sendiri. Jangan sampai uang kita semua hilang dalam investasi atau karena bisnis kita yang tidak menerapkan prinsip "jangan menaruh telor dalam satu keranjang".

Ya, sekali lagi dan selalu ingat ingat, jangan pernah menaruh telur dalam keranjang yang sama...! Karena ketika satu keranjang jatuh dan telur-telur tersebut pecah semua, kita masih memiliki telur di keranjang lain yang bisa dipakai untuk membuat 'omelet yang lezat'. whuehahhahahahahaa

Dalam dunia bisnis ini berarti bahwa jangan meletakkan seluruh investasi anda pada sebuah jenis investasi. Hal ini merupakan antisipasi terhadap kemungkinan terburuk Anda kehilangan investasi Anda. Jika Anda meletakkan seluruh kekayaan Anda pada sebuah investasi, maka ketika investasi ini mengalami kerugian, maka Anda akan kehilangan seluruh kekayaan Anda. Hasilnya adalah Anda menjadi bangkrut. Anda tidak mau terjadi demikian pada Anda bukan?

Dalam trading forex, baiknya penggunaan broker pun demikian... kita jangan menyimpan menaruh telor dalam satu keranjang broker. Soalnya kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Sayang dong, setelah kita banyak dapatkan duit profit pada akhirnya hilang karena kasus dan keadaan tertentu. Apalagi jika modal yang pas-pasan ikut hilang. Masih ingat beberapa waktu kemarin, ada beberapa broker yang tidak bisa mencairkan dana nasabah, dana para tradernya...  karena para trader menggunakan metode withdrawal pakai libertyreserve, sementara libertyreserve telah "gone with the wind".  Nah, tentu kita tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya di dunia ini.... Kita bukan malaikat Boss....!

 Belajar dari hal itu saya hanya mengingatkan kepada Anda untuk bijaksana dalam menaruh telor Anda...! whuahahahahaa....! Jangan sembarangan juga ya dalam menyimpan dan menempatkan telor-telor Anda...!


Link Broker Rekomended Untuk Menaruh Telor-telor Anda:
Broker FxClearing Cocok Buat Pemula
Membuka Akun di ECN4X
Membuka Akun di FBS

Sunday, 4 August 2013

SALAHKAH UNTUK MENJADI SANGAT KAYA?

Ini ada status guru saya, ta baca berkali-kali koq ya menarik... judulnya "3 hal mudah untuk menjadi sangat kaya....." Biar agak beda, di blog saya ini saya ganti judulnya, "SALAHKAH UNTUK MENJADI SANGAT KAYA?"

Ini masih tulisan beliau Tuan Vdj Valas (salah satu guru saya juga):
  1. Pertama sebelum kamu lahir kedunia ini jangan lupa request dulu untuk terlahir dari kalangan keluarga kaya...contohnya terlahir di keluarga bakrie, bill gates, donald trump, dll
  2. Kedua jika sudah terkadung lahir dikeluarga miskin, yach sudah jangan berkecil hati mungkin anda lupa untuk request....!!! tapi itu bukan berarti anda tidak bisa kaya, anda masih bisa kaya dengan mudah dengan cara memilih pasangan hidup dari kalangan orang yg sangat kaya, baik, dan gampang diatur.... tapi sayang hal ini sangat langka ditemukan dipermukaan bumi....!!! tapi jangan takut masih ada jurus ke 3
  3. Ketiga, apabila anda sudah terlanjur mendapatkan pasangan hidup yg pas2an...yach sudah saya tekankan syukuri aja mungkin anda emang belum beruntung....!!! Namun ini bukan berarti anda bernasib miskin,...ingat bro nasib ditangan kita.
    Nah untuk cara yg ketiga ini carilah teman2 anda yg sangat kaya....ini bukan berarti anda harus meminta kerja atau apapun dari mereka, disini anda hanya perlu ATM mereka, khakhakahak... dach jangan mikir yg aneh2 dulu ini bukan seperti yg anda bayangkan ATM yg ini adalah Amati bisnis mereka, Tiru pola hidup mereka (ingat pola hidupnya bukan gaya hidupnya, kalau gaya hidupnya nanti aja di tiru kalau anda sudah benar2 kaya), nah berikutnya, Modifikasi apa yg telah anda amati dan tiru tadi buatlah brand baru untuk diri anda.....!!!

Mengapa tuan Vdj Valas perlu menulis ini? "Semoga  bermanfaat buat mereka yang ingin cepat kaya....karena sering saya lihat banyak yg memilih untuk kaya cepat tapi salah jalan.....!!!" kata beliau.

Lanjutnya: "Kemiskinan adalah jalan untuk kekufuran.....!!! Orang merampok karena miskin, orang ngemis juga karena miskin, bahkan sangking miskinnya  ada yg rela bacok2an karena berebut warisan... Coba kalau ente kaya, tetangga sakit bisa bantuin pengobatannya, orang tua sakit, mampu ngobatinnya...dengan kaya ibadah bisa lebih tenang...tanpa harus terburu2 ibadahnya karena harus mengejar omset ngojek...he...he....kaabboorr....sambil ninting sendal jepit.....!!!"

Hihihihihi... Diam-diam saya pantau nih ucapan-ucapan sang guruku lagi memberi wejangan:

" Rizky tidak akan ada bila tidak dijemput,  begitu juga dengan jodoh....kalau tidak dicari saya yakin takkan anda dapatkan....karena semua itu masih ditangan Allah...bukan ditangan kita... Hal ini berarti kita membutuhkan usaha untuk mengambil apa yg ada digenggam oleh Allah dengan berikhtiar....!!! Tanpa usaha semua itu nol besar....rezeki dan jodoh butuh yg namanya usaha untuk mendapatkannya....!!! Harus yakin hanya mautlah yg menjadi rahasia Allah.....!!!"

Batin saya, "Sang guru nih lagi nyari calon pendamping nih...! Whuahahahhaaa"

"Begini, " kata tuan Vdj Valas, " Berarti sudah jelas, kan..? Hidup itu butuh kaya....untuk dapat memenuhi dan berbagi.....!!! Mungkin kalimat yang tepat sih bukan 'mengejar kekayaan' dengan nafsu angkara, tetapi  meningkatkan kamampuan berbagi saya untuk dapat setara dengan om Bill Gates,  kalau bisa lebih... Ya hanya itu tujuan hidup saya...!!! Karena saya ini orang yang suka melihat senyuman mereka: yatim piatu, duafa, dan musafir.....!"

Ya ya ya yaa.....!

"Intinya, tidak salah untuk menjadi sangat kaya.... dan terakhir saya ucapkan Salam dasyat semoga anda cepat kaya....!!!! aamiin.

Terima kasih guru Vdj Valas.

MEMBUAT PERUSAHAAN PERCETAKAN UANG UNDERGROUND

Pak Polis, sabar dulu yah, jangan main tangkap dulu... hehehehe... Sabar..! Membaca judul "MEMBUAT 'PERUSAHAAN PERCETAKAN UANG' UNDERGROUND" jangan serta merta dianggap makar... ataupun bisnis ilegal. Dengerin Ninjaa Trader bicara dulu...!

Perusahaan underground adalah perusahaan yang dibangun di dalam pikiran kita, dalam mengurus bisnis forex kita sendiri... Kita mengelola bisnis kita sendiri, ya...kita mengelola.. kita memanage.. kita berproses dan perusahaan akan menghasilkan duit riil...! Intinya bikin perusahaan pencetak duit...! Dan bisa dinikmati secara nyata.... Underground, karena memang perusahaan ini nyata tidak nyata, saya juga bingung mau mengistilahkan apa...  Forex memang mencipakan ide-de gila yang nyata.

Jika dikatakan ini perusahaan nyata; tidak kelihatan perusahaannya, tidak memiliki kantor dan tidak ada karyawan, tidak ada perkakas alat beratnya. Jika dikatakan tidak nyata, perusahaan ini bisa mencetak duit dan yang empunya perusahaan, rekeningnya di bank bertambah terus karena memiliki perusahaan pencetak duit ini.

Saya tidak peduli Anda percaya atau tidak, tetapi bagi trader forex yang sudah berhasil menaklukkan dirinya dan sudah berhasil menghasilkan profit konsisten, sebaiknya fokus Anda sekarang adalah "Membuat 'perusahaan percetaan uang / duit' underground". Jangan malah mencari murid trading ... kecuali niat Anda memang ingin menjadi guru... Kalau ingin menjadi business man, jangan tanggung-tanggung lagi, lanjutkan ke tingkat bisnis yang lebih besar..! Membuat 'perusahaan percetakan uang' underground melalui forex.

Ide gila ini kelihatan absurd, ya karena saya sendiri juga belum melangkah secara nyata.. tetapi ini gambaran riil dan logis bahwa setiap trader sukses bisa mendapatkan jauh dari mimpi yang diangankan...! Ini mimpi gila seorang trader, tapi apakah masalah buat loh!!!

whuahahahahahahahaaa......

Ini era pemikiran jaman baru, bukan jaman batu Boss...! Mosok masih ubak ubek soal sistem, soal indikator, debat soal ecek-ecek dan saingan para master? whuahahahahaa....

Ayooo kita terbaaaaaaaaaaaaaaaang..! whuahahahahaahahahhahahahahaaa

Siapa yang tertarik membuat 'perusahaan percetakan uang' underground ? Sampai ketemu di puncak kesuksesan...! aamiin.


Semoga menjadi inspirasi...

Link Broker Rekomended:
Broker FxClearing Cocok Buat Pemula

PILIH MENJADI MURID ATAU GURU / MASTER?

Sedikit nyleneh, blog forex koq bahas pilih menjadi murid atau guru... Tetapi ndak apa-apa, belajar forex kalau 'resmi' bikin beku tuh otak...! Semoga banyak blog dan web tentang forex suatu saat meniru gaya Cafe Trader; belajar forex dengan santai, gurih dan cocok disambi ngopi.. Jadi yang belajar forex tidak cepat tua....! Hehehehehe

Ini kisah saya...:
Suatu saat ada seorang kawan yang bertanya, "Mas Sigit.. sekarang pak guru Simin bagaimana keadaannya dan apa pekerjaannya?" tanyanya menyebut nama guru SD kami, yang kebetulan  kawan saya ini sahabat saya waktu SD.

"Ya, masih seperti yang dulu... biasa-biasa saja dan masih mengajar kelas 1 di SD kita...!" jawabku

"Kasihan banget yah... seorang guru gak naik-naik kelas ... sekarang saya sudah selesai kuliah, sudah menjadi trader forex sukses, beliau masih  tinggal dikelas..., kelas 1 SD, lagi. "

"Hahahahaha... gak boleh begitu Kang, Beliau itu mencerdaskan anak bangsa...!" kata saya tak setuju.

