Saturday, 29 June 2013

BAGAIMANA MENGGABUNGKAN ANALISA TEKNIKAL DENGAN ANALISA FUNDAMENTAL

Ada pertanyaan sahabat, "bagaimana sih menggabungkan analisa teknikal dengan fundamental?"

Banyak trader yang menggabungkan analisa fundamental dan teknikal secara bersamaan. Untuk mengetahui kemungkinan penyebab pergerakan harga, mereka mengacu pada faktor fundamental (terutama untuk jangka menengah dan panjang), sementara untuk menentukan momentum entry dan exit mereka mengacu pada sinyal yang ditunjukkan oleh indikator teknikal.

Yang penting sudah mengerti dulu dari definisi analisa teknikal dan analisa fundamental. Tentu keduanya berbeda dan saling mendukung. Hanya saja trader sering dibuat stress gara-gara efek fundamental. Padahal secara teknikal sudah bagus. Bahkan bila diakui secara jujur, kebanyakan yang membuat MC adalah karena danya pergerakan yang diakibatkan fundamental. Yang terjadi begitu tiba-tiba, dan pergerakan harga bisa puluhan bahkan ratusan pips dalam beberapa menit saja. Jika kita tetap perpegang teguh dan percaya diri dengan teknikal kita tentu saja itu tidak ada gunanya. Loss dalam sekejap..!

Nah, memang terlalu sulit jika memadukan dan menggabungkan keduanya dalam satu analisa, karena kedua analisa itu juga analisa relatif yang sama-sama belum diyakini kepastian dan kebenaran sesungguhnya. Karena kita hanya meyakini berdasarkan sejarah masa lalu. Biasanya dan biasanya... Tentu hal ini akan dilanjutkan buat acuan kita, mau gunakan apa lagi selain analisa keduanya. Jadi tetap kita akan berpatokan dari kedua analisa itu bukan?

Apa yang kita miliki dan pahami dari tekhnikal? Oh, mungkin Anda sudah memiliki strategi tekhnikal yang selama ini dipakai, oke its... good..! Tapi apakah teknikal Anda akan sesuai dengan fundamental? Oh tentu tidak pasti...! Ini proses kebetulan...! Kebetulan Anda open posisi "buy" sesuai analisa teknikal dan pada saat yang sama di rillis berita fundamental, ternyata harganya melesat terbang..! Apakah itu karena hebatnya teknikal? Oh, ini kebetulan..! Dampak Fundamental atau market menanggapi terhadap fundamental dampaknya naikkan harga. Bukankah bisa terjadi kebalikannya??? Artinya: analisa teknikal itu selalu runtuh oleh fundamental..! Tetapi jika teknikal didukung fundamental, maka harga mata uang tersebut akan menjadi 'luar biasa'.

Jika Anda mengedepankan teknikalnya...dan menjauhi fundamental, Anda akan sering dibantai oleh market..!

Coba, sekarang urusan fundamental didahulukan... Sebelum trading dengan analisa macem-macem teknikal baca dulu fundamentalnya. Berita-berita yang berpengaruh terhadap pergerakan mata uang. Misal lihat dulu di situs forexfactory jam-jam berapa akan dirillis news. Jika satu jam lagi akan ada berita besar yang berpengaruh, padahal sekarang secara teknikal ada sinyal untuk masuk posisi, sabar dulu ...! Ingat, Anda mengedepankan fundamental.

Begitu fundamental muncul lalu terjadi pergerakan yang searah dengan analisa teknikal, ikuti dengan mesra...! Anda lebih selamat..! Lima menit atau beberapa menit setelah berita di rillis, baru Anda masuk posisi. Ini lebih aman bukan? Tetapi jika ternyata berlawanan dengan analisa teknikal Anda hasil fundamentalnya. Untuk lebih aman jangan trade dulu.. tunggu beberapa menit, misal 15 menit.. Begitu ada perubahan teknikal, koq mengikuti fundamental (menjadi sinkron), jangan ragu masuk posisi ...! Jika harga masih bolak balik, ambil saja strategi averaging... beberapa jam kedepan juga akan kembali mengikuti arah analisa Anda. Memang harga butuh ruang untuk bergerak. Jadi santai saja.. Warningnya adalah, jika harga berbalik sudah melebihi high candle di H1 sebelumnya, maka kebiasaannya memang benar-benar berbalik. Lakukan cut loss ataupun hedging atau switching..... sesuaikan dengan style trading Anda.

Paling enak memang trade karena fundamental, bisa profit banyak.. tetapi ya seperti yang diatas saya sampaikan, jangan buru-buru.. pergerakan akibat news fundamental itu tidak hanya 10-15 pips, begitu Anda ketinggalan 15 pips, Anda masih banyak peluang.. dibandingkan Anda telah transaksi dulu sebelum news di rillis, karena patuh  analisa teknikal Anda tetapi begitu ada news besar (padahal belum posisi profit) dan fundamental berlawanan dengan transaksi Anda... malah bisa gawat..! Anda pernah mengalami hal itu kan?

Sebenarnya buat trader yang masih loss terus secara teknikal... mendingan fokus di news.  Cuma ikut ngekor kemana news berjalan. Itu aja bisa dapetin ratusan pips dalam sebulan. Dan lebih aman...! Mengapa tidak kepikiran seperti itu???

Ya selama ini kita mikirnya yang rumit-rumit, jadi mendapatkan profit pun caranya rumit hahahahaa..

Trader bodoh biasanya lebih sukses..! Karena gak terlalu banyak virus yang mengganggu pikiran sederhananya...! Untuk profit dari forex, harus berfikir sederhana...!

Tetapi bagaimana pun Anda harus smart dan cerdas, jangan bodoh.. asal Anda juga 'kuat' menghadapi virus-virus tidak jelas. Anda akan lebih jauh diatas orang bodoh dan lebih banyak profitnya, karena imajinasi dan kreatifitas Anda yang membedakannya. 

Jangan lupa buka akun real di akun ECN4X:


Semoga Anda paham dengan apa yang saya jelaskan di postingan blog cafe trader kali ini..!

Bagaimana? sudah jelas....? Silahkan kalau ada yang mau menambahkan.. penjelasan diatas  cuma hasil pendapat pribadi yang gak suka rumit-rumit, karena hidup sudah rumit.. hehehehe...!




Monday, 5 March 2012

KULIAH MENGELOLA EMOSI TRADER

KULIAH MENGELOLA EMOSI TRADER
Mlam mingguan.. buat santai ngobrol dan sharing hohohoho...

Ninjaa Trader:
apa yg masih kamu ragukan dr trading ini muridku Seem Hans ? hahahahhaa
BUkankah trading ini menggoda anda untuk semangat hidup?
menjadi anda punya cita2 yg lebih baik?
punya mimpi yg lebih indah...?

Seem Hanz Constantent:
Fisikologi ku kurang kuat lho lihat +++ guruuu, trus kada oper percaya diri

mlh balik minus

Buy Sell:
boleh ....jg tu

Ninjaa Trader:
ya ya yaa, apakah masalahmu “Berani loss, tapi takut mengambil profit” ...
?

Seem Hanz Constantent:
iya guru,kayakNya harus bertapa lagi aku di tempat guru beberapa minggu

ini:

Bela Citra Ananda:
ikut dung..

Ninjaa Trader:
Kadang yg sederhana terlupakan..

Vhry Milanisty:
izin nyimak betara guru,,

Ninjaa Trader:
trader lebih suka berfikir... "kalau bisa dibuat sulit, mengapa harus

dibuat sederhana/mudah.."

Roni My:
aq bru plopit 10 pip udah gk brani lgi Om Guru....hehe....

Ninjaa Trader:
Kadang trader itu, membiarkan minus 5 pip.. menunggu minus 50 pip baru di

cut..

Seem Hanz Constantent
iya kekNya nyari 20 pip di 1 op itu kek mau naik ke atas langit padahal bsa

saja.

Ninjaa Trader:
sedang, ketika plus 10 pip...sdh di hajar habis2an..
seolah olah itu menjadi racun buat mu

Bela Citra Ananda:
oooohhhh


Vhry Milanisty:
aku banget.......lanjut.


Ninjaa Trader:
mengpa kmu berfikir terbalik begitu, muridku? hahaha
coba sekarang berikir yg indah-indah..
membayangkan profit yg banyak..

Joowonjungilwo Alexisvillasanchez Hangengleeyoongae:
mass ninja pindah rumah di sebelahku aja mazz.....

Ninjaa Trader
hahhaaahaa..ada yg pearlu diperbaiki dr mindset kit
pertama penting adalah mindset
sebelum kita jauh menekuni trading ini...

Buy Sell:
jangan pake feeling

Ninjaa Trader:
jangan jauh2 ke sisitem dulu..

Seem Hanz Constantent:
iya mindset rada anjlok

Ninjaa Trader:
gampang tuh sistem...setiap trader bisa bikin sistem yg sederhana..
dn profitable.. persoalannya adalah...

bisakah trader itu konsisten dg sistemnya...
nah...maka penting dulu menata diri...kesiapan untuk trading.

Seem Hanz Constantent:
nah itu Guruuuuuuu yg sering jdi msalahNya

Ninjaa Trader:
trading itu butuh kesabaran, kedisiplinan... dan kekonsistenan..
coba kita berfikir yg gak susah2 dulu...
apa mslah yg dihadapi kita..