"Begini Mas Sigit, kalau dari sisi demikian memang saya akui, itu luar biasa... guru pahlawan tanpa tanda jasa.... tetapi ada sisi "guru tidak berkembang dan berkutat selama berpuluh-puluh tahun hanya 'tinggal dan berada di kelas  satu dasar..' Sementara kita lihat, para murid yang beliau ajar....? Banyak yang sudah menjadi dosen, pengusaha sukses, presiden...!"

"Nah, seharusnya para murid bersyukur kepada Tuhan, karena menjadi murid itu peluang berkembangnya bisa melampau apa yang menjadi tataran gurunya. Seorang murid bisa lebih sukses dari gurunya... sedang seorang guru akan kesulitan untuk sebaliknya, karena keadaan yang membuatnya demikian. Seorang guru kecenderungan mengulang-ulang pelajaran sampai bertahun-tahun untuk mencerdaskan muridnya yang selalu berbeda setiap tahun, tetapi seorang murid menemukan hal-hal yang baru dan terus melejit...: Murid menemukan guru-guru baru... dan ilmu-ilmu baru....! Guru: menemukan muird-murid baru dan mengulang pelajaran lalu." kata saya memberi wejangan kepada kawanku ini... khakhakhakhakha


"Keduanya antara murid dan guru memiliki tugas dan kewajibannya masing-masing ya Mas Sigit, termasuk menerima nasibnya sebagai guru...?"

"Jangan bicara soal nasib Kang, saya sebagai guru di sekolah  tersinggung... karena saya ini guru honorer...qiqiqiqiqiq...!" jawabku.

"Hahahahahaa.... Jika master atau guru forex gimana Mas Sigit?" tanya kawanku ini.

"Seorang master trader, atau master trading atau master forex juga memiliki 'nasib' sobat..! Mau tahu? Nasibnya tidak jauh dengan nasib yang kita bahas sebelumnya. Perhatikan Kang: Master trading, sering dielu-elukan murid-muridnya, banyak fansnya, tetapi bisa jadi si master atau guru trading di rumah lagi menangis. Sang master lagi ngumpet di kejar-kejar debt collector. hixhixhixhixhixx..."

"Koq bisa begitu Mas Sigit?"

"Ya, karena untuk menjadi master harus berdarah-darah dulu dalam menemukan pengalaman berharganya, untuk kemudian diajarkan kepada murid-muridnya.... Sementara si murid mintanya gratis untuk mendapatkan ilmu para master. hix hix hix hx hixh ix.... Kemudian sang murid melejit, karena berguru kepada beberapa master.... bahkan sampai lupa kepada gurunya itu, Sang masternya masih menangis meratapi nasibnya... khakhakhakhakha...!"

"Apalagi Mas Sigit, selain nasibnya di kejar debt collector..?"

" Macem-macem Kang, ada master yang tidak bisa deposit lagi...! Karena hasil profitnya buat kejar setoran dan memenuhi kebutuhan hidup keluarganya (efek masa lalu 'dalam mengejar menjadi master') . Jika sang master akhirnya berusaha 'menjual indikator' akan dicerca para murid dan para trader se-Indonesia...! hix hix hix hix.... Jika Master menyelenggarakan pelatihan, dikatakan murid-muridnya dan trader di seluruh Indonesia....'belagu..!' Jika masternya minta urunan / iuran buat kumpul-kumpul sharing dengan murid-muridnya dikatakan 'master alay'. khakhakhakhakhakha "

"Teruskan Mas Sigit...!" kata kawanku ini...

"Saya memiliki cerita nyata nih Kang, terjadi sekitar 2 tahun lalu... Suatu saat saya membuat akun klonengan di Facebook menjadi trader super newbie, saya 'agak nakal' nanya-nanya kepada sang master X dalam obrolan suatu grup, tentang strategi forex dan sebagainya... Sang master menjelaskan dengan baik dan mudah dipahami, singkat cerita  saya melupakan kejadian itu... Dua bulan lalu, saya menemukan kenyataan yang lain lagi; sang Master sudah menggunakan nama di FB (nickname) yang berbeda... sudah berganti nickname...  nickname ini adalah sebenarnya master X.  Sudah saya pastikan bahwa ini benar. Dan yang saya temukan adalah, beliau menjadi 'seorang murid' lagi... yang bertanya-tanya tentang apapun mengenai forex. Beliau banyak mengajak diskusi saya, beliau pikir saya ini master kalee... hehehehe. Yang membuat saya terkejut kemudian, dia mengisahkan; "Mas Ninjaa, saya sudah tidak ada modal lagi untuk trading. Sekarang cuma menjalankan akun gretongan..!"

"Hemmm...!"

"Sungguh beliau tidak tahu jika saya sudah mengerti tentang siapa sesungguhnya yang sedang mengajakku berbicara dan bertanya.... Hati ini miris mendengarnya... tetapi itu realita.  Sisi gelap seorang master.... Tetapi kawan..., tentu tidak semuanya. Saya hanya bagian mengisahkan yang unik-unik saja. Untuk para master yang tidak memiliki sisi buruk seperti kisah diatas, saya angkat topi untuk beliau-beliau. Karena banyak yang disebut master trading, juga bukan karena pengalaman yang berdarah-darah, tetapi karena 'brand' sang master memiliki kemampuan bahasa yang unik dan cerdas dalam mengungkapkan keilmuan tentang forex. Dengan bahasa yang tinggi bicara forex, para nubie bisanya bengong dan langsung memberi label, "Ini master forex sesungguhnya..!" Whuahahahahahaaa

"Ada lagi Mas Sigit type master forex yang lain?"

"Oh, ada...! Masih banyak typenya... hahahahahaha. Seorang nubie yang sudah tiga bulan hebat trading, profit dahsyat... ditunjukkan hasilnya kepada trader-trader Indonesia, nah para pemburu ilmu (para calon murid) inilah mengejar beliau semua minta dijadikan murid beliau...! khakhakhakhakhaa MANTAAAAPZZ..! Lalu menjadi master forex, beliau ini...!"

"Hemm, apakah masih ada lagi Mas Sigit...?"

"Masih banyak..! Ini juga unik...! Master yang satu ini tidak mau dikenal umum trader Indonesia, tetapi master ini memiliki kemampuan mencetak 'image' kepada mereka yang sempat datang, bahwa dirinya 'hebat'. Lalu secara sengaja tidak sengaja, para tamu trader yang berkunjung ke tempat beliau yang mengembangkan beliau ini menjadi master... Namanya disebut-sebut ketika mereka bertemu kawan trader... 'dicitrakan' secara luar biasa. Tetapi merekapun sebenarnya tidak pernah belajar kepada master ini, mereka hanya di kasih crita kehebatan beliau, tetapi tidak mengajarkan apa-apa.. Hahahahahahaha... ilmu forexnya tentu menjadi semakin misterius dan semakin kelihatan ampuh..! Sampai akhirnya para pencari ilmu ini bosen sendiri...dan menyebut sang Master ini dengan sebutan 'Trader Jin' ... khakahkahakhakha. Type master seperti ini, tidak terkenal muncul keluar, karena beliau ini memang 'master image', bukan master forex. whuahahahaha

"Ada lagi kisah lainnya, Mas Sigit?

"Masih banyak kisah unik di dunia trading, tapi kalau saya ceritakan semua, bisa-bisa saya di 'demo' oleh para master..!"

"Mas Sigit dengan postingan ini, apa  nanti para master gak ngamuk Mas?" tanyanya

"Tulisan ini juga gak akan dibaca para master koq. Master trader itu ciri khususnya adalah 'sudah tidak suka membaca tentang forex' apalagi tulisan Ninjaa Trader . Ya, karena Ninjaa Trader itu bukan master ....whuahahahahahahaha...!

Kawan, terlalu banyak yang  saya ingin kisahkan, tetapi sabarlah...sesabar  saya menunggu kiriman THR Anda   kepada saya?  Kira-kira pas lebaran idul fitri sudah sampai apa belum yah? Apa tidak kepikiran? Ya gak papa, toh saya juga bukan master koq, mosok saya harus menunggu kiriman THR dari seorang murid...? Di sekolah saya saja, yang ngasih THR kepada saya adalah yayasan, bukan murid. Namun, dananya ya dari murid juga..... whuakakakakakaka...!

Kalau murid trading, lho koq podo eman-eman ngasih THR kepada gurunya? Apakah memang nasib guru seperti itu... murid melejit, guru dilupakan..! whuakakakakakakaaaa...

"Melejit bagaimana Mas, murid-murid masih loss melulu...! hixhixhixhxihxix..."

"Owh, begitu yah....! Kalau begitu mungkin perlu beguru kepada 'Trader Jin' saja...!"

..............................................................
Menyikapi yang demikian, sepertinya enak menjadi murid daripada seorang master.. Anda pilih menjadi yang mana: murid atau guru?
..............................................................
Akhirnya saya harus mengutip pendapat kawan saya,Malwapatifx: Sebutan murid atau guru dalam forex adalah sebuah dinamika.. Yang sebenernya dalam forex sendiri tidak ada . Kedua kata itu hanyalah sebutan dalam proses belajar mengajar. Karena ketika kita sudah berhadapan dg market,hampir pasti kita tak tau posisi kita menjadi murid atau guru."
Ok Boss... sampai disini dulu, sobat trader..! Kebetulan hari ini mendekati hari raya idul fitri,  saya dn sekeluaga mohon maaf lahir batin ya.. kosong-kosong dan semoga amal kita diterima Allah swt.. aamiin.

Link Broker Rekomended:
Broker FxClearing Cocok Buat Pemula



Friday, 2 August 2013

INDIKATOR TERBAIK DAN AKURAT UNTUK TRADING FOREX

Bicara indikator terbaik dan akurat untuk trading forex mungkin sudah menjadi pencarian yang sudah sangat lama, bahkan usang. Soalnya banyak juga yang sudah menjadi trader lebih dari 3 tahun atau lebih  masih mencari indikator terbaik dan akurat untuk trading forex.

Memang yang namanya trader gak pernah bosen untuk melakukan kegiatan yang satu ini... maklum; mencari memang saat-saat yang paling indah, apalagi jika telah menemukan sesuatu yang baru.. lagi anget-anget tahi ayam kata orang, bikin kita bahagia banget... Dipacari sementara... tapi lama-lama ketika bosen, ya mencari pacar baru lagi... Entah kenapa, orang koq sering bosen ya... apalagi jika melihat ada yang lebih baik dan lebih 'cling' lagi... hihihihi.

Anehnya, setiap trader saya rasa sudah menggunakan indikator terbaik menurut versi mereka, karena setiap trader juga sudah melakukan pencarian indikator terbaik dan digunakannya... tetapi koq ya masih loss dan MC... kenapa ya? Banyak strategi di blog-blog... mereka si owner blog juga bilang, "simple dan profitable" tetapi mengapa user dan follower tidak juga profit konsisten?

Indikator MACD begini begini begini....
Indikator Bolinger Banda begini-begini begini....
Indikator RSI begini begini begini....
Indikator custom bla bla bla....
Akhirnya download ..........

Ada banyak trader juga sudah mempelajari bagaimana cara kerja indikator grafik pada umumnya. Lebih baik lagi, mereka sudah bisa  menggabungkan beberapa indikator dan melihat bagaimana sinyal perdagangan mereka berjalan dengan baik. Hal ini pun sudah dilakukan...

Tetapi pada akhirnya? Masih sering loss juga dibanding profitnya... Kemudian ganti lagi indikatornya dan ganti pula strateginya.... Entah di "kota mana" akan tertambat hatinya dan berhenti diperempatan batas lalu mencintai selamanya. Khakhakhakhakha.. Ujung-ujungnya; masih seperti dulu..."kecewa".

Ternyata sobat, masalahnya adalah bahwa kita tidak hidup di dunia yang sempurna, dan masing-masing indikator memiliki ketidaksempurnaan. Itulah sebabnya banyak trader menggabungkan berbagai indikator secara bersama sehingga mereka dapat “mengisi” satu sama lain. Mereka mungkin memiliki 3 indikator yang berbeda dan mereka tidak akan memasuki pasar kecuali 3 indikator tersebut memberikan sinyal yang sama. Bahkan lagi, sudah digabung-gabung, juga masih sering memberikan sinyal flase-nya. Lalu trader merasa: serba salah... Kemudian dibuang indikator-indikator itu, lalu berganti dengan pola candle dan naked trading. Belajar lagi lebih tekun, alasan utamanya karena 'menarik' dan tidak akan terjebak yang namanya indikator lagi..., tidak semua trader bisa trading naked.

Mereka mendalami, serius.... apa yang terjadi kemudian...?  Lho, koq ya masih loss dan MC lagi..?

Dengan alasan belajar dan belajar, trader ini melanjutkan semangatnya... bahwa "forex mesti bisa ditaklukkan!" hehehehehe

Setelah babak belur dengan naked trading, kembali melirik-lirik indikator... soalnya melihat kawannya mengggunakan indikator tertentu dan profitable. Akhirnya, ya come back..! hahahahahaha

Anda melanjutkan perjalanan Anda sebagai seorang trader, Anda meyakini telah menemukan indikator  baru yang paling cocok untuk Anda. Setiap trader di luar sana telah berusaha untuk menemukan “kombinasi ajaib” indikator yang akan memberikan sinyal yang tepat sepanjang waktu, tetapi kenyataannya...? Kembali Anda tidak menemukan sesuatu yang Anda cari, yang hollygrail...!  Ya, karena  kenyatannya adalah bahwa tidak ada hal yang seperti yang Anda inginkan itu.

Apa yang telah anggap sebagai indikator "kombinasi ajaib" pun  akhirnya ajaib beneran... sekali "cling..!" Hilang..! Dan tidak ada gunanya lagi...bagi Anda.

Beralih ke EA...
Awal-awal yang baik untuk sesuatu yang menghasilkan dalam trading forex. Pada saatnya, nasibnya juga ternyata sama... "tidak ada kesempurnaan di dunia ini". Meski konsep sesungguhnya tentang EA ini adalah: "Tergantung pribadi masing-masing...! EA dibuat untuk mempermudah perdagangan kita ini sama halnya jika kita memiliki usaha dan kita sudah memiliki systemnya maka kita hanya membutuhkan asisten untuk mempermudah pekerjaan kita..... EA sebenarnya bukanlah sesuatu yg buruk.... Trading adalah perdagangan, dan  indikator sama halnya dengan sebuah timbangan dalam perdagangan, sedangan EA sama halnya asisten yang mewakili diri kita....! Bahkan contest EA sendiri berhadiah lebih besar ketimbang contest forex....!" Demikian kata guru saya: Vdj Valas.
Hemmm.... akhirnya s
aya banyak belajar dari kesimpulan perjalanan seorang trader, "Ketika orang mencari kesempurnaan di dunia ini, ujungnya adalah kekecewaan..! Kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT"

Nah sekarang, trader mau mencari apa??? Dari tadi koq disalahkan mulu...!!! Khakhakhakahkhaa...

Oh gak Boss...! Saya gak menyalahkan trader...! Apa yang pernah Anda jalani, saya juga mungkin lebih dulu mengalaminya koq... !

Piss.....
Coba kalau sekarang saya mau ngomong seperti ini... "Boss.... saya sudah bilang, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Mari kita berbuat yang terbaik meski tidak sempurna dan bersyukur kita masih memiliki otak dan akal. Jadi yang tidak sempurna itu kita lengkapi bagaimana agar  'paling tidak' mendekati sempurna.

Nah. saya ingin  mendorong Anda untuk mempelajari setiap indikator yang Anda gunakan sampai Anda mengetahui bagaimana kecenderungan relatif terhadap pergerakan harga, kemudian dengan kombinasi Anda sendiri yang Anda mengerti dan yang sesuai dengan gaya trading Anda. Yang penting ketika trader menggunakn indikator, dia gunakan otaknya dulu untuk memahami dan mengerti apa fungsi indikator itu, cara kerjanya seperti apa dan informasi apa yang akan didapatkan menggunakan indikator itu. Indikator yang tidak menjadi perdebatan ya indikator otak. Artinya, gunakan Indikator Terbaik kita yakni OTAK ini saat menggunakan indikator-indikator itu. Biar kita ngerti dan mendapatkan informasi yang berguna buat trading saat menggunakan indikator apapun. Mungkin ini PR besarnya seorang trader ketika membaca tulisan ini.  Yang penting tetap belajar dan berlatih, maksimalkan Potensi OTAK kita untuk mengetahui "PERILAKU MARKET". Yang saya yakini, akan ada hasilnya jika  kita tetap semangat dan berusaha. Insya allah."


Optimalkan Otak kita dalam bertrading, karena itu Anugerah Tuhan yang telah diberikan kepada kita. Terus belajar dan belajar ilmu profitnya...!

Apa Anda masih bingung juga cara mengoptimalkan kerja otak? Khakhakahkahahaa... Setelah menjadi trader, lebih banyak 'sering bingung' nih...! Lebih gampang kalau  cengar-cengir...

Ya, bahasan tentang hal ini masih panjang sebenarnya... tapi apa ente seneng baca? Jika ente seneng membacanya kan saya yang gak seneng nulisnya...'capek, tahuuuuu!'

Begini saja: Pahami  bahwa  otak kita  pada akhirnya menjadi indikator terbaik dalam mengambil keputusan apapun (termasuk dalam hal ini keputusan OP). Jangan salahkan indikator Anda jika Anda loss atau MC...! Mosok mau meng-error-kan otak sendiri...? Ya jangan menuding-nuding otak Anda sendiri bahwa dia sumber malapetaka buat hidup Anda... ! Waspadai "trader gemblung" khakhakahkahaa.....!

Akhirnya, tidak bisa dipungkiri, otak lah yang paling baik untuk menganalisa market, karena kalau tidak salah semua indikator yang ada di trading ini adalah buatan dari manusia semua. tetapi selain itu yang harus kita ingat ada banyak faktor X-nya juga yang menghambat pemikiran kita, yaitu emosi setiap trader itu masing - masing.

Sebenarnya masalah ini belum selesai, tetapi tulisan ini harus selesai, sebelum gemblung..! Gemblung karena selalu mencari indikator terbaik dan akurat untuk trading forex khakhakhakhaaa...!
Link Broker Rekomended:
Broker FxClearing Cocok Buat Pemula
Membuka Akun di ECN4X

Thursday, 1 August 2013

TRADER YANG PALING BANGKRUT DI INDONESIA

Kisah trader paling bangkrut di Indonesia...?  Hohohohoooo....
Saya belum menemukan penjelasan detil siapa mereka; adanya ya trader-trader yang sukses di Indonesia maupun di dunia, tapi yang paling bangkrut, ada gak ya? Padahal yang sering saya temui banyak trader-trader yang kondisinya "sedang upaya memulihkan". Oh berarti banyak yang bangkrut juga ya.. tapi di forex, kalau bangkrut tidak terkenal hahahaha. Terkenalnya mereka yang pernah bangkrut lalu menjadi sukses hihihihii. Makanya Anda jadi orang sukses saja biar tekenal. Kalau bangkrut gak ada yang melirik...!

Apakah Anda pembaca ada yang kondisinya lagi bangkrut? Tuh ada yang senyum-senyum... hehehehe. Tidak apa-apa, orang yang sukses kalau di forex juga bisa bangkrut lagi. Jadi kalau habis bangkrut, selama di forex juga bisa sukses kembali. Banyak kisah mengisahkan hal itu.

Yang terpenting, adalah mau belajar dari pengalaman diri sendiri maupun orang lain. Jangan sudah bangkrut tetapi  enggan membaca-baca.. enggan belajar. Kapan bisa memulihkan keadaan. Malah yang ada menjadi cepat tersinggung dan menjauh dari hal-hal yang berbau forex. Emang forex itu bau? hehehehe

Terlebih jika membaca postingan ini lalu menjadi benci kepada saya karena menyinggung kondisi yang menohok perasaan Anda... Saya hanya mengajak untuk introspeksi koq bukan bermaksud apa-apa. Karena jika banyak kehilangan dari forex lalu meninggalkan forex, mau mencari pengganti dimana?  Akhirnya pun saya serahkan kepada pilihan Anda.

Kebutuhan untuk kembali sukses, hanya dengan belajar kembali dan memperbaiki kesalahan masa lalu. Disitu letak kunci suksesnya, bukan malah menjadi tersinggung ketika ada yang mengingatkan maupun memotivasinya. "Banyak jalan untuk sukses", kata orang sukses.

Namun saya sangat berharap, mereka yang saya maksud itu bukan Anda. Anda adalah trader yang masih bisa bertahan dan terus berkembang... Ilmu forexnya semakin mantap, keadaan psikologinya juga semakin matang DAN PROFITNYA SEMAKIN OK.

Hemmm.... bukan bermaksud saya sok-sok-an ya... atau merasa paling bener dan paling sakti. Tidak begitu koq... Diatas langit masih ada langit dan langit diatas saya adalah Anda. Ya, Anda... jika tidak keadaan sekarang ya mungkin keadaan nanti atau besok. Forex itu naik turun...kayak chart di MT4 hehehehe. Tidak ada yang paling hebat atau paling sakti. Jika ibarat pair: mungkin saya mirip GBPUSD dan Anda EURUSD ... kadang trending bareng bulish... kadang berseberangan... Anda trending bulish malah saya trending bearish wkwkwkwkwkwkw

Begitulah nasib manusia.... ! Saya hanya berharap bahwa kita bukan orang  yang  bangkrut karena trading forex.

Aamiin.