Seem Hanz Constantent:
jadi ingat kata"sampean yg aku nda butuh indi dan sistem baru tapi aku

butuh duit wkwoowaaa

Ninjaa Trader:
ya..
aku sering mengatakan.. sm temen2... "
aku butueh duit, gak butuh sistem apapun atau indikator apapun..."

Andika Eko:
masih tidak percaya diri
[:D]

Ninjaa Trader:
krna gini...
sebagus apapun sistem yg kta miliki..
belajar kesana kemari...
biaya besar sekalipun..
kalau pd akhirnya dia tidak konsisten...
tidak sabar..
tidak disiplin...
ya tetep aja loss...
ingat itu...!
jadi..kalau sdh begini..
sebnarnya kita bisa mulai dr diri sendiri
" belajar konsisten"
cobalah dr sistem anda...pake..! tentu sistem yg sdh teruji dong...!

Bela Citra Ananda:
sip..

Ninjaa Trader:
yg teruji profit...pake dulu..

Vhry Milanisty:
target plan apakah perlu guru ???


Ninjaa Trader:
latihan konsisten..
coba buat trading plan..
masukkan konsisten di dalamnya..
buat daftar pd catatan anda...
konsisten!sulit memang..
tapi kalau gak diingetin..
ya ntar lupa lagi...
lebih baik kita belajar konsisten drpd belajar sistem ini sistem itu..
pasang indikator ini, or indikator itu ..
bisa2 anda keracunan indikator...
coba dr koleksi indikator kamu itu... dipilih yg terbaik menurut kamu...

Bela Citra Ananda:
yep..

Andi Ono:
jangan racuni aku dengan indikatormu.,."itu yg selalu aku ingat pakdhe.,"
wkwkwkw

Ninjaa Trader
uji... dengan backtest perhatikan ketika harga
bergerak..dan setingan indi anda..
kalau itu nyaman..
sekarang gunakan...!
setelah itu, coba konsisten...
itu aja!..
lihat hasilnya akhir bulan..!

bukan belajar macem2 tapi pada akhirnya justru merusak mindset anda...
gitu menurut aku...

"jangan racuni aku dengan indikatormu ....! hahahaha

Seem Hanz Constantent:
iya Eyang Guruuuuuuu...

Roni My:
MANTAP.....
cara backtestnya gmna Om ?

Bela Citra Ananda:
yep caranya gimana..

Ninjaa Trader:
setingan indi anda jadi templates


kemudian tes EA misal MACD sample ...
terus klik templates nya
nah perhatikan indikator2nya saat harga bergerak..

Andika Eko:
di strategy tester yh om??

Ninjaa Trader
ya
maksud diprhatikan ya diamati bagaimana pergerakan harga dn indi2nya.. itu.
coba melakukan transksi "pura-pura"
lalu bagaimana hasilnya...
kalau sdh oke...
praktekkan...
di demo... dulu kalau amsih ragu.
kalau sduah yakin, silhkan di riil...
bagi pemula modal gk usah banyk2....

Seem Hanz Constantent:
asal jgn di riil kereta api kan eyang guru tradingNya
hehehehe

Seem Hanz Constantent:
super sekali

Bela Citra Ananda:
larinya kemana ya..

Ninjaa Trader
lari menuju TEPE dong! hahaha

Seem Hanz Constantent:
TP = Tepian Pantai
indah bgt dah

Bela Citra Ananda
yep..


Ninjaa Trader:
woke.. paham semua yg sedikit sy jelaskan?

Ayunk Inclonk
abis dari rumah mertua laporan...hihihihi

Alfis Yuhendra:
[(y)]

Joowonjungilwo Alexisvillasanchez Hangengleeyoongae
ckckckckckckck @mas ayung

Seem Hanz Constantent:
paham cek gu

Vhry Milanisty:
faham pak guru,,,

Ninjaa Trader
sy juga bukan guru hahaha.. saya trader nubi sepertii anda koq..
jadi gini temen2...

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, karena kesalahan tidak

memandang seberapa banyak / sedikitnya pengalaman seseorang dalam kehidupan

sehari-hari. Begitu juga dalam kegiatan trading, sebuah kesalahan trader

adalah suatu hal yang tidak luput pula dari setiap tindakan / keputusan

yang diambilnya. salah itu biasa..
tapi jangan jadikan kebiasaan...
kesalahan itu jangan dijadikan kebiasaan buruk...
dan yg tahu kesalahan kita ya diri kita sendiri...

Seem Hanz Constantent:
I Like this banget dah

Ninjaa Trader
justru itu..
krna biasa...
malah selalu dimaafkan...
nah kebiasaan memaafkan kesalahan diri sendiri juga buruk...

Buy Sell
wkwkwkwk

Ninjaa Trader
krna sulit menerima kebenaran...
mungkin yg tepat adalah..
koreksi diri..


Vhry Milanisty
tidak ada tolerir akan sebuah kesalahan,,?


Ninjaa Trader
terhadap kesalahan kita perlu merancang...
jadwal..untuk koreksi diri
Memang benar, setiap trader juga mengetahui hal ini dan juga paham akan

sifat dasar dari manusia (secara umum). Namun pada realita yang ada,

seringkali terbalik keadaannya, dimana trader sering asyik dengan “dunianya

sendiri”, hingga melupakan kesalahan trader yang terus – menerus

dilakukannya.....

hahahhahaha

Bela Citra Ananda:
yep..xixi

Ninjaa Trader
oh ya..

jadi inget.. bahwa kesalahan terparah kita apa sih..?

Vhry Milanisty:
selalu mengulangi kesalahan yang sama

Arnan Tha:
serakah cekgu

Seem Hanz Constantent
MM nda jelas

Daito Ryu
nafsu......dan egois... [:D]

Alfis Yuhendra:
tidak sabar

Bela Citra Ananda:
yep..dan kurang sabar..

Buy Sell:;

FEELING
Joowonjungilwo Alexisvillasanchez Hangengleeyoongae
hutang untuk Modal

Roni My
emmmm........
tlalu sbuk FBan, hehhee...
..
Ninjaa Trader
wah wah wah..... ya ya ya..

Daito Ryu
selalu mengulangi kesalahan yang sama...

Ninjaa Trader
anda punya versi macem2.. gak salah....

Vhry Milanisty:
gk disiplin

Ninjaa Trader:
mungkin saya akan membuat kalimat yg indah untuk ini..
hahahahahhaa

Joowonjungilwo Alexisvillasanchez Hangengleeyoongae:

di kuasai EGO

Ninjaa Trader:
Kesalahan yang terparah, memang terdengar konyol untuk dilakukan dan tidak

dapat dipungkiri bahwa keputusan tersebut dilakukan dengan cara menahan /

hold posisi ketika floating loss terus, terus dan terus… hingga skenario

terburuk yaitu; MC (Margin Call)....

Daito Ryu
[(Y)]

Ninjaa Trader
"membiarkan minus dengan strategi berharap....."

Seem Hanz Constantent
kena jidad dah yg sering MC

Ninjaa Trader
semua yg kena MC .. itu karena satu hal:

Arnan Tha
wahhh,pengalaman konyolku tuh cekgu

Ninjaa Trader
membiarkan minus ..dan strategi berharap


Teguh Purwanto:
hmmm serasa membaca pengalamanku [:(]

Ninjaa Trader
kemudian diikuti kesalahan2 lain...
seperti yg temen2 tadi sebutkan...

Arnan Tha
[:(]

Joowonjungilwo Alexisvillasanchez Hangengleeyoongae:
saya yg blm pengalaman aja udah berasa

Ninjaa Trader:
seperti yg sy singgung sbelumnya...

Seem Hanz Constantent
sudah jatuh tertimpa tangga nih judulnya ya cek gu

Ninjaa Trader

Anehnya lagi, ketika trader sedang melakukan kesalahan dalam TP (take

profit), posisi harga sedang naik secara perlahan, lalu muncul perasaan

cemas / takut harga menjadi rebound (berbalik) tanpa disadarinya. Alhasil,

keuntungan yang seharusnya lebih besar, dilepas dengan segera melakukan

close posisi di saat yang tidak tepat (tanpa money management ).
kalimat itu coba perhatikan..
ketakutan...!
keraguan..!

Seem Hanz Constantent:
nah penyakit aku tu cek gu

Bela Citra Ananda:
sama..

Seem Hanz Constantent:
jadi nda max TP nya

Noery Eu:
yup takut

Ninjaa Trader;
Dalam contoh keadaan seperti itu, biasanya trader tersebut melakukan

trading bedasarkan firasatnya bukan analisa mendalam. Hal itu wajar,

kesalahan trader merupakan resiko trading, terlebih dalam proses

pembelajarannya untuk menghindari ketidakstabilan emosi. Namun, apabila

“kesalahan yang sama” terus – menerus dilakukan, akan lebih terlihat konyol

lagi bukan?.....
biasanya..
ini biasanya....

Joowonjungilwo Alexisvillasanchez Hangengleeyoongae:
mass ninja trader pertanyaanku cuma 1

Ninjaa Trader
setelah itu menyesal....
hahaha

Ninjaa Trader:
Penyesalan, itu yg selalu terjadi hampir pada setiap trader. Menyesal saat

terlalu cepat mengambil profit, dan menyesal saat terlalu lama “menampung”

loss.

silahkan jika ada yg bertanya..

jangan yg sulit2 kalo tanya..