Sunday, 28 July 2013

ADAB BERGURU TRADING FOREX

Kali ini saya akan sedikit menulis tentang Adab Berguru Trading Forex. Kayaknya, belum pernah diulas di web-web atau blog tentang forex... biarlah Cafe Trader berbeda...! Saya bagian yang ringan-ringan saja ....

Banyak pemula yang sudah menyadari pentingnya "berguru" dalam menekuni trading forex. Berbagai jenis model dan cara sesuai kemampuan dan pengetahuan masing-masing, tentunya... its Ok.
  1. Berguru kepada seorang guru secara langsung
    Ini satu pilihan, dan memiliki keunggulan tertentu karena Anda bisa secara langsung menanyakan hal-hal yang kurang dimengerti dan akan memperoleh jawaban secara langsung dari guru.

    Adabnya: Bisa dimulai dari "bertamu", Seorang murid harus mengerti adab bertamu kepada seorang guru bukan? Saya kira tidak perlu dibahas. Masing-masing sudah punya unggah-ungguh masing-masing.

    Pentingnya adalah memasuki masalah yang ingin diketahui. Seorang murid hendaknya mengawali dengan memperkenalkan diri dan sedikit memberi penjelasan "kisah perjalanan" tradingnya untuk diperkenalkan kepada gurunya, agar dipahami latar belakangnya oleh  sang guru.

    Berikutnya, mulai memberikan gambaran "masalah" yang sedang dihadapi. Seorang guru trading forex adalah ibarat dokter, pasien harus menjelaskan sejelas-jelasnya kepada dokternya keluhan-keluhan yang dihadapinya.

    Jika sang guru menjelaskan dan Anda belum mudeng, tidak paham, hendaknya murid "jangan sok paham" seolah-olah sudah mengerti yang diberikan sang guru. Tidak perlu gengsi, guru Anda tidak akan menyangka Anda bodoh, koq. Sang guru juga ingin muridnya memahami dengan baik agar ilmu yang diberikannya bermanfaat

    Kemudian murid mencatat hal-hal yang penting, jadi kalau berguru baiknya membawa catatan jangan cuma membawa 'udud' saja, pun  untuk di 'udud' sendiri hahahahaha. Pengetahuan forex, kadang sedikit rumit untuk sekedar di hafal. Begitu pulang baru  sampai perempatan jalan, sudah lupa... padahal datangnya memakai biaya; bensin, oleh-oleh buat guru dll. Sayang banget jika hasil berguru dapatnya adalah "ilmu lupa" hahahahaha

    Camkan benar-benar apa saran dan wasiat sang guru, bisa jadi ada "ilmu tersirat" yang tidak diungkapkan secara gamblang oleh sang guru. Karena sang guru juga biasanya 'tidak apa adanya' memberikan ilmunya. Karena sang guru itu bukan sekedar mentransfer ilmu tapi juga mendidik. Inilah yang harus diketahui oleh murid.

    Hasil berguru harus benar-benar di resapi dan di ulas kembali saat di rumah. Temukan hal-hal penting yang dijadikan kesimpulan dan hal itu akan menjadi wawasan berharga dan akan diterapkan dalam tradingnya. Nah, ini yang jarang dilakukan murid. Setelah pulang, ya gak melakukan apa-apa... keyakinan yang ada adalah "yang penting telah berguru" ....! Hemmm... Kemudian murid ini berkelana lagi... menemui guru berikutnya, tetapi melakukan hal yang sama...tidak memiliki kesimpulan untuk diterapkan! Jika tradingnya loss dan loss, akhirnya menyalahkan gurunya. Kasihan banget nih guru! hahahahahaa
  2. Berguru kepada secara online
    Ya, bagi mereka trader yang hendak berguru tetapi tidak tahu harus menemui  siapa, akhirnya melakukan keberanian "berguru" secara online. Banyak senior-senior yang baik hati di dunia online. Tetapi meskipun tidak bertamu ke rumah guru, unggah ungguh dalam berguru juga hendaknya dipakai, jangan asal keinginan Anda terpenuhi "ngobrol dengan seorang guru".

    Tidak disarankan begitu menyapa guru (misal melalui  message di inbox), sapaannya, " Guruuuu! Angkat aku jadi murid, guruuuu...!"

    Tentu sang guru menganggap itu bukan maksud Anda mau berguru, tetapi Anda sedang membuat keakraban..! Anda malah dikira senior...padahal maksud hati ingin berguru..! Atau tiba-tiba, mengatakan kepada sang guru: "Ajari aku trading yang profit guru...!" Atau "Minta EA nya guru...!" Atau "Minta indikatornya guru..!" Jika sang guru 'emosional' malah Anda di kick langsung..! hahahahaha.

    Hargai dan ikuti prosesnya...dengan santun. Pertama, cobalah untuk membuat sang guru mengenal Anda, termasuk masalah yang sedang Anda hadapi... tapi juga tidak perlu bertele-tele. Ungkapkan secara lugas dan sopan. Kedua, sampaikan keinginan Anda dengan santun dan berikan pertanyaan-pertanyaan yang baik, tidak berkesan malah memerintah sang guru..! Ada juga murid yang kurang ajar, "Guru, pasang skype dong, biar bisa ngajari saya...!"
    Emang mau bayar berapa menyuruh-nyuruh sang guru? dan lain-lain. Ketiga, setelah benar-benar Anda belajar kepada guru, berikan laporan hasil kepada gurunya. Jika tidak, sang guru akan menganggap bahwa murid mengacuhkan nasihat-nasihatnya... murid tidak peduli terhadap apa yang telah diajarkannya. Dampak buruk bagi guru, juga ketika ada calon murid yang mau belajar kepadanya " malas ngajar", sang guru pikir, ini akan percuma...! Repot sendiri kan bagi murid? Harus disadari bahwa murid benar-benar butuh guru..! Kalau guru sih gak butuh murid... Kecuali guru semprul yang ingin sanjungan para murid..dan guru yang senang banyak penjilat dari para murid.... hahahahaha
Demikian adab-adab berguru trading forex versi Ninjaa Trader.  Semoga bermanfaat buat para calon murid yang hendak berguru... !

Link Panduan membuat account:
Buat account FBS
Buat account FxClearing
Buat account ECN4X

Saturday, 27 July 2013

TIDAK ADA JUDUL

Pernah saya katakan, " trading itu mudah tetapi menjalankannya yang sulit. Sudah berapa kali Anda gagal dalam perdagangan? Apakah kerugian Anda selama trading sudah ditutup keuntungan Anda? Jawablah dalam hati saja, dengan suara keras pun saya tidak akan mendengar whuahahahahhaa... Memang forex kadang tidak ada judul dan tidak perlu ada judul.

Dalam trading meski guru sama, bisa jadi aplikasinya beragam dengan hasil yang beragam juga. Namun yang sering terjadi adalah sama-sama loss juga. Ini penyebabnya banyak faktor. Faktor X, yang trader itu sendiri yang tahu mengapa itu terjadi.

Ada trader menggunakan stop loss ada yang tidak. Tetapi trader yang menggunakan stop loss juga lebih sering kena SL nya dan yang tidak menggunakan SL, juga habis modalnya. Saya tidak akan bicara tentang analisa teknikal disini, karena masing-masing trader juga sudah memakainya. Tidak ada yang "asal trading" tetapi juga tidak bisa menerapkan "asal profit".

Yang loss karena stop loss kemudian berganti tidak menggunakan stop loss atau sebaliknya, keduanya berakhir juga dengan loss. Sebuah kerugian beruntun...


Pertanyaannya adalah, bagaimana Anda mengatasinya? Tidak mudah menjawabnya, saya juga bingung mau menjawab apa yang bisa memuaskan penanya.


Secara specifik saya kesulitan melukiskannya. Karena setiap trader memiliki dasar teknikal masing-masing. Yang simple yang pernah saya lakukan:" Saya tidak berdagang dengan rasa dendam...  saya menggunakan grafik untuk menentukan apa yang saya capai. Saya menggunakan S & r level untuk penempatan SL dan Tp saya. Dengan tidak meninggalkan trend saya berpatokan dengan S & R tersebut. Jika trend naik, maka begitu harga melampaui R1 (close candle diatas R1) , saya menempatkan ambil posisi buy disana, dengan TP di R2 dan SL di pivot. Konfirmasinya adalah stochastik sudah diatas 50.  Atau sebaliknya jika posisi sell. Untuk trend kan Setiap trader berbeda, cuma karena saya suka MA ya saya pake MA... MA 200 dan MA 50. Hanya untuk melihat trend. Dan minimal saya gunakan Time Frame 30. Hasil yang saya capai dalam sebulan lebih banyak keuntungan dibanding kerugiannya, cuma di akun history gak mulus karena masih ada  si merahnya hahahahahaa...Yang penting jika tidak ada sinyal, ya tidak transaksi... disiplin by sinyal.

Sayangnya kemudian saya tercekoki metode lain, jadi gak pernah dipakai lagi hahahaha...Malah loss berkelanjutan hahahaha.... Gak tahu nih, apakah strategi itu masih ampuh, mungkin perlu di uji lagi dalam  akun demo. (sambil ngelus dada... sesek...)

Artinya begini: hikmahnya adalah apapun metode Anda, ketika itu membuat profit, jangan ditinggal agar bisa melihat performa...! Syaratnya Jangan campur-campur metode kedalam satu akun... Kadang, metode simple yg profitable itu digunakan disertai campur metode lain dan tidak konsisten, jadi serba salah dan serba loss, padahal metode itu profitable.

Oh ya, saya bukan menyarankan satu metode itu, lho..! Coba ambil dari yang selama ini Anda gunakan, mungkin loss-nya bukan karena kesalahan metodenya...Tetapi karena tidak disiplin dan tidak konsisten saja. Coba diperbaiki dalam hal itu. Yang penting Anda tidak dibutakan oleh indikator..!


Yang penting lagi, Anda Tahu indikator Anda. Jika Anda menggunakan indikator, pastikan untuk mengetahui semua ke-khasan indikator itu. Misalnya, kadang-kadang saya membuat perdagangan panjang ketika stochastics di bawah 50 dan bolinger band menunjuk kebawah dan harga sudah di area BB ruang bawah, saya melakukan sell dan set up TP dan SL. TP minimal 30 pip dan Sl juga sama. Kadang, jika ada keraguan ketika sudah plus 20 pip ya ta ambil hehehe... (bisa buat beli kopi).

Saya akan berbagi rahasia... dan selalu...! Saya akan memberitahu Anda, meski saya yang menjadi tumbalnya hehehe...alasan Anda gagal sebagian besar karena Anda sendiri.. (kedengaran menyakitkan?) Anda mungkin memiliki sistem yang sangat baik dengan tingkat keuntungan yang tinggi. Sistem yang memiliki tingkat profit mencapai 80%. Namun, di tangan orang yang tidak bisa menguasainya atau emosinya, sistem itu pula yang akan menyebabkan kehilangan  uang. Apakah Anda orang yang bisa menguasai emosi Anda sendiri? Oh, itu urusan Anda...!(kedengaran menyakitkan lagi?)

Saya bukan orang yang sok hebat, tapi saya pesan: Belajarlah untuk menenangkan ketakutan Anda, sistem yang Anda memiliki itu  saya yakin juga memiliki keunggulan tersendiri. Jika gak unggul, tentu gak akan Anda pakai...Anda hanya butuh Belajar untuk mengendalikan keserakahan Anda, dan esok sambutlah perdagangan yang menghasilkan uang.

Pesan yang bagus bukan? Jika gak percaya, ya gak apa-apa... Akunmu  adalah milikmu, trading forexmu adalah bisnismu..! Urus bisnismu dan saya urus bisnisku...! (kedengaran menyakitkan lagi?)

Jangan tertawa..! Saya lagi gak bergurau..! Latihan gak tertawa saat membaca tulisan NInjaa Trader. Biar terlatih untuk tidak menertawakan rekan Anda yang lagi kehilangan. Ingat Anda suatu hari akan berada di sana.

bpbpbpbbb... (nahan tertawa sendiri..)


Sudah..sudah jangan tegang begitu dong...! Rilex Bro' ...!

Ingat saja, bahwa perdagangan membutuhkan tingkat keterampilan tertentu. Anda harus tahu apa yang Anda lakukan dan Memahami risiko. Jika Anda memilih mengambil terlalu banyak risiko. Tidak apa-apa, karena yang mengerti urusan bisnismu dan risiko-mu adalah diri Anda.  Yang penting adalah Anda tahu apa yang Anda lakukan dan Anda bersedia untuk mengambil tanggung jawab untuk perdagangan dan tindakan Anda.

Misal Anda modal $10, mosok gak berani ambil risiko yang besar. Mosok saya harus menyarankan sebulan target cuma  5 %.....? Ini gambaran simplenya... Di bisnis forex ini banyak yang mengandung nilai reativitas ya...? hehehe

Saya suka perdagangan forex,  Tetapi untuk menjadi sukses yang saya yakini adalah saya harus belajar untuk menjadi disiplin. Ya, saya sedang belajar... malah baiknya disiplin  bergeser juga  ke semua sektor kehidupan saya. Saya ingin begitu... Entahlah diri Anda..! Apakah saya bisa? Entah juga... Apakah Anda bisa? Woow, Anda harus bisa..!

Kabar baiknya: Kita bisa..!

Tetapi Entahlah, saya barusan ngomong apa...! Mau membuat judul saja saya tidak tahu. benar-benar tidak ada judul...! Silahkan kasih judul masing-masing sesuai selera...! whuahahahahahahhaaa..............


Link Panduan membuat account:
Buat account FBS
Buat account FxClearing
Buat account ECN4X

Wednesday, 24 July 2013

JANGAN BANGKRUT DULU SEBELUM NONGKRONG DI CAFE TRADER

Ini artikel ringan buat penyedap rasa saja... Tidak ada yang istimewa, cuma... trader forex kalau gak baca artikel ini, seperti trader makan sayur gak pake penyedap rasa whuahahahaa...

Suatu ketika...

"Apa kita bisa bangkrut dari forex?" tanya seorang kawan yang lagi tertarik mempelajari forex.

"Jangan bangkrut dulu sebelum nongkrong (membaca dan memahami) blog Cafe Trader" jawab saya sambil ngakak whuahahahhaa....

"Mengapa?"

"Siapa tahu, mereka belum belajar trading forex lebih dalam, tetapi sudah bangkrut duluan. Ketika baca artikel di blog Cafe Trader ... baru nyadar 'jika saja saya patuhi tips-tips trading ini...Jika saja saya belajar dari pengalaman kisah trader di blog ini... dll.' Kemudian menyesal sendiri..!

Tetapi jika Anda sudah membaca blog Cafe Trader koq bangkrut di forex...ya berarti tak ada yang diamalkan dari pengetahuan dan wawasan forex yang ada di blog ini. Salahnya siapa? Harapan saya sebagai penulis blog ini kan agar pembaca tidak bangkrut. Saya banyak menulis artikel tentang forex di blog Cafe Trader ini tujuan saya agar pembaca berkembang menjadi trader yang sukses. Jika Anda ingin berkembang menjadi trader yang sukses, Anda perlu untuk melakukan  beberapa perbaikan diri. Nah, petunjuk "perbaikan diri" inilah yang selalu saya kupas di blog ini. Maka sayang banget, jika ada artikel disini yang terlewatkan....! Meski artikel yang cuma seperti "penyedap rasa".

Mungkin Anda bertanya, "apakah saya (Ninjaa Trader) telah sukses?"

Saya hanya bisa menjawab, " Sukses itu relatif, karena orang yang bersyukur juga bisa disebut sukses. Dan jika menjawab tidak bersyukur, itu pasti jadi manusia kurang ajar. Jadi dengan rasa syukur kepada Allah saya jawab, 'alhamdulillah saya ini orang yang bersyukur'."

Ya, jadi terserah Anda selanjutnya...Dan apa pentingnya juga buat Anda? Apakah Anda ingin sukses karena melihat orang lain sukses? Wah, Anda termotivasi secara salah..! Motivasi itu bukan karena orang lain, tapi karena kesadaran diri bahwa setiap orang berhak sukses, rejeki juga sudah ada yang mengatur. Manusia hanya berusaha agar haknya sebagai orang sukses terpenuhi. Jika motivasi muncul karena orang lain, begitu melihat orang lain 'yang sukses menjadi tidak sukses', hasilnya membawa pengaruh bahwa Anda pun demikian; Anda akan memiliki keyakinan 'jika sudah sukses akan kembali kehilangan kesuksesan seperti tokoh yang Anda banggakan sukses itu'. Padahal 'rejeki setiap manusia berbeda' dan pencapaian kesuksesan setiap orang juga beda." Go with your aid...!

Lalu apa pentingnya motivator? Kalau kepentingannya dia sih 'nyari duit' dari kemampuannya bermain kata-kata yang memotivasi. Kalau kepentingan pendengar atau pembaca; sang  motivator adalah pemberi petunjuk pemanfaatan fasilitas-fasilitas yang kita miliki dan tidak disadari, agar hidup kita tersemangati dan lebih berkualitas. Nah, dengan mendengarkan orang yang lagi nyari duit (motivator) kita bisa tertular lebih cerdas dalam nyari duit juga (meski lain bidang). Jadi memiliki keuntungan yang sama; bisa nyari duit lebih mudah... makanya jangan suka menghina, "Hidup ini tidak semudah co****** Mario Kuat). qqqqqqqq.....

Lebih baik kita termotivasi dari kata-kata yang memotivasi.Jika tidak berhasil, kita sendirilah yang tidak memaksimal mempraktekkan 'serial motivasi' yang seharusnya kita dengar dan diaplikasikan.

Nah, kembali ke blog Cafe Trader ini...! Apa yang saya tulis semua ini adalah dalam rangka memotivasi para trader yang membacanya...

"Apakah Ninjaa Trader dapat duit dari menulis motivasi di blog Cafe Trader?"

"Ya, ente ta suruh bayar apa gak...baca blog saya? Jika saya memotivasi itu bukan semata-mata urusan 'duit', tapi saya lagi menyalurkan hobby sambil menunggu 'moment dapat duit' saat masuk ke perdagangan... karena saya ini trader, bukan motivator. Kalau saya jadi motivator, nanti ada yang nyeloteh juga trader-trader yang suka loss: 'Trading tidak semudah co****** Ninjaa Trader..! whuahahahahahahaa.... Saya bisa semakin kurus....!

Santai saja Bro...! Saya hanya ingin Anda jangan bangkrut dulu koq....

Saya hanya ingin, dari membaca blog saya ini, Anda...pembaca;
  1. Jika belum memahami pasar mata uang, bisa  menjadi lebih paham.
  2. Menyadari bahwa pasar selalu benar dan pembaca dapat memahami bahwa analisa trader bisa keliru. Disaat lain trader yang sukses menyadari bahwa ia bisa saja menjadi salah sebagai hal yang benar.Katakanlah salah posisi, kemudian cut loss. Salah langkah tapi tindakan cut loss menjadi hal yang sangat benar.
  3. Menjadi paham tentang rasa takut salah. Setiap trader perlu melepaskan takut salah sehingga dapat menonton dan mengamati pasar dari sudut pandang yang jelas obyektif. Jika Anda tidak dapat melepaskan rasa takut itu, menyebabkan Anda membuat kesalahan dan keputusan trading yang buruk. Hal ini karena Anda berkonsentrasi pada rasa takut Anda, itu akan menyebabkan bawah sadar Anda untuk bertindak berdasarkan rasa takut itu dan akhirnya Anda mengalami kerugian saat Anda mencoba untuk menghindari. Ini akan terjadi  setiap kali. Itu hanya cara pikiran bawah sadar kita bekerja. "Anda adalah Apa yang Anda pikirkan"
  4. Membaca blog cafe Trader ini juga membuat Anda belajar Untuk meningkatkan kualitas sebagai pedagang/trader, Anda juga menjadi lebih paham perlunya mengatur beberapa aturan perdagangan yang ditetapkan untuk membimbing Anda dalam perdagangan Anda
  5. Dan peraturan tentang perdagangan forex ini membuat Anda semakin yakin pentingnya untuk ditaati, meskipun banyak godaan. Aturan Anda adalah untuk kepentingan tindakan dan hasil Anda.
  6. Menjadi memiliki kesadaran bahwa perbaikan diri adalah belajar untuk bersikap objektif. Ketika terjadi kesalahan maka akan mengakui kesalahan itu dan diadakan perbaikan diri. Untuk memperbaiki diri sendiri, Anda harus jujur ​​dengan diri sendiri. Hanya Anda yang bertanggung jawab untuk hasil Anda. Jika menyalahkan pasar, broker, trader lain, apa pun, hanya akan menunda Anda perbaikan diri.

    "Saya protes, ini kesalahan brokernya nih...!"

    "Haiyyah, sudah tahu broker perilakunya begitu masih bertengger disitu, begitu kena kasus baru ributin soal broker..!"

    Tapi dalam kasus tertentu memang broker juga pernah dan akan berbuat salah... ya gak papa soalnya yang menangani masih manusia dan pasti kita juga butuh broker. Kalau bisa komplain ya komplain. Kalau gak bisa dikomplain atas kesalahan broker, ya pindah broker..! Kata Gusdur, "Gitu koq repot..!"