Joowonjungilwo Alexisvillasanchez Hangengleeyoongae:
kapan pindah rumah di sebelah rumahku....Cuma itu pertanyaanku
gampang kan?

Ninjaa Trader
aku bukan trader yg cerdas..jgn tanya yg sulit2..

Seem Hanz Constantent:
strategi biar nda ragu gimana cek gu biar TP selamat samapi tujuan

Ninjaa Trader
hahahhaa namamu panjang banget, aku pusing liatnya.. besok ganti hahah
Joowonjungilwo Alexisvillasanchez Hangengleeyoongae ...?????/?


strategi yg gak ragu....
adalah di sistemnya..

Arnan Tha:
bagaimana caranya biar kita bisa melawan semua perasaan yang baru saja

cekgu jelaskan?

Ninjaa Trader
buat sistem..
yg disana ada sinyal OP
sinyal cut
entah itu sinyal cut loss atau sinyal cut profit


Ninjaa Trader
gini mas... banyak cara..
Mulailah yakin pada diri anda sendiri dan disiplin pada analisa yang telah

anda buat, dengan begitu maka anda baru bisa lebih menghargai hasil jerih

payah analisa anda sendiri tanpa diakhiri dengan rasa menyesal.
Kalau sudah, anda bisa seting TP seting Sl ... lalu tutup chart!
dan tingggal apel aja..
kedengarannya aneh..
tapi ini nyaman buat trading..
dan memiliki tanggungjawab terhadap setiap transksinya..

Seem Hanz Constantent:
iya kmaren mlm aku praktekin tutp Chat pas dah taruh TP n SL lalu tinggal

main Game,eh malah plong pikiran n TP dgn selamat mpe tujuan

Ninjaa Trader
atau yg takut kena loss.. atau kena Sl ...
kan bisa cara lain...
bisa pasang order pending...
pengamanan untuk locking..
dsb..
kalau sudah kena locking..
ya sabar menunggu sinyal selanjutnya..
dimana kesempatan untuk membuka locking hanya pada sinyal selanjutnya..
kalau bisa..
setelah kena locking..
tutup chart dulu..
jangan di pelototin..
nta malah gak sabar..
tinggal aja dulu..
nonton2 tivi ...
setelah sekian jam.. baru perhatikan chart lgi..
kan perasaan jadi tenang ..sabar aja..
ingat, "sabar, mmbuat anda dibayar!"
Lha tuh liat, pekerja buruh..
kan kerja sebulan (kadang) .. baru dibayar sebulan kemudian kan?
Bela Citra Ananda
yep
Ninjaa Trader
mengapa tidak mau sabar... utuk dibayar nanti malam?
atau esok hari?

Bela Citra Ananda:
iya

Arnan Tha
luarbiasa...

Daito Ryu
kekkeke

Ninjaa Trader
sy mhn maaf...

Sungguh tidak ada maksud merendahkan ataupun melecehkan trader yang pernah

melakukan kesalahan tersebut
sy kadang jg masih berbuat kesalahan...saya juga manusia koq... tidak sempurna...

Arnan Tha
trimakasih cekgu atas pelajarannya,^^v

Daito Ryu
sip cekgu [(Y)]
[^_^]

Joyo Lemper
kok minta maaf..??? ada apa mas...??

Arnan Tha
siap di save,di baca2 ulang hihihih [:)]

Bela Citra Ananda
yep

Ninjaa Trader
Maaf karena sy, dengan sharing ini, sy hanya ingin mengingatkan pada diri kita masing-masing, siapapun Anda,

termasuk saya sendiri, untuk menghindari kesalahan yang sama di masa

mendatang.. jadi bukan krn saya sok hebat, sama sekali bukan... justru krna sy banyak kelemahan.. makanya kajian ini kan bisa untuk manfaat kita bersama, ya untuk kamu, dan juga untuk saya.

Andi Ono
[(y)]

Ninjaa Trader
Kita saling beruntung kalau kita saling ingat mengingatkan..
kamu juga tanpa harus membayar SPP dan saya juga kayak dosen, yg gak susah2 dftar pake surat lamaran hahaha

Arnan Tha
seep [(y)]

Daito Ryu
kwkakwkaaaaa

Arnan Tha
hahahaha

Arnan Tha:
jadi malu hahahaha

Ninjaa Trader
hahaha...
tapi yg jelas...
kita beruntung...
ada grup2 belajar forex di FB

Bela Citra Ananda
amin..

Ninjaa Trader
jadi pemula pun bisa belajar dg mudah dan gratis...

Arnan Tha
trus beruntung punya cekgu heheheh

Ninjaa Trader
memanfaatkan FB sbg media belajar trading...

Bela Citra Ananda
iya

Noery Eu
terima kasih cekgu

Bernadi Thrump
iya om

Ninjaa Trader
saling ingat mengingatkan dan kompak selalu....
krna kita gak saling bersaing..

Bela Citra Ananda
benar

Ninjaa Trader
siapa yg sukses dia yg memiliki kemampuan dan modal...
dan selalu saling ingat mengingatkan... bahwa musuh kita adalah keserakhan dn ketakutan ..bukan teman trader

Bernadi Thrump
bener om, ingatkan saya klo wktu gepuk om biar sama profitnya wkekekeke

Ninjaa Trader
hahahhaaa
Arnan Tha
[(y)]

Joyo Lemper
aminn.....

Ninjaa Trader
Ada dua emosi khususnya telah menjadi sumber kehancuran bagi para pedagang

forex selama bertahun-tahun. Kedua emosi itu ketakutan dan keserakahan.
itu musuh yg ada pd diri kita..
makanya sesama trader....
harus saling bantu membantu... kalau ada yg bertanya ya dijawab, kalau mudah.. hahahhaah... yg sulit suruh tanyakan sm mbah guru google.

Andi Ono
ada emosi saling kick ngga pakdhe.,.?

Ninjaa Trader
hahahhahaha... gak boleh begitu sobat... rasakan Indahnya saling berbagi...

Andi Ono:
wkwkwk.,.,.pisss

Ninjaa Trader
Ciptakan budaya yg indah terhadap sesama trader...

Andi Ono
[(y)]
INDAHNYA BERBAGI DENGAN HATI NURANI

Ninjaa Trader

Papa Queen
[(Y)] [[[hjyuikuo]]]

Vhry Milanisty
setuju banget

Seem Hanz Constantent;
papa nongol..., salam papa

Ninjaa Trader
nah..tapi maaf yah...saya ngajar inijuga karena bodoh.. makanya ngajar
biar sy semakin hapal...
dan semakin bisa memperbaiki diri... hehehehe

Papa Queen
Wa'alaikum slm Seem duduk sebelah yaa...

Bela Citra Ananda
ilmu yg bermanpaat membawa berkah..

Noery Eu
yang telat liat catatan teman ya?

Seem Hanz Constantent
iya aku smbil mkan smbil nyimak cek gu ninjaa

Ninjaa Trader
mending fokus kita adalah melawan musuh trader yg saya sebut di atas..itu
ketakutan dan keserakahan...

Ninjaa Trader:
drpd fokus ke hal2 yg gak jelas?
atau sistem2 yg malah semakin membingungkan?
menyebabkan Anda melakukan trading yang terlalu besar atau terlalu

berisiko, ketika mencoba untuk membuat keuntungan besar. Keserakahan juga

dapat menyebabkan Anda mencoba untuk menunggu "pip terakhir" dari sebuah

langkah bukannya puas dengan "berjalan baik".

Ryan UpTo Progress
nyimakk ...

Bela Citra Ananda
sip

Ninjaa Trader
nah mungkin..
yg perlu sy tanyakan adalah..
bgmna anda mengalahkan emosi anda?

Noery Eu
nah itu yang masih bingung

Bela Citra Ananda
lanjut..

Ninjaa Trader
Cara terbaik untuk memerangi masalah dengan psikologi trading adalah dengan

membuat rencana perdagangan dan berpegang teguh pada itu
buat rencana...
jangan asal2an...
misal Gunakan dn dipikirkan dengan baik manajemen risiko ...

Bela Citra Ananda
bisa kasih gambaran lebih jelas guru..

Muhammad Kardi
[(y)]

Noery Eu
gambaran rencana perdagangan seperti apa

Ryan UpTo Progress
kalo trading plan gimana tuh ???

Ninjaa Trader
kalau diinternet bertebaran planing trading..
coba baca2..
tanya mbah google...

Bela Citra Ananda
baca di mana?

Andi Ono;
mungkin perlu dibuatkan contohnya pakdhe

Ninjaa Trader
rencana... kan bisa dimulai dr sistemnya..

Vhry Milanisty
blog eyang guru juga lengkap thu,,,

Ninjaa Trader:
penggunaan MM nya..
rule MM ...

Andi Ono
atau linknya

Ryan UpTo Progress
bener..

Ninjaa Trader:
mosok di dulang terus.. udah pada gedhe.. wwkwkkwkw

Bela Citra Ananda
yep link ya..

Andi Ono
biar temen2 mudah paham

Ryan UpTo Progress
mana link nya ?

Ninjaa Trader
cari di google ! hahahaha

Ryan UpTo Progress
hehe..

Andi Ono
wkwkwk
sabaar pakdhe.,.

Ninjaa Trader
cari di blog aku...

Seem Hanz Constantent
cafetrader.blogspot.com

Andi Ono
wkwkwkw

Ninjaa Trader
jangan manja ah...