    "Mengambil tanggung jawab atas tindakan kita adalah langkah pertama untuk perbaikan diri".
  7. Membiasakan selalu diingatkan. Ini kemudian akan lebih mudah untuk membuat keputusan terhadap pasar, karena Anda telah membiasakan bertindak dalam kepentingan terbaik Anda sendiri. Kebiasaan yang baik dapat menjadi dominan perilaku trading Anda. Terhadap kesalahan pun kita bisa lebih siap. Jika kita tidak menghadapi kesalahan kita, kita hanya akan terus mengulangi lagi. Bukankah kita harus menghindari situasi itu?
  8. Menyadari tugas harian seorang trader adalah memperbaiki diri. Ini tidak sesulit yang Anda pikirkan, dan belajar di blog Cafe Trader ini adalah  untuk memperbaiki diri sendiri:selalu bertindak dalam kepentingan terbaik Anda sendiri. Dan saya kira Anda tidak perlu menilai penulisnya... Karena penulisnya pasti manusia (yang tidak bisa tidak), selalu ada kekurangan.
  9. Belajar sambil santai, tidak stress. Sekali-kali juga ngakak. Ini baik buat Anda yang lagi floating minus... 
  10. Saya hanya pesan, jangan bangkrut dulu sebelum nongkrong di Cafe Trader...!
qqqqqqq...... Insya Allah, jika sudah baca dan memahami kemudian mempraktekkan ilmu dan wawasan yang ada di blog Cafe Trader ini, Anda akan jauh dari kebangkrutan....! aamiin.
Jika Anda siap, saya rekomendasikan untuk membuka akun baru, akun yang seger dan mulailah trading dengan cara-cara yang benar. Silahkan ke TKP: Buka account Fxclearing

Monday, 22 July 2013

KATA_KATA MEMATIKAN BAGI TRADER

Anda tidak salah membaca postingan saya kali ini... karena saya akan mengingatkan Anda sesuatu yang sangat berharga. Mungkin saja hahahaha...! Tapi saya yakin Anda membutuhkan wawasan berikut ini, karena saya yakin pula trading forex Anda tidak mau mengecewakan. Anda tidak mau dikecewakan oleh semua persoalan trading yang seudah berbulan-bulan Anda telah membangun pengalaman dan wawasan tentang trading forex.

Okey, mari kita lanjutkan...! Ini adalah tentang mindset dan sikap seorang trader. Apa yang saya maksud sebenarnya? Ini hanya tentang kata-kata... dianggap biasa tapi mematikan whuahahahhaa.... (semakin penasaran?)

"Ah, nanti juga akan kembali..!" Inilah kata-kata itu...

Kata-kata yang mematikan hihihiii...! Kata-kata ini sering digunakan oleh trader untuk menghibur diri ketika perdagangan bergerak berlawanan dengan posisi mereka."Ah, nanti juga mbalik..!" Tetapi koq gak kembali-kembali? Gak mau balik-balik? Koq malah bablas...! Bablas juga modalnya..!? Jika modalnya besar dan modal hutang bank, benar-benar bisa mati tuh tradernya karena bunuh diri.. hehehhe...! Tetapi bukan begitu yang saya inginkan..!


Jika Anda menemukan diri Anda menggunakan  5 kata-kata mematikan ini, maka itu merupakan perdagangan yang sudah seharusnya sudah dicut... Saya sering banget mengalami pengalaman ini, jadi hafal..hahahaha...!

Banyak kali kita menggunakan kata-kata yang sepenuhnya yakin bahwa pasar akan kembali mendukung transaksi kita, tetapi ini adalah kata-kata yang digunakan oleh setiap trader  sebelum mereka bangkrut. Saya telah mewakili trader yang mengaku, deh...! Waktu saya bangkrut, ya kalimat 'sakti' ini yang membunuhku... Hahahahahaa

Jika ingin mengulang kebangkrutan, jadikan kalimat itu wirid para trader. Hahahaha

Biarlah saya jadi tumbal... tetapi saya posting kejujuran ini demi ingin menyelamatkan sahabat semua trader Indonesia, jika mau..? Ini pengalaman termahal yang saya miliki...


Sebagai trader, Anda memiliki 2 pekerjaan sehari-hari:

Proyek # 1
MEMELIHARA KEKAYAAN

Proyek # 2
MEMBANGUN KEKAYAAN

Namun, ada hari-hari yang saya sebut 'pasar gila' ketika itu TIDAK ADA  YANG ANDA DAPATKAN kecuali floating minus yang tidak kunjung 'kembali' menjadi plus.

Jika saldo account Anda adalah $ 50,000.00 USD dan Anda memiliki perdagangan melawan Anda dengan - $ 45,000.00 USD (floating 45.000.00 USD), maka Anda hanya memiliki $ 5,000.00 USD equity.  Balance $ 50,000.00 memberikan pedagang rasa aman yang palsu.

Bukankah, yang terbaik adalah EKUITAS DI account ANDA lebih besar dari  ACCOUNT BALANCE? Ekuitas Anda adalah terletak KEKAYAAN SEJATI, duit Anda sesungguhnya. Jika Anda menghibur Diri dengan melihat $ 50,000.00  bukan - $ 45,000.00 yang melahap akun Anda, Anda pasti menipu Diri. EKUITAS ANDA adalah yang paling BERARTI, SO LINDUNGILAH EKUITAS ANDA!!

RINGKASAN
Ada tiga pelajaran yang paling penting dari posting "Kata-kata Mematikan Bagi Trader" pada blog kali ini adalah:
  1. Jika Anda mengatakan diri, 'Ah nanti juga akan kembali " Ini adalah 5 kata paling mematikan dalam perdagangan forex.
  2. Masih ada peluang untuk memperbaiki strategi perdagangan jika kita ikhlas meng-cut posisi. Ini adalah langkah terbaik untuk melestarikan kekayaan Anda.
  3. Tugas Anda selanjutnya adalah untuk membangun kekayaan Anda!

Link Panduan membuat account:
Buat account FBS
Buat account FxClearing
Buat account ECN4X

Thursday, 18 July 2013

PERILAKU TRADER ANEH

Dari dulu memang banyak (baca sebagian saja) perilaku aneh dari trader-trader forex Indonesia. Kalau tidak boleh saya menyebut aneh ya saya harus menyebutnya apa? Banyak yang saya lihat dan saya amati dari lingkungan para trader, memang begitu adanya. Maklum nih... lagi jadi pengamat trader... Sepak Bola saja ada pengamatnya, trader juga perlu dong.. cuma saya gak ada yang bayar.. wkwkwkkwkwkakaa.

Memang ada sebagian trader yang aneh, mereka berperilaku; 
  1. Jika belum paham, pura-puranya mengerti 
  2. Jika loss pura-puranya profit.
  3. Jika lagi floating minus, pura-puranya lagi tidak ada transaksi
  4. Jika MC, pura-puranya lagi menunggu WD
  5. Jika profit sedikit, pura-puranya profit banyak
  6. Jika profit banyak, teriakannya kenceng banget biar pura-puranya yang kemarin meleleh dibasuh kenyataan satu kebenaran.
  7. Jika ditunjukkan indikator atau sistem trading atau EA, teriak-teriak minta dishare.. giliran disuruh bayar atau bergabung affiliasi... menunduk kebawah pura-pura lagi mencari duit yang jatuh...
  8. Ketika ada yang bicara kebenaran; merasa tersinggung dan sakit hati
  9. Ketika ditanya sahabat tentang kesuksesan, menunjukkan ekspresi sukses  tapi  batin menangis.
  10. Ketika menyadari bahwa forex itu sulit, mulutnya tetap mengatakan mudah.
  11. Ketika ada yang mengingatkan malah ketawa-ketawa tapi hatinya bergumam, " Itu saya..! Itu saya..!"
Whuaakakakakkaakkaaa...............!

Menurut saya sih, perilaku seperti itu aneh. Meski mungkin sudah membudaya karena banyak faktor...! Soalnya dulu, saat masih senengnya belajar forex; saya juga pernah mengalaminya hehehehee>>> loss bilang profit, lagi floating minus bilang gak ada transaksi... whuahahahahahhaa..! Sekarang sadar, koq  aneh ya...?

Lebih aneh lagi saya ngaku... ! Kalau misalnya Anda gak mengaku, itu lebih aneh lagi.. Bingung tho?

Sudah-sudah, ini intermezzo saja, jangan ada yang tersinggung.  Karena jika mudah tersinggung itu karkateristiknya orang yang lemah dan tidak pede. Malah sulit untuk bangkit dan maju..!

Anda masih ingin maju dan sukses? Jangan aneh-anehlah  menjadi trader..! whuahhhahahaahahaa

Tapi jare seniorku...mbak Yudhia Nurpirasti: "Jadi trader aneh, yo gak apa-apa asal profit..!"

Ya ya ya... jadi monggo lah kalau mau yang aneh-aneh..! Yang penting jangan tersinggungan.. whuakakkakaakakakaka

Artikel menarik lainnya:
  • Ingin Kaya dari Forex

  • Wednesday, 17 July 2013

    TRADER: GALAU KARENA TIDAK BOLEH CEPAT KAYA DARI TRADING!

    Ini kisah tentang trader galau... Bisa terjadi pada siapa saja dan dimana saja..!

    Kegalauan trader karena siapapun melarang dirinya untuk cepat kaya dari trading..! Hahahahahaa...

    Lucunya lagi, kadang kalau sempat tersesat bertanya kepada saya, saya jawab, "Kalau trader tidak  cepat kaya ya jangan menjadi trader...! " Hahahahahahaa...

    Suatu saat dia bertanya lagi, mungkin tidak puas dengan jawaban saya sebelumnya.., "Bolehkah trader cepat kaya dari forex, Kang?"

    "Oh, jangan...! Nanti kamu dalam proses trading; tidak menerapkan rule-rule penggunaan money manjemen yang baik, kamu lantas serakah, potensi loss dan MC menjadi besar..!"

    Dia bingung, mengapa jawaban saya bisa bertolakbelakang begitu?  Ada something wrong...!

    Hahahahahaa... galau deh.

    Begini Brother....!

    Sebenarnya menurut saya begini: pertama, cepat itu relatif. Kedua, kaya itu relatif.  Jadi pernyataan Trader tidak boleh cepat kaya menjadi relatif.  Jadi ketika saya mengatakan kontradiksi "harus cepat kaya dan tidak boleh cepat kaya... itu dalam konteks lain.

    Mari kita simak ulasan saya berikut ini....!

    Kalau sudah relatif  maka memiliki makna yang luas. Coba misalkan trader memiliki modal $20.000 kemudian dia trading dengan konsisten profit 10-20 % sebulan. Perbulan dapat berapa tuh...? Kalau setahun saja sudah menjadi berapa keuntungan dari tradingnya? Kamu saja yang hitung, biar saya melanjutkan menulis... Kalau ada yang mengatakan bahwa dia harus belajar lagi dan merevisi tradingnya gara-gara"terlalu cepat kaya" itu.. koq menurut saya itu pendapat kemplu, ya...!

    Jadi yang saya tangkap dari pernyataan, "Jangan menginginkan cepat kaya dari forex" adalah modal kecil... menginginkan hasil besar...!

    Istilah : "Jangan menginginkan cepat kaya dari forex" tidak berlaku bagi modal besar menginginkan hasil yang kecil. Karena ternyata, hasil yang 'kecil' pun bisa memiliki arti yang 'besar'. Seperti sample diatas. Mereka dengan modal diatas $20.000 uang sendiri, menginginkan hasil  10 % (silahkan dibaca kecil), tetapi bagi kita yang modal cuma bolak-balik tidak jauh dari $100 meliat hasil 10 % dari modal $20.000 itu sangat besar. Jika mereka yang bermodalkan $20.000 itu konsisten bukankah mereka akan cepat kaya?

    Bedanya dengan kita yang bermodalkan cuma "tidak jauh dari $100" untuk hasil konsisten 10 % itu baru cukup untuk operasional trading; biaya koneksi, kopi, mungkin rokok, snack... termasuk biaya bensin jika kadang butuh trading bareng sama temen-temen. Lho, koq malah kurang...?

    Ya makanya mencarinya gak 10 %, karena kurang... whuahahahhahahaa...! Sementara jika mencari diatas 30-50 % oleh gurunya gak boleh, karena itu serakah.." ingin cepat kaya.."  hahahahaha..! Coba kamu hitung, sebulan 30 %, modal kamu $100. Butuh berapa bulan kamu bisa membeli mobil mewah .. ? Tiga sampai enam bulan bisa beli mobil mewah? Lho,.... katanya hasil 30 % it jalur cepat kaya... orang yang cepat kaya kan bisa beli mobil mewah cukup butuh waktu beberapa bulan saja... hahahaha... Hemm... mungkin kamu jadi protes, "Kalau begitu, saya akan mengejar hasil 100 % sebulan dong..! Iya kan..? Meski target 100 %, itu kan bukan jalur cepat kaya... Meski hasilku 100 %, boro-boro bisa beli mobil mewah... untuk menutup hutang saja belum beres.. Itu pun jika profit konsisten..! Ternyata memburu hasil 100 % pun bagi "trader cilik" itu belum jalur cepat kaya... whuahahahaaa.... Itu belum cukup, kamu masih bisa protes lagi..."Jika saya trading menempuh  bukan jalur cepat kaya di forex, artinya saya masih menggunakan MM dengan baik, dong..! Artinya lagi... Menghasilkan hasil 100 % sebulan itu masih menggunakan MM dengan baik, tidak serakah... dan tidak cepat membuat kaya... whuaahhahahahahahaa....!

    Gurunya diprotes kayak gitu, stress....!

    "Karepmu..! Karepmu...! Teruske...! Teruske...!!!!

    "Iya, apalagi.. saya modal agak jauh dari $100 guru.. Modalku cuma $10.. Bagaimana saya bisa trading dengan target hasil 10-20 % sebulan..? "  kata si Kuncung ikutan nyeletuk dibelakang.

    Gurunya mengelus dada... Si Kuncung, nyerocos lagi, " Begini saja guru, daripada modal segitu habis saya tradingkan...cuma $10....  bagaimana agar guru saja yang tradingkan, nanti bagi hasil 50:50 ?"

    Gurunya semaput..! Murid-murid bingung... Tolong dibantu tuh pembaca,  kasih  jawaban buat para trader galau itu...!
    ..............................................................
    Pembaca  juga ikut galau ...
    Aampuuuun guruuuuuuuuuuuuuuuuu...! whuahahahahhahahahaa

    Tuesday, 16 July 2013

    PILIH KULIAH ATAU MENJADI TRADER FOREX?

    Hemm... sahabat trader, tentu diantara Anda masih ada yang lagi duduk dibangku belajar. Maksud saya lagi sekolah atau kuliah. Namun sebuah keberuntungan datang, Anda sudah mengenal trading forex. Biasanya rasa bimbang dan ragu pun terjadi. Pilih kuliah atau menjadi trader forex...?

    Mungkin jika Anda menemukan tulisan ini, Anda benar-benar lagi galau nih. Tapi sebagai orang yang pernah merasakan kuliah dan juga sedang merasakan menjadi trader forex; baiknya Anda lanjutkan untuk kuliah. Bahkan kuliah dengan baik dan benar.

    "Bagaimana trading forexnya?"

    "Baiknya trading forex dijalankan saat-saat santai, banyak waktu longgar dan tidak mengganggu aktifitas kuliah."


    "Kuliah mencari ilmu dan trading forex mencari duit. Bukanka ilmu juga ujung-ujungnya untuk mencari duit? Jadi tidak perlu dong kuliah kalau sudah tahu jalan mencari duit. Kuliah malah membuang-buang duit."

    "Oh, kamu memang lagi galau berat anak muda..! Hahahahaha.... Kalau kamu berfikir kritis seperti itu; kuliah tapi mikirnya trading forex ya kuliahmu terasa membosankan. Kamu jenuh duduk di kelas.... sungguh begitu membosankan jadi anak kuliah. Kamu jenuh kenapa kerjaan kamu cuma kuliah, rapat, pulang, kuliah, rapat, pulang, itu-itu saja. Pacar gak punya... Kasihan banget anak ini..! Hahahaha

    "Lalu bagaimana: pilih kuliah atau menjadi trader forex?"

    "Baiknya buang jauh-jauh pikiran negatif kamu itu. Buang“Apa sih gunanya  kuliah? ngabisin duit dan waktu aja, nyatanya setelah tamat nanti toh kau susah dapat kerjaan juga. Lihat saja tiap tahunnya ribuan sarjana diwisuda, padahal lowongan kerja yang tersedia hanya sedikit”.Ya, contoh pemikiran itu dibuang jauh-jauh. Meski setengah benar, tetapi kamu tidak boleh jadi 'setengah gila'.

    "Koq bisa begitu?"

    "'Mahasiswa merupakan maha pencari ilmu dan dituntut untuk mengabdi kepada masyarakat untuk mengaplikasikan ilmunya di lingkungan masyarakat.' Nah, mikirnya kamu  seperti itu..! Galau-mu itu dibuang dan diisi pola pikir yang cerdas. Kamu kuliah jangan karena untuk mencari pekerjaan ataupun mencari gelar yang bergengsi... Karena suatu saat setelah tamat kuliah pun, kadang malu untuk memasang gelar kesarjanaan kamu itu. Karena kamu akan menjadi orang yang rendah hati, low profil... Ini berkat ilmu yang kamu dapatkan di kuliahan. Ya, kamu itu dituntut untuk lebih aktif dalam mengamalkan ilmunya ke dunia masyarakat. Kamu akan dihargai masyarakat, karena di lingkungan masyarakat, mahasiswa dan sarjana itu dianggap  motor penggerak yang berperan aktif dalam menghidupkan kegiatan di lingkungan masyarakat. Mahasiswa dan juga sarjana  dipandang oleh masyarakat sebagai orang yang berintelektual dan bermoral. Mereka merasa bahwa kehadiran kamu itu dibutuhkan..!"

    "Tapi saya tidak ingin meninggalkan trading forex?"

    "Ya siapa yang melarang...! Aktifitas trading forex bisa dilanjutkan, tetapi harus tetap menjaga tujuan kuliahnya. Jangan sampai aktifitas trading forex mengganggu kuliah, atau parahnya trading forex memperlambat kamu lulus kuliah...! Parah lagi jika pola pikir kamu, "Kuliah jangan sampai mengganggu kegiatan trading forex...!" Wah, suatu saat pernyataan itu akan mejadi sebab penyesalan seumur hidup."

    "Apakah forex itu mudah untuk tempat mencari duit?"

    "Nah, seharusnya pertanyaan itu yang kamu tanyakan pada dirimu sendiri... sebelum membuat pertanyaan pilih kuliah atau menjadi trader forex. Trading Forex  itu sulit,lebih sulit dari pada main Poker. Bisnis forex itu tenang di permukaannya saja, padahal kenyataan ... dibawahnya ada arena pembantaian berlangsung dan tidak ada belas kasihan... Mereka yang tidak bisa bertahan, tidak menguasai skill,  dan tidak bisa mensiasati kemenangan terhadap perang melawan 'penjaga harta karun forex'  ... mereka akan menderita hidupnya. Mengapa? Goa yang penuh batu-batu akan ambruk menimbun sang pencari harta karun... dan yang tersisa adalah tinggal akun-akun kosong yang menjadi bangkai.... Namun siapa yang berhasil, mereka hanya sedikit... 'mereka yang selamat dari kutukan forex' "

    "Bagaimana agar saya selamat dari kutukan forex?"

    "Oh, itu ada maharnya...! whuakakakakakakkaa"

    "Koq ada maharnya?"

    "Ya orang konsultasi pingin dagangannya laris juga pakai mahar... Orang ingin disayang orang lain saja pakai mahar... Wajar dong ingin selamat dari kutukan ya jauh lebih besar maharnya... whuahahahahaa!"

    "Hahahahahaahahaa...! Berapa maharnya?"

    "Maharnya buat bayar kuliahmu saja...! Selesaikan kuliahmu dan manfaatkan waktu luangmu untuk belajar tentang forex. Hanya itu untuk menghindari kutukan forex. Karena Mr Forex sayang dan peduli kepada para mahasiswa...! whuaahahahahahaha

    "Saya mengakui; trading saya masih sering floating minus, tidak bisa menganalisa secara baik, saya juga sering loss dan MC.."

    "Trading kamu masih begitu, tetapi kamu sudah bosan kuliah... mau jadi apa kamu? whuahahahaha...."

    "Apa yang harus saya lakukan?"

    "Selesaikan kuliahmu...! Jika sedang menyelesaikan skripsi.. selesaikanlah jangan menunda-nunda waktu, toh nanti ketemu sendiri juga.  Forex masih ada 1000 tahun lagi anak muda..! Kasihan orang tuamu kalau kuliahmu yang selesainya 100 tahun lagi...!"

    hix hix hix hix hix hix....

    "Sekarang apa yang Anda pikirkan: Pilih Kuliah atau Menjadi Trader Forex?

    Kepareng....!
    Jika Anda siap, saya rekomendasikan untuk membuka akun baru, akun yang seger dan mulailah trading dengan cara-cara yang benar. Silahkan ke TKP: Buka account Fxclearing

    Monday, 15 July 2013

    PENGGUNAAN INDIKATOR DALAM TRADING FOREX

    Sepertinya perbincangan tentang penggunaan indikator dalam trading forex ini menarik.. Posting, aaaah...!

    Baru saja ada newbie bertanya sama saya, "Apakah Om menggunakan indikator buat trading?"

    "Iya mas..!" jawabku.

    "Indikator yang bagaimana?" tanyanya lagi.

    "Ya yang ada di MT4.." jawabku lagi.