Arnan Tha
hahahaha

Ninjaa Trader
trader itu harus mandiri...
wkwkwkwkkw

Andi Ono
juga bukan ngiklan lowh.,.

Vhry Milanisty;
seeeep

Andi Ono
wkwkwk

Ryan UpTo Progress
iya iya ... makasih ....
[:D]

Bela Citra Ananda
setuju

Ninjaa Trader
kayak mas Andiono tuh

Andi Ono
wah..,.knapa tuh.,.

Seem Hanz Constantent
atau nyebrang pulau ketempat pertapaan mbah ninjaa

Ninjaa Trader
mas Andi ono kalau ketemu sy gak pernah tanya strategi macem2... yg ditanyakan.. kang Ninjaa

sdh ada rokok belum ...? hahahhaa


Andi Ono
wkwkwkwk.,.,

Arnan Tha
hahahahaha

Andi Ono
wuasyemmmm.,.

jangan buka kartu.,.
wkwkwkw

Noery Eu
rokoknya apa

Arnan Tha
rokok termasuk peredam emosi cekgu hahaha

Noery Eu
kkkkkkkk

Seem Hanz Constantent
LA merah

Ninjaa Trader
hahahahah

Seem Hanz Constantent
bawain az satu kontener dijamin pulang bwa semua ilmu yg ad di bawah kasur

Ninjaa Trader
wkkkk
ya.. saya pernah berguru ...
dan kata guru saya.....

Arnan Tha
penasaran wkwkwkwkwkw

Ninjaa Trader
Ingat bahwa menguasai emosi Anda akan memungkinkan Anda untuk merebut

keuntungan nyata dari pasar sedangkan emosi yang tinggi bagi orang lain.

Jika Anda dapat menguasai emosi dan mengikuti praktek-praktek manajemen

risiko yang baik, Anda bisa menjadi trader forex yang sukses

Noery Eu
sabar

Bela Citra Ananda
yep

Ninjaa Trader
jadi ini emosi adalah sesuatu yg perlu dipelajari...
jangan belajar sistem ama indikator melulu ah...

Bela Citra Ananda
iya bos

Ninjaa Trader
belajar bgmna mengendalikan emosi... ini ilmu yg barangkali..
setiap saat dibuka.. catatannya..
dipelajari..
dihayati...

Bela Citra Ananda
belajar guru..xi

Ninjaa Trader
di amalkan..
kalau sering dibaca..
kan jadi setiap hari seolah olah ada yg ingetin....

Bernadi Thrump
siap om n sisih kan buat orang yg butuh pertolongan

Ninjaa Trader
kalau sering diingetin.. kan beda
dengan orang yg tidak pernah diingetin sm sekali
gitu kan?

Bela Citra Ananda
benar

Seem Hanz Constantent
betul sekali

Ninjaa Trader
kalau bicara straegi kan sebenarnya ya itu2 aja...
krna forex cuma naik dn turun..
dan ganti candle ke kanan...
jadi secara tecknical.. gak pusing2 amat...
justru yg berat adalah bagian psikologi trading..
maka ini yg perlu di perdalam...
karena strategi bagus pun kalau psikologisnya buruk pun berakhir

kekalahan...
kita punya catatan MM yg bagus.. strategi yg bagus... tapi selalu ragu2

mauk pasar.. ya akhirnya OP nya salah..!
cobalah ...mulai sekarang perdalam psikologi trading...
padukan dg strategi hebat anda..
gunakan rule MM .. tentu hasilnya lebih baik lgi


Bernadi Thrump
menyimak

Vhry Milanisty
nyimak

Zulfikar U-nine
#manggut2

Bela Citra Ananda
masih yimak..

Daito Ryu
siaappp cek gu

Ninjaa Trader
Kunci untuk membuat uang di pasar pertukaran mata uang adalah untuk

menghindari keputusan emosional dan mengikuti strategi dg hati2..


Ninjaa Trader
Forex trading merupakan pasar yang sangat volatile di mana emosi cenderung

tinggi
hahaha
hahahhaa....

pokoknya kalau masalah emosi..
salah satu cara terbaik...

Vhry Milanisty
mhon pencerahan nya guru

Ninjaa Trader
untuk mengelolanya adalah dengan trading plan...
seperti yg aku sampekan tadi ..

Seem Hanz Constantent
aku nda sabar mau terbang kecilacap buat belajar NSS nye Pak de

Ninjaa Trader
pokoknya...Emosi itu dapat mempengaruhi keputusan trading anda, kecuali

Anda memiliki strategi direncanakan terlebih dahulu...
maka trading plan itu wajib kalau ingin transaksi tanpa di kendalikan emosi

Sezywo Mp
setuju guruu

Vhry Milanisty
lanjut guru

Ninjaa Trader
Kunci keberhasilan dalam Forex adalah sistem, analisis dan pengendalian

diri ...
yg menyangkut macem2 itu tadi..

ya ya ya...
silahkan buat review dulu dg trading anda...

Arnan Tha
manyimak

Bela Citra Ananda
yep

Sezywo Mp
masih kacau belum punya sistem guruuu

Ninjaa Trader
bereksplorasi... coba ini itu....
ambil yg terbaik...
sampean itu perlu mengembangkan sistem ..
Sistem ini memberitahu Anda kapan harus membeli, apa yang harus dimbeli,

kapan harus berdagang dan apa yang harus diperdagangkan

Bela Citra Ananda
benar lgi

Ninjaa Trader
jadi kita gak ragu2 lagi
untuk setiap OP kita..
pun kita tidak ada penyesalan..
krna sudah sesuai analisa..
kalau salah bgmna?
ya gak apa2...
kan setiap transksi gak harus profit..
nah ini ..
penyakit yg tersamar..
pikiran trader selama ini..
adalah..
setiap transaksi harus profit..
makanya jadi enggan cutloss
hahahaha
lalu pake strategi berharap..!
berharap itu akan profit..
iya kalau profit,.. kalau malah MC ...?
kadnag hal2 yg sederhana.. kita abaikan..
kita selalu tergiur sm hasil orang lain yg di pajang... di wall2 mereka..
lalu mengejar nya..
minta indinya...
minta sistemnya...
dimana downloadnya..
dsb ...

Arnan Tha
btul sekali cekgu

Bela Citra Ananda
kok tau..

Ninjaa Trader
mbok jangan gitu..
anda adalah anda..
anda berhak untuk menjadi trader yg berbeda..
trader yg mandiri..
trader yg bisa profit mendalkan kemampuan diri...
dan itu bisa..!
hanya sedikit petunjuk saja sebenarnya..

Bela Citra Ananda
pasti bisa..

Ninjaa Trader
tapi karena pemula..
petunjuk itu gak ngerti....
krna belum ada yg memberi tahu...
maknya penting..
adalah cobalah bergaul dg mereka yg berpengalaman..
siapapun mrka
tanya2 yg penting2 saja..
jangan banyak bertanya..
cobalah dicatat point2nya saja...
lalu berusaha sendiri mencari dn mencari...
krna kebanyakan para master adalah males membimbing secara utuh sempurna...
semuanya dikasih...
para cantrik bisanya minta dan tanya...
hahahahhahahaa

Bela Citra Ananda
kok tau lgi

Noery Eu
ragu, takut, berharap,

Ninjaa Trader
cobalah kreatif...
hahahhahaa....
anda memiliki kemampuan...
anda memiliki semangat..
paling yg gak punya kan modal yg banyak....
mungkin.. siih
hahahaha

Sezywo Mp
wkwkwkwk

Vhry Milanisty
seorang pemula yg kurang faham forex secara mendasar,,bermain dengan EA dan

profit,,truz WD . apakah itu judi guru karena tanpa analisa. mohon

pencerahan guru

Sezywo Mp
ngupulin nasabah biar banyak modal

Ninjaa Trader
EA juga dibikin berdasarkan analisa strategi ...
ea mewaki sistem kita..
jika kita manual pun akan mengerjakan seperti yg ea kerjakan..
fungsinya kan hanya memudahkan kita... itu aja..
banyak persepsi yg berbeda..
kita harus hargai mereka...
karna banyak kepala..
banyak pikiran banyak pendapat...

Edhi Rachmawanto
guruuuu

Ninjaa Trader
palin g mudah, yg menganggap itu judi, ya jangan dipake.. itu aja...
sederhananya begitu...

Vhry Milanisty
ok

Ninjaa Trader
trader itu bertanggungjawab terhadap diri sendiri...
buakn ke[ada trader lain..
dan kita tidak bisa memaksakan kehendak juga...
dan kita tidak perlu berpolemik apapun...
ayuk bareng nyari rejeki melalui trading ini ...
dengan benar...
krna judi bisa melalui apa saja..
tarding pun bisa jadi judi .. dsb.
silahkan di pikir sendiri.. sy gak mau mancing2 perdebatan...

Roni My
bal2an jh bsa jd judi, hehe....

Ninjaa Trader
saya tidak suka perdebatan...! maaf... !

Edhi Rachmawanto
judi menjanjikan kemenangan ( Rhidho roma )

Ninjaa Trader
semuanya...

Roni My
BUANG judi.....
lanjut Om.....

Ninjaa Trader
silahkan cerna sendiri2..
lebih baik..
kita fokus pd hal2 lain yg lebih bermanfaat

Vhry Milanisty
iya guru

Edhi Rachmawanto
dicerna guruuuuuuuuuu

Ninjaa Trader
dan maaf sy juga bukan orang hebat segalanya tentang forex ...