    "Mengapa menggunakan indikator seperti itu Om? Bukankah Semua indikator yang dibangun di sekitar HARGA ACTION itu diambil dari experience harga di masa lalu? Jadi Indikator itu memberi tahu kan informasi yang selalu terlambat. Karena Indikator mengikuti harga."

    "Iya, tetapi kalau indikator yang di Mt4 itu tidak ada gunanya, ngapain juga dipasang disana? Repot amat...? Memenuhi mt4 saja, kan lebih baik dipasang foto artis siapa kek biar tradernya melek..! Cocok kalau dipasang fotonya Aura Kasih, kalii ya..." kataku membela diri... "Memangnya kamu bagaimana dalam trading?"

    "Saya menggunakan 'price action' Om... Bagi saya, price action itu memberitahukan harga di masa depan." jawabnya bangga.

    "Ente sudah profit konsisten dengan price action kamu itu?" tanya saya lagi.

    "Ya, belum Om.. Masih terus belajar nih cara mengendalikan ego.. Tapi saya yakin Om, trading menggunakan indikator itu kurang smart. Menurut saya penggunaan indikator dalam trading forex mungkin hanya layak dipakai hanya untuk 'mengerti' saja Om, biar paham indikator. Kan lucu kalau trader gak ngerti indikator?" jawabnya.

    "Oh gitu yah..! Tapi meskipun saya hanya menggunakan indikator dan tool-tool di mt4 saya juga menggunakan indikator anugerah Tuhan, Mas.. Indikator mata, indikator intuisi...dan indikator akal" kata saya membela diri.

    "Wah, bagaimana itu Om..? tanya dia yang saya anggap aneh.

    "Lho, katanya kamu hanya butuh 'price action' dalam tradingmu? Mengapa masih mengejar 'ilmu indikator'ku"?

    "Soalnya saya baru dengar Om; ada indikator mata, indikator intuisi dan indikator akal yang bisa digunakan dalam trading forex." jawabnya penasaran juga...

    "Makanya jangan fanatik dulu terhadap apa yang digandrunginya, ilmu forex itu seluas samudera... dan bicara kemampuan; di atas langit masih ada langit. Saya menghargai pengetahuan Anda tentang price action, dan saya sepakat bahwa ilmu price action itu bagus diterapkan dalam trading, tapi ya jangan merendahkan orang yang menggunakan indikator dong..!"

    "Iya Om.. maaf." katanya sepertinya menyesal.

    "Masalah style trading juga masalah selera mas, tidak bisa diperdebatkan. Kalau semua trader menggunakan price action, kan kasihan juga mereka yang jualan indikator. Nanti gak laku...! Apalagi kalau tradingnya jeblok, anak-anaknya mau makan apa mas...hehehehe."

    "Jadi menurut Om Ninjaa, penggunaan indikator dalam trading meski indikatornya repaint, indikator mengikuti harga... tidak masalah digunakan?"

    "Bagi saya tidak ada masalah, mereka yang menggunakan price action maupun indikator, juga tidak ada jaminan pasti profit koq. Hasil akhir itu kan ditentukan oleh banyak faktor. Misal faktor kecerdasan trader dalam mensiasati kesalahan, faktor psikologis, faktor penggunaan MM dll. Jadi seorang trader gak boleh merasa benar sendiri.. forex itu bukan agama...! Tidak ada aturan baku dari 'nabi' tertentu agar menggunakan ini, itu.. dilarang anu..dsb. Siapa yang berhasil mengeksplorasi pengetahuan dan pengalamannya sebagai trader, mereka berhak untuk sukses; terlepas 'alat bantu' apa yang mereka gunakan...!"

    "Hemmm... saya koq jadi bingung dan pusing Om Ninjaa..!"

    "Alhamdulillah, itu artinya kamu masih punya kepala...!"

    whuakakakakakakkakakakaaaaa.......!


    BELAJAR TRADING FOREX DARI TRADER JABLAY

    Koq ada juga ya Trader Jablay..? Ya...! Menurut saya; Bahkan trader-trader jablay ini yang peluang suksesnya lebih besar. Mengapa bisa begitu? Nah, inilah yang akan saya bahas pada  kali ini. Mari kita belajar trading forex dari trader jablay.

    Jablay bahasa gaulnya itu "jarang dibelai" sedang trader itu ya pelaku trading. Trader Jablay berarti pelaku trading yang jarang dibelai. Kalau jarang dibelai.. lebih umum lagi dia masih single; (bisa bujangan atau gadis), sendirian... Trader kesepian... whuahahahahaa

    Dalam konteks ini, maka trader jablay adalah trader yang sering galau. hix hix hix hix hix... Padahal potensi trader jablay saya terawang dengan 'bola ajaib' bagus hehehehe: Saya melihatnya banyak "Kebebasan mengatur waktu". Jika dalam bisnis trading forex ini, 'tidak banyak gangguan' dari sisi pekerjaan. Bahkan lebih bisa menentukan jam kerja sendiri, suka-suka tidak tergantung sama jam kantoran.  Mau mulai lebih pagi bisa.. atau mulainya siangan karena harus nganter anak janda sebelah ke sekolah juga bisa banget. Kan Jablay....!?

    Kebebasan mengatur waktu itu; bisa dipilih buat belajar, praktek maupun evaluasi trading. Trader yang sibuk tidak lebih bagus peluangnya untuk sukses dibanding yang memiliki banyak waktu longgar. Dan Trader Jablay memiliki dan menguasai waktu untuk itu...!

    Jika trader jablay ini seorang bujangan dan lagi 'jatuh cinta', pelatihan berdisiplin sudah dimulai; Misal malam minggu jadwal apel, jam 7 malem sudah standbye di depan rumah pintu do'i dan jam 9 malem cabut. Jika yang menemui ternyata orang tuanya dan  si doi gak muncul-muncul, disiplin banget untuk  cabut dari rumah dengan alasan dibuat-buat. Tuh kan? Trader jablay itu sudah banyak latihan disiplin.. Jadi kalau diterapkan dalam trading, kecil lah.. gak ada masalah.

    Trading itu butuh disiplin yag tinggi dan perlu latihan. Jika sudah latihan kayak gitu? Misal dalam trading mau OP; tentu akan mengingat 'jika masuk rumah si do'i, kalau yang bukain pintu si doi, ngeloyor masuk.... Jika orang tuanya yang bukain pintu, kabur ...! Nah, jika mau transaksi ternyata kita takut dan ragu-ragu.... ya jangan masuk, tutup laptop dulu. Ini bagian dari rencana trading. Trader jablay harus benar-benar memiliki kesabaran dan disiplin untuk mengikutinya. Meskipun hal ini bisa sulit, perlu jika Anda berharap untuk menjadi sukses, dan inilah alasan mengapa mengembangkan rencana itu sangat penting dan mendasar.

    Trader Jablay itu sudah biasa latihan bersabar. Mau nembak gadis yang di taksir saja sudah sejak lama mengumpulkan kalimat-kalimat yang tepat agar analisa tidak salah dan "diterima". Betapa dia sabar dan belajar agar nantinya tidak berbuat kesalahan meski secara kebetulan. Jika ada pertemuan-pertemuan pun menjaga sikap agar ada simpati padanya?

    Apakah ini skenario yang benar-benar masuk akal?

    Trader jablay jatuh cinta adalah karena suatu alasan. "menembak do'i" juga karena suatu alasan, kabur dari pertemuan dengan orang tuanya juga karena suatu alasan. Bisa saja, kan namanya trader jablay .. ;kendaraannya butut, minyak wangi pun masih murahan.. kalau ketahuan bapak si do'i ...kalau pas seleranya sama kan jadi ketahuan... whuakakakakakaa. Sementara kabur dulu, gampang nanti kalau sudah jadian sm anaknya.. boleh pake bareng-bareng tuh minyak wangi.

    Jika sebelum Anda memasuki perdagangan, Anda memiliki alasan yang kuat untuk membangun take profit dan membatasi tingkat kerugian, ...

    Bagaimana jika kondisi tertentu market berubah...

    Haiyah...! Santai saja... Kalau trader jablay santai ...: anggap saja rencanaya gagal untuk mendapatkan si doi anaknya haji Sulam.  Kan masih ada yang lain, Anjasmara... mau saingan sama Patih Logender...!

    Tetapi kalau  saya teruskan, gak habis-habis nih...!  Cukup buat hiburan sore aja menanti berbuka puasa.

    Silahkan diambil pelajarannya.. !

    Kepareng...





    Saturday, 13 July 2013

    TAHAPAN TRADER FOREX UNTUK SUKSES

    Apa kamu kira sukses di trading itu gampang? Oh No! Siapa mau sukses di forex harus meniti tahapan-tahapan trader sukses berikut ini:

    Pertama: Di kandani masih sok ngeyelan...
    Kedua: Menyadari setelah masuk lubang..!
    Ketiga: Beberapa waktu kemudian lupa lagi, makanya harus masuk lubang yang sama.
    Keempat: Ganti guru, karena malu bertemu dengan penasihat pertama (guru) yg "tidak terpake" nasihatnya.
    Kelima: Guru baru memberi konsep baru, dia belajar dari nol lagi.
    Keenam: Masuk lubang lagi, karena terpengaruh suksesnya orang lain dan terpengaruh dengan rejeki orang lain. Akhirnya mindset berubah. Gurunya pun mulai dicuekin; ganti guru lagi.
    Ketujuh: Idealisme seorang trader muncul... berusaha menciptakan inovsi-inovasi trading...! Tetapi untuk observasi di akun demo kurang greget (akhirnya ke akun real) dan harus masuk lubang yang lain lagi.
    Kedelapan: Penasaran semakin tinggi.. makanya tidak pernah berhenti; jatuh bangun sebagai trader.
    Kesembilan: Mulai mengenal karakteristik dan style tradingnya sendiri. Trading sudah mulai bagus... Sayang, sudah tidak ada modal lagi...!

    Kesepuluh:Nyari modal gretongan. Dikumpulin dikit-dikit ketika mau di WD ...MC dulu. Ternyata dalam perjalanan, praktek tidak semudah teori... Asem lah!
    Kesebelas: Belajar lagi otodidak... Merasa siap..
    Keduabelas: Ngakak sendiri karena sudah berani berpendapat, " Asem, ternyata forex cuma kayak gitu..! Mengapa baru sadar setelah tidak punya duit?"

    Ketigabelas: Apes, sukses dirasa masih jauh. Mikir duit yang telah hilang dulu...
    Keempatbelas: Menanti tahapan sukses...

    Kelimabelas: Sukses mentertawai diri sendiri... whuahahhahahaha

    Ampuuuun guruuuuuuuuuuuuuuu..! Kabooooooorrrrr.....!!!!

    *Tulisan ini mengandung unsur canda. Jangan marah ya? hehehehe.

    Link Panduan membuat account:
    Buat account FBS
    Buat account FxClearing
    Buat account ECN4X