Bela Citra Ananda
iya

Ninjaa Trader
say nubi juga seperti anda...
yg mencoba belajar dan belajar setiap hari...
untuk kesempurnaan kita sendiri sbg trader

Edhi Rachmawanto
Ninja trader nubi????????

Sezywo Mp
amin

Edhi Rachmawanto
kwak ..kwak...

Ninjaa Trader

ya....
sy masih banyak yg belum paham tentang tradign forex
mengapa?
forex itu seperti lautan samudra luas....
semakin dipelajari semakin kita merasa menjad i nubi dan gak tahu apa2...
hix hix hix hix....

Bela Citra Ananda
iya...

Edhi Rachmawanto
waduh sing pinter wae ngaku nubi.. emang guru besar sll merendah terus..

Ninjaa Trader
sy suka fokus mas...
kalau disamudra itu..
sy ngejar mutiara..
ya harus cari mutiara..
dn baawa pulang mutiara..
kalau tergoda..
dengan ikan hias..
terus..
ikan paus.. atau lumba2..
tertarik lagi sma kerang.. lumut...

Edhi Rachmawanto

saya biasa ngarungi samudera dan mabuk terus jd yo rangerti opo2 guru ha..

Ninjaa Trader
lha kapan saya dapat mutiaranya?
saya gak mau jadi trader yg serakah..

Ninjaa Trader
ma u mengerti semua ilmu tentang forex ...
cukup ilmu profitnya aja..

Vhry Milanisty
cakeeep

Edhi Rachmawanto
mantap wejangane..
guru sejati..

Ninjaa Trader
selain itu ngaapain koleksi ilmu..
biasanya semakin banyak ilmu malah semakin banyak yg gak dipake juga kan?
kenapa gak fokus... yg itu bisa membantu memperbaiki profit anda?

Andi Ono
[(y)]
belum lagi kalau baru daftar udah langsung di kick.,.
wkwkwwk.,.kaboorrrr.,.

Vhry Milanisty
wkwkkwkwkkw

Ninjaa Trader
fokus.. dan anda lebih mudah menguasainya...
nah misal pertama fokus sm sistem..
ya udah fokus dulu..
gak usah macem2 tanya sistem2 lain...
satu sistem aja dipelajari..

Sezywo Mp
[(Y)]
Ninjaa Trader
cari yg mudah2 dulu..
lalu fokus..
Dengan tetap berpegang pada sistem Anda, Anda akan memaksimalkan keuntungan

Anda koq ..
ngapain harus repot2...

Sezywo Mp
siap guruuu

Riza Azis
mangtabsss...

Ninjaa Trader
yg penting tekun..

Bela Citra Ananda
yep

Ninjaa Trader
jangan hanya tekun FB an wkwkwkwkwkwk

Andi Ono
wkwkwkw.,.
ada contohnya kok

Sezywo Mp
wkwkwkw saya banget guruuu

Bela Citra Ananda
iya

Noery Eu
siapa ya

Andi Ono
kayaknya yg ngajar juga gitu deh.,.
wkwkwkw

Ninjaa Trader
wkwkwkw...

Sezywo Mp
tapi berkat fb alhamdulillah saya bisa di ajari guru ninja walau cuma lewat
 cHat

Ninjaa Trader
kan status pekerjaan sya pesbuker HAHAHAA

Vhry Milanisty
setuju

Ninjaa Trader
maksud sy..
disamping fb an..
manfaatkan buat belajar...
di grup2 trading kan banyak dokumen.
.
Bela Citra Ananda
iya nih guru,,,karna fb bisa kenal.
.
Ninjaa Trader
coba baca tuh dokumen2 ilmu forex..
bejibun jumlahnya...
grup forex di FB luar biasa..

Andi Ono
tapi salut pakdhe.,.sambil FBan.,.tetep mantau market.,.sesekali ngajak OP

bareng.,.BUY & SELL

Ninjaa Trader
kalau gak aktif kasih koment... krna pemalu kaleee...
Andi Ono
[(y)]

Ninjaa Trader
ya minimal tekun baca2 isi dokumennya....
kamu buy aku sell ahahahhaha

Bela Citra Ananda
yep

Andi Ono
wkwkwk
barusan aku mau bilang itu

Ninjaa Trader
jadi.. Kunci lainnya adalah ketekunan

Andi Ono
keduluan.,.
wkwkw

Ninjaa Trader
Jika Anda mengendalikan emosi Anda dan tetap berpegang pada sistem Anda

akan memaksimalkan keuntungan Anda...
hambatannya biasanya
kurang percaya diri

Andi Ono
[(y)]

Ninjaa Trader
Kurang percaya diri hanya menghambat Anda dari membuat langkah baik untuk
 menghasilkan keuntungan besar
Vhry Milanisty
lanjut guru

Noery Eu
sabar... guru lagi ngerokok
kkkkkkkkkkk

Ninjaa Trader
silahkan kalau ada yg bertanya...

Vhry Milanisty
monggo di sambi jajannhe guru

Ninjaa Trader
hahaha.. lgi udud nih...
enjoy
sudah ya.. saya Ninjaa Trader.

Link Broker Rekomended Untuk Menaruh Telor-telor Anda:
Broker FxClearing Cocok Buat Pemula
Membuka Akun di ECN4X
Membuka Akun di FBS

Thursday, 24 November 2011

KULIAH STRATEGI PROFIT

KULIAH STRATEGI PROFIT
Strategi Trading Valas Profit

Sebelumnya, kalau boleh kami mengajak anda berangan – angan, bayangkan jika di waktu mendatang di segala penjuru kota di negeri tercinta ini tersedia “mesin – mesin ATM” (atau apapun istilahnya) yang menyediakan informasi tentang Forex Rates baik informasi runing harga,chart ataupun yang lainnya. Dimesin itu kita bisa ber-trading valas, mulai dari deposit,open posisi,close sampai ke withdrawal. Ada beberapa alasan saya mempunyai harapan seperti itu :

1. Trading Valas itu bukan judi.

2. Trading Valas adalah bisnis yang sangat populer. FOREX TRADING merupakan pasar terbesar di dunia diukur berdasarkan nilai total transaksi.

3. Ditengah keterpurukan ekonomi, menyempitnya lapangan kerja, mulai jenuhnya bisnis MLM, kebutuhan hidup yang semakin meningkat, Trading Valas hadir sebagai bidang usaha mandiri yang sangat menggiurkan. Trading Valas bisa dilakukan siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

4. Trading Valas bisa dijadikan bisnis dimasa pensiun, ketika usia kita sudah tidak produktif.
Melanjutkan strategi kami yang lalu, Sell di pair EUR/USD, USD/JPY, EUR/JPY ketika sudah jenuh diatas (lebih baik memiih Sell diatas daripada Buy dibawah).

Strategi berikut ini memang lebih sedikit “rumit”. Kita sudah mulai On-line menjelang Open Market Amerika sekitar jam 19.20, wait and see dengan “pertempuran” Eropa dan US. Disaat “pertempuran” itu kita harus berjiwa investasi seperti macan tutul. Macan tutul jika sedang mengendus calon mangsanya pasti akan hati – hati sekali. Meskipun larinya lebih kencang dari mangsanya tetapi ia akan menerkam mangsanya hanya jika sudah benar – benar dekat atau 99,99% kena.

Dalam strategi ini kita akan melakukan open posisi SELL EUR/JPY. Diantara jam 19.30 – 23.00 kita perhatikan chart ketiga pair (EUR/USD, USD/JPY & EUR/JPY). Perhatikan pergerakan chart EUR/USD dan USD/JPY, jika keduanya berada diatas (keduanya mendekati high hari itu) sudah pasti EUR/JPY akan diatas juga bahkan break high. Nah saat itulah waktu yang paling ideal untuk open posisi Sell. Anda juga tidak perlu menggunakan stop loss. Pergerakan selanjutnya jika salah satu pair EUR/USD atau USD/JPY turun maka EUR/JPY sudah pasti ikut turun, kemudian pergerakan selanjutnya jika keduanya (EUR/USD & USD/JPY)turun, maka EUR/JPY sudah pasti terjun bebas dan menambah pundi – pundi profit pip kita.

Sumber: Dokument Grup forex FB "KULIAH TRADING"

Untuk membuat akun Fxclearing, silahkan klik disini!

Tuesday, 22 November 2011

KULIAH: Tentang STRATEGI SCALPING

KULIAH: Tentang STRATEGI SCALPING
Maap guru, saya masih nubi, mw nanya2,,
saya suka strategi tehnik scalping [modal dikit], indi yang profitable/bagus digunakan apa sih.???
makasih sebelumnya....

Amri D'Vallenttz, Dedy Winarta, dan Dyla Ariess menyukai ini.

Ninjaa Trader coba ini:

Ema 3
Ema 5
Ema 7
Ema 9
Ema 11
Ema 13
warna kuning
Ema 21
Ema 24
Ema 27
Ema 30
Ema 33
Ema 36
warna hijau

Ema 55 Warna Merah
Beli Atau Jual Ketika Breaks grup Ema `s Kuning terhadap Ema 55
Ambil Keuntungan Ketika Grup Kuning berSentuhan grup hijau
Jika Kelompok Kuning pull back di Ema 55 atau Di Grup Hijau, Beli atau dijual kembali
Atau Take Profit bisa 10 Pip di Breaks Ema 55 Dan mengambil untung 5 pip Di pull back.
Stop loss 5-10 Pip Periode 5 Menit
Hal yang baik adalah ini Bekerja dengan Semua Mata Uang.
Silahkan kalau mau mencoba..! Minggu pukul 23:29 · Suka · 4


Ady Gusriady: maksih sebelumnya...
tapi indi saya EMA_WMA_RSI, apa sama saja mas Ninjaa Trader..????
kalo tdak, dpt indi Ema_nya dmna.???
maap bnyak nanya.. Minggu pukul 23:33 · Suka

Ninjaa Trader: yg standard aja di mt4
Minggu pukul 23:33 · Suka

Ady Gusriady: oke makasih mas,, nnti saya coba.. :)
Minggu pukul 23:36 · Tidak Suka · 1

Ninjaa Trader: ingat ya...buy: kuning diatas 55 ema. sell jika dibawahnya..
Minggu pukul 23:39 · Suka

Ady Gusriady: seeeep mas,,,
Minggu pukul 23:41 · Suka

Ninjaa Trader: exitnya ya saat salah satu kuning menyentuh yg hijau..
Silahkan kalau mau corat caret, coba ini itu.. hihihihiii.. atau dipadukan dengan RSI sm Laguerre RSi ... Go Green! Met ber-scalping ria..

Tuesday, 8 November 2011

CANDLE PATTERN BICARA NFP

Candle Patern itu bukan pola candle lho... Beliau manusia juga, trader juga.. Beliau guru saya... Dulu beliau pake nama samaran Green Park.. hehehhe
Nih, begini nih kalau sedang mengajar murid-muridnya... :


Assalammualaikum semuanya....
sedikit mau cuap2 nie...kalau mau dengerin yoo monggo...kalau gak yoo wesss...ra po po.....setelah ujicoba setengah tahun untuk menelitih kebiasan NFP akhirnya saya punya bocoran startegi baru nie.....kalau dulu biasanya kita hanya stanby buy stop atau sell stop untuk mengambil kesempatan harga pada saat bergerak liar...namun...saya punya praktek lain NFP bisa diprediksi dari awal harga dimana hari yang akan dikeluarkan news NFP....tekniknya simple cukup lihat candle 1 hari sebelum NFP yaitu candle hari kamis malam jum`ad....jika candle putih bisa diprediksi NFP akan meluncur naik....sebaliknya buat candle hitam.....contoh buat analisa hari ini candle semalam putih dari pagi sampai siang kita pada hari ini kita cari harga terendahnya contoh EU 1.3788 harga terendah hari ini maka silakan di tambahkan 50 - 80 point untuk TP anda anda bisa mulai OP dari mulai sore kagak perlu cemas akan datangnya NFP....karena biasanya NFP yang akan membuat OP anda menjadi TP.......maaf kalau kata2 saya susah untuk dicernah karena saya cuma bocah yang hanya cuap.....bukan anak kuliahan ataupun yg punya gelar rentetan.....berhubung cara ini sudah saya ujicoba...selama 6 bulan terhitung di bulan ini juga.....jadi kata guru saya kalau yang bagus dibagi itu gak akan mengurangi apapun dari dirimu tetapi jika kamu bagikan sesuatu yang buruk maka sebenarnya kamu sedang kehilangan sesuatu......

NFP keluar setiap jum`ad pada minggu awal bulan...1 hari sebelumnya atau dihari kamisnya kita lihat harganya naik atau turun dalam 1 hari itu....setelah kita tahu candle hari kamis naik apa turun....maka kita tinggal pantau high low pada hari jm`ad mulai dari jam 6 pagi sampai 12 siang WIB jika harga pada hari kamis adalah naik....maka kita cari titik low pada hari kamis....misalkan saja titik low nya 1.3201 maka ini bisa ditambah dengan 50 - 80 point tergantung pair yg digunakan contoh 1.3201 + (50 sampai 80) =1.3251-1.3281 maka inilah titik TP jadi mulai dari jam 1 siang hingga news NFP muncul anda bisa open buy sesuka hati dengan TP di titi tersebut (1.3251-1.3281) setelah NFP keluar sebaiknya anda tidak open dengan cara diatas....tetapi apabilah TP anda masih belum tersentuh maka tahanlah hingga kurang lebih 3 jam berikutnya....jadi misalnya pada hari kamisnya harga turun maka pada hari jum`ad nya kita harus mencari titih high nya dan dikurangi 50 - 80 point.......semoga rangkuman ini bisa bermanfaat......jadi pada pukul mulai 1 siang hingga NFP keluar maka anda bebas OPen dimanapun dengan TP yg sudah ditentukan dari perhitungan diatas.....kemungkinan cara ini bisa efektif atau tidak karena markets selalu berubah ubah....dan cara ini masih di gunakan pada ujicoba 6 X NFP gunakan MM yang baik....karena biasanya news mondar mandir dulu sebelum berjalan kearah yg benar.....

Candle Pattern

Mari kita mulai usaha dibisnis Trading Forex untuk mengawali kekayaan Anda, dan  segera daftar akun fxclearing di blog ini... tinggal klik dan isi form: http://ind.fxclearing.com/individual/index/327

Monday, 1 August 2011

MENYIAPKAN MODAL TRADING

MENYIAPKAN MODAL TRADING
Ketika kita memutuskan untuk mulai membuka account baru, pernahkan terpikir dalam benak anda, berapakah modal awal yang harus dipersiapkan?

modal-awal  untuk trading

Setiap broker, memiliki ketentuan yang berbeda mengenai batas minimum modal yang dibutuhkan pada saat pembukaan account. Apakah kita tentukan modal awal sesuai dengan minimum deposit atau kita sesuaikan dengan manajemen trading kita?

Modal awal ikut menentukan kesuksesan dalam melakukan trading. Petuah bijak dalam trading mengatakan bahwa ada tiga unsur yang menentukan kesuskesan trading kita. Ketiga unsur itu dikenal dengan sebutan 3M, yaitu: “Mind, Method, and Money”.

Beberapa trader pemula memulai trading dalam level “coba-coba” dengan modal seminim mungkin. Namun mereka seringkali menjalankan metode trading yang mereka tiru dari para trader sukses, yang biasanya memulai transaksi mereka dengan dana yang jauh lebih besar. Perbedaan modal inilah yang justru menjadi awal ketidaksuksesan mereka untuk seterusnya. Mengapa demikian?

Seperti bisnis lainnya, trading forex membutuhkan modal yang cukup untuk dapat berkembang dan menghasilkan profit yang cukup pula. Mayoritas trader senior menciptakan metode trading dengan ketahanan modal yang cukup untuk bisa bertahan menghadapi gelombang pergerakan harga yang seringkali tidak terduga. Ketika metode mereka ditiru oleh para trader pemula, maka bisa ditebak apa yang terjadi: para pemula itu “kehabisan nafas” ketika diterjang gelombang volatilitas yang besar. Sementara, para pemilik modal besar masih bisa bertahan karena “nafas” mereka masih panjang. Inilah sebabnya mengapa modal dan metode memiliki hubungan yang sangat erat.

Lebih dari itu, ketahanan modal yang kuat juga akan memberikan ketenangan bagi kita. Mari kira analogikan modal yang kita miliki dengan kapal yang mengarungi samudera. Penumpang perahu kecil akan merasa mudah cemas ketika ada gelombang setinggi dua meter di depannya. Sebaliknya, awak sebuah kapal induk akan tetap tenang menghadapinya (tahu kan, kapal induk? Itu lho, kapal perang yang bisa memuat puluhan pesawat tempur), karena bagi mereka gelombang seperti itu hanya seperti riak kecil yang tak berarti.

Jadi bisa kita ambil kesimpulan bahwa modal, metode, dan mental adalah tiga hal yang saling berkaitan dalam trading. Logikanya sederhana saja, bahwa semakin kuat modal seseorang, maka dia akan semakin percaya diri dalam menjalankan metode tradingnya. Resiko sebesar $50 akan terasa sangat besar bagi seorang trader yang hanya memiliki modal sebsar $250 misalnya, namun resiko sebesar itu akan dihadapi dengan langkah ringan bagi trader yang memiliki modal sebesar $2,000.

Pada intinya, sesuaikan modal trading dengan gaya trading anda. Di produk apa anda akan bermain, berapakah margin yang dibutuhkan, bagaimana spreadnya, dan seberapa volatile pergerakan harganya. Semua keputusan berada di tangan anda. Karena forex tak ubahnya seperti bisnis pada umumnya. Semakin besar margin trading, akan sebanding dengan target profit yang akan kita bidik.

Semoga bermanfaat. :)
Satory Cirebon

Karakteristik Sesi Asia, Sesi Eropa dan Sesi Amerika

Karakteristik Sesi Asia, Sesi  Eropa dan Sesi Amerika
Judul yang baik mungkin "karakteristik perdagangan tiap Zone"  tapi gak apa... To the point aja..

 Pembukaan sesi asia pada jam 7AM menandai awal dari jam forex di buka, teman2 harus ingat sesi tokyo di sebut juga sebagai sesi asia, karena tokyo adalah ibu kota keuangan asia, satu hal yg perlu di catat jepang merupakan pusat perdagangan forex terbesar ke 3 di dunia.

Ada beberapa karakteristik yg perlu di ketahui tentang sesi tokyo / Asia :
1. aksi tidak hanya terbatas pada wilayah jepang, transaksi forex di lakukan di lain hot spot keuangan seperti hongkong, singapura dan sidney
2. pelaku utama sesi Tokyo adalah perusaan komersial (exporter) dan bank sentral ekonomi jepang sangat tergantung pada exporter dan cina juga sebagai pedagang
3. sebagian besar aksi terjadi pada awal sesi, ketika data ekonomi keluar
4. gerakan dalam sesi tokyo bisa mengatur gerakan untuk sisa hari itu, pedagangan di sesi terakhir akan melihat apa yg terjadi selama sesi tokyo untk membantu dan mengatur dan mengevaluasi strategi2 apa yg di ambil di sesi selanjutnya
5. biasanya sete;lah gerakan yg besar di sesi New York sebelumnya anda mungkin akan melihat konsolidasi pada sesi Tokyo


Ketika pasar asia menutup toko, rekan2 eropa baru memulai hari mereka walaupun ada beberapa pusat keuangan di eropa, london adalah yg paling di perhatikan, secara historis london sebagai pusat perdagangan berkat lokasi yang strategis, tidak heran london dianggap sebagai ibu kota forex dunia denagn ribuan penguasaha membuat transaksi setiap menit, sekitar 30% dari semua transaksi forex terjadi pada sesi london


ada beberapa informasi yg dapat kita peroleh selam sesi london berlangsung
1. karena sesi london persilangan dengan dua sesi perdagangan besar lainnya dan dengan london menjadi seperti pusat keuangan utama, transaksi forex terbesar terjadi pada sesi ini, hal ini menyebabkan likuiditas yg tinggi dan biaya transaksi berpotensi lebih rendah.
2. krena besarnya jumlah transaksi yg terjadi sesi perdagangan london biasanya paling volatile
3. sebagian besar trand di mulai pada sesi london dan biasanya berlanjut sampai awal sesi NY
4. volatilitas cendrung mereda di tengah sesi karena pedangang pergi untuk makan siang dan sambil menunggu market NY buka
5. trand biasanya membalik pada akhir sesi london, sebagian  trader eropa  yang mungkin memutruskan untuk mengambil keuntungan
 

Sesaat setelah trader eropa kembali dari istirahat makan siang mereka, sesi AS di mulai pada pukul 8PM, sebagian trader yg mulai bekerja di kantor sama seperti asia dan eropa, sesi AS memiliki satu pusat keuangan yg utama yg pasarnya sangat di perhatikan, tentu saja kita bicara tentang kota yg tidak pernah tidur New york city!!

ada beberapa tips yg harus di ketahui tentang perdagangan selama sesi AS
1. Ada likuiditas tinggi, karena tumpang tindih dengan sesi eropa
2. kebanyakan laporan ekonomi dirilis di dekat awal sesi New York , ingat sekitar 85% dari emua perdagangan melibatkan dollar, sehingga setiap kali berita  data AS besar ekonomi diberitakan, ia memiliki potensi yang besar untuk membalikkan arah market
3. setelah pasar eropa tutup, likuiditas dan volatilitas cendrung mereda selama sesi siang AS
4. gerakan sangat sedikit terjadi pada jumat sore, karena para trader asia berhenti bertrading dan pergi menyanyi di bar2 dan karaoke, sementara trader eropa pergi ke pub untuk menonton pertandingan sepak bola
5. juga pada hari jumat,  ada kemungkinan balik arah pada paruh ke dua sesi, trader AS menutup posisi mereka menjelang akhir pekan.


sumber: kuliah Zahra Queen di ForexZone.us

Saturday, 23 July 2011

Ninjaa Trader Sistem NTS

Ninjaa Trader Sistem NTS
NTS itu ninjaa Trader sistem ...
berangkat dr dasar bahwa pasar naik turun... dan juga terbatas pada high low hari itu.. maka strategi ini cocok... yakni averaging versi ninja.
kalau mau pagi2 NTS.. ya bia dimulai sekarang
ambil buy dan averaging setiap minus 12 pip dengan TP di dekatkan
itu aja..
 
jd TP disamakan semua
tanpa didekatkan (pada harga running) itu tanda bencana..
karena di forex kita gak boleh strategi berharap..
forex gak ngerti kebutuhan kita
berfikir cara lain dan berbeda..
udah tahu 90 % loss di trading..
ya jangan ikut kebanyakan trader
langkah2 NTS begini

rule 1: pagi2 jam 4-9 wib
2. di pair GU
3. TF 15 menit

4. lakukan averaging manakala floating minus 12 -14 pip
5. Tp selalu di dekatkan 6 pip setiap ada order baru ( dekatkan 6 pip setiap ada OP baru di level 1-5 dan  dekatkan TP 8 pip jika level 6-10 dan 10 pip jika lebih...)> dari TP sebelumnya.
6. Trend saat mau membuka posisi awal harus diikuti
7 sesuaikan dengan indikator anda..
lihat aja H1 atau h4..
jika H4 naik di M15 turun ya di buy aja...
minus ya gak apa2..
yg dicari kan minus dulu
kalau minus jdi profitnya gedhe
upah senam jantung wkwkkww

kalau salah posisi dengan beberapa kali averaging, nanti trend bisa aja menyelamatkan kita
kalau ada pembalikan cepat... ditandai dnegan adanya prubahan trend baru dari indikator anda maka ambil posisi sebaliknya dengan lot yg lebih besar.

Kalau mau  NTS  setelah jam diatas... bisa aja asal seting ikuti trend dengan lot lebih kecil pengaturannya....

money manajemen harus diperhatikan..
ingat.. tujuan kita averaging ini ..
sebenarnya...

adalah mengelola kesalahan... smbil menunggu saat yg tepat untuk open yg wajar...
jadi ..
pertma masuk ..
open posisi itu.. yg lot kecil aja..

kalau modal 100 $ ya cukup dengan 0.10 (lot yg seniali dengan 100 rupiah per pip
nanti averaging...
ini karena..
tangan kita suka gatel..
ya turuti aja..
tangan gatel ini...
tetapi..
ada manajemen tangan gatel..
caranya ya averaging..

biar kesalahan openposisi ini
pun berakhir profit

entah itu buy atau sell..
krna dasar pergerakan harga adalah tidak naik terus atau turun terus

nah..
ada yg kta incar sesungguhnya..
di balik ini..

apakah itu?
moment...
ingat moment..
moment yg tepat.. untuk ambil posis isesungguhnya.

selama ini trader dengan tangan gatelnya udah terlalu yakin dnegn analisanya..
pdhl gak tentu..
kalau salah posisi...
sementara lot awal udah besar..
ya MC dah nanti..
sambil siapkan mata elang kita...
filingnya disiapkan juga
ujung2nya kan profit nanti..

sy katakan lot besar itu ya seukuran.. modal kita..
misal modal 100 $ ya bisa di gebuk dengan 1.00 (atau yg seniali per pip nya 1000 rupiah)
butuh 10 pip aja untuk itu..
nah..

atau sesuaikan dngan kekuatan modal anda dan mental anda...
atau lebih bessar pun gak masalah..
obat tangan gatel ya kalpanak..
ya anda kan punya indi..
punya pemahaman kebiasaan..
nah disitulah moment..
sy gak bisa jelaskan moment itu..
sy gak bisa menggunakan keyakinan ornag lain
nah kan udah ta jelaskan..
indikator kita beda..
moment membacanya ya beda..
sy katakan sekarang sell..
belum tentu indi anda bicara sell

Lain waktu disambung lgi...

Tuesday, 12 July 2011

TRADING ITU SEPERTI MENCARI RUMPUT BUAT TERNAK

TRADING ITU SEPERTI MENCARI RUMPUT BUAT TERNAK
Saya Ninjaa Trader..

Hemmm....

Sederhanakan trading Anda!

maslah pilih pair..
kalau satu pair aja sdh bs bikin duit.. mengapa harus mumet2 mikir pair lain?

contoh lagi..
modalku kan dikit..
mengapa harus susah2 nyari broker lokal yg spread gede..
ada swap ada komisi..
kita trade kan bukan untuk gaya2an...
hihihi
kecuali modalku 100 juta keatas..
atau mengelola duit nasabah..
aku kan trade duit kecil beda sm master2 disini..
mungkin pertimbangannya lain..
kayak memilih indikator...
megapa harus dibikin mumet...
jadi koleksi indi... beeuuuh.. go opo?
koncone upload indi.. melu ae download..
kahkahkahkahaa

sistem jg gitu....

bayak berguru sm banyak master..
terus..
dipake semua..
stres dah..
sederhanakan sistemnya..
uji rule nya..
di demo...tahap 1...
terus di demo tahap 2 ..
terus real...
demo tahap 1..
itu duit2an..
demo tahap 2..
itu demo tpi duit beneran...
untuk melatih mental psikologis..
krna itu yg gak bisa ditularkan oleh master anda...
hihihii

waktu sy jadi tukang mencari rumput...
sy berangkat bareng sm pencari rumput lain..
maaf sy dulu penggembala kambing mas..
dlm mencari rumput itu ada ilmunya...
dn bisa diterapkan di dlm trading ini

ketika sy mo ngarit..
sy tentu lihat waktu..
kalau pagi ntar rumputnya gak doyan..
ya harus menunggu siang ketika ..
matahari sdh. membuat kering rumput..
kmudian..
mencarinya di mana..
tentu paling banyak rumput ya di sawah...
kalau di pasar buah kagak ada..
khakahkaha
kemudian...
dibutuhkan arit yg landep/tajam...
untuk mendapatkan hasil maksimal..
dan juga sangu alat asahan aritnya..
ketika saat ngarit itu gak mempan di rumputnya..
itu di utuhkan.. sekali.
kalau lupa bawa alat itu... ya kalau kedul gak dapat2 deh rumputnya cuma capek doang..
kemudian...
dibutuhkan keahlian mengarit itu sendiri
ada teknik sendiri
kalau gak bisa ya keperang terus dah..


kemudian...
di sawah pun..
dlam mencari rumputnya...
hati2..
jangan yg habis disemprot..
ntar kambing kita malah matii....
kena racun ...
nah..
kalau diterapkan di trading forex ini...

pertama...
persiapan ngarit..
persiapan tarding..
ada laptop
modem...
dll...
mecari waktu....

bisa sesi asia...
eropa atau amerika..
rumput y g paling bagus dimana..
bisa di pair GU.
pair GJ ...

sering kita.. gak sabar...
maunya menjadi ahli seketika..
maunya dapt profit yg banyak seketika..
tanpa keperang arit tuh dah lumayan sebetulnya..
kalau berangkat bareng sm tukang ngarit yg sudah ahli,,
kita kan ketinggalan...
dia sudah dpt banyak kita belum seberapanya...
mengapa? kita masih nubie..
dan untuk menjadi ahli..
y a harus rajin ngarit..
sering trade.. dimana pair yg kit asukai..
biar hafal betul karkateristiknya.. dll..
nah inilah yg butuh waktu..

gak bisa instan...
yg logis aja di forex ini..
banyak belaajr dr yg berpengalaman..
gak peduli dia master loss atau master profit..

semua ada pelajaran yg berharga buat kita..
malah lebih banyak ilmu dr masterloss-nya..
hihihihi

makanya yg suka loss...
dia adalah master sejati kalau mau memberikan ilmunya..
ada...!
khakahkahkaha
justru dr kesalahan dia ..

atau sebab2 lossnya dia..
kit agak perlu kehilangan uang..
cukup master lossnya aja yg jadi korban
kit amenikmati nya.
kalau disini ada temen yg los.s.
yg MC..
jadikan suhu aja..
suruh bicara...
gak apa2... amalnya banyak tuh..
khakahaha
sodakoh sm orang kaya..
kahkahakhakha
intermezzo aja mas..
yg jelas..
belajar dn belajar..
itu aku..
dn sy tularkan saran ini kepada teman2 yg mengenal aku..
belajar tujuan bukan untuk mengkoleksi ilmu..
tpi mengembagkan...diri.. menjadi lebih baik.. dlm trading kita
gud lak... hehehe ..
dah ya....

MEMAHAMI RESIKO BISNIS FOREX

MEMAHAMI RESIKO BISNIS FOREX
permisi,,,numpang lewat
saya Ninjaa Trader..

seorang trader... itu...khususnya trader pemula seperti wisatawan di suatu kota yang asing. Dia tahu apa yang dia inginkan, tetapi tidak tahu bagaimana untuk mencapainya...

diakui atau tidak..
memandang teman2 kelihatannya enak..

wah si A dah dapat rumah...
si B .. dah punya mobil...
dan dia tahu apa yg diinginkan..
tentu seperti mereka... itu minimal..
lebihnya ya tergantung pribadi masing2..
yg masih bujang .. tapi jelek ya maunya biar dapat cewek yg cantik..
agar bisa memperbaiki keturunan dsb
wkekkekekkkeke

qqq....

karena ini di forex..
dunia serba mungkin..

jadi yg jelek pun kalau dah profit konsisten..
dia bisa sering ke salon..
bisa merawat diri..
minyak wanginya pun yg mahal..
akhirnya pun kesampaian daaah...
ja ganteng ky om ninjaa

bagusi rumah..
pengen maneh ....bojo ...
ganti motor jadi mobil..
dsb....

nah sampean dpat investor
baru
khakhakahkahha


kan yg penting sekarang..
adlah cara mencapainya..
kahkahakhakha
seeeppp...

khekhekhekehkehkehehe
cara mencapai..
ini yg agak susah...
meski bukan hal yg gak mungkin..
pertama..
memutuskan dulu... untuk terjun serius... di trading ini
cuma sebelumnya..
harus mengetahui konskuensinya...
sy khawatir...
kalau gak ngeerti resiko.. yg dihasilkan..
dmpknya berbahaya bagi diri , dan kehidupannya...
bisa2 begini yg terjadi...
memutuskan trading... krna trading itu enak ...dn mudah. tinggal klik2 dapat duit..
memang iya..
tetapi faktor lain di belakang ada hantunya... yg ngiwi2... kamu..
ngiwi2 sih apa bhsa indonesiane?
hihihi

menghantui

kekekek

mencibir

ya ya ya ya

ngiwi2
xixixi

resiko yang terlupakan...
mengakibatkan..
misal tiba2 modal yg besar... pdhl sistem trading aja gak tahu
kemudian...

setelah sebulan trading profit terus..
Pedenya muncul...
akhirnya terlalu pede....
mulai mencoba sesuatu yg lain....
mungkin sistem yg lain, atau saran lain.. yg sesungguhnya berbeda dengan yg selama ini dijalankan..

xixixixi

pdhl dgn susah payah dibangun profit..
malam untuk siang..
siang untuk pagi..
khakahakhakhakhaa
laptop menduduki peringkat pertama di perhatikan selain yg lain2..
keluarga nomer sekian...
tp pd akhirnya..
di laptop itu pula duitmu mabur mabur...
ditangisi pun gak balik balik....
kena dech...tak belani mbolos kerjo...hasile amblas

kemudian....
kepedean berlanjut..
karena yakin bahwa forex ini akan menghasilkan sesuatu yg dahsyat...
ini contoh yg lain..

sebelum dia MC
profit beberapa bulan..
dia anggap itu telah mewakili.. kemampuan trading seseoranng...
akhirnya..
otak mulai berfikir..
"wah, bagus nih, kalau pake duit investor..."
kemudian mencari investor...!"

waduh.......!!!!!!!

atau menerima investor lain....!

accunt sekarat di service
buka kantor maneh

kemudian ... suatu saat akun.. sekarat krna floating yg dahsyat...
mulai berfikir... perlu tambahan investor untuk mengganjal floating..
akhirnya mencari lagi...
dan akhirny apun... habis juga..
pelan2 trader menggali kuburan buat diri sendiri...
itu misal aja...
dn buat perhatian bagi para trader yg mulai pede...
sebenarnya gak salah..
mnerima investor..
yg penting adalah..
keterbukaan...
dan penjelasan sejelas-jelasnya..

siap ­­

sebelum mengelola akun...
misal loss tidak menanggung...
dan buat perjanjian tertulis..
kalau gak mau loss ya jangan mau menerima duit investor itu ...
dan saran saya adalah jangan menanggung... resiko mengganti duit invetsor manakala loss

boleh aja.. asal jelas semuanya...
saling sepakat...

nah...
ini point2 penting... akibat dr kepedean...
tetapi kurang memahami resiko ...
termasuk perhatian..
buat teman2... jangan mau invest di tempat yg tidak jelas...


yg sedang mengelola dana banyak nasabah..
meski diiming2imingi..
profit flat 15 % sekalipun...
atau lebih..


waduh....!!!!!!

kalau siap ya silahkan...
tetapi harus siap resikonya...
krna...


perjanjian dan materai kondisi seperti itu... pun ...
gak akan berlaku..
lha kita mau meng klaim kemana..
lha orangnya sudah minggat...

waduh....!!!!!!

atau ada orangnya...
tetapi dia gak punya duit sama sekali..
kalau disembelih saja gak keluar darahnya..
kita mau pa?
makanya..
saya mengingatkan sejak awal...
untuk perhatian para trader..

karena mereka yg menerima.... invest atau yg memutar itu pun mereka para trader

waduh....!!!!!!

jadi..yg penting adalah..
kejelasan semua rembukan.. atau musyawarah..
dan yg sudah ada dana investor...
ya kembangkan dengan baik...
dan selalu tanyakan kembali kepada mereka para investor... "pak, bapak siap loss gak?"
kalau siap sy lanjut..
kalau gak siap sy hentikan..
ini duit bapak tinggal sekian...
jebulnya tinggal 12 $ pdhl invest 2000 $ kahakakhakha

investor yng malang

waduh!!!!

nah...
jadi terpenting dlm bisnis FOREX ini..
adalah pemahaman resiko...


itu awal mula yg harus di ketahui..
kecuali smpean kaya raya...

dan siap kehilangan seluruh hartanya gak apa2 menjamin manakala resiko terjadi
kedua...

waduh....!!!!!!

weee....

Menjawab pertanyaan sendiri, untuk apa tujuan Anda...trading

qqqq...

cari plopit mas

kebebasan om

golek duit..ujung2 e

hobbyy cek gu....

macem2...
tetapi..Selain itu, segera menentukan apakah Anda akan memerlukan dana tersebut dalam waktu dekat atau apakah Anda punya cukup uang untuk biaya yg masih jauh?

tpi malah ketemu penyakit.. hihihi

ujung2 nya udud

tpi malah ketemu penyakit.. hihihi

tetapi uang itu pun perhatikan..
yg untuk modal itu uang apa?

uang hutang...
uang simpanan di bank..
uang investor? dsb ...

atau uang hasil jual barang si istri
barang maksude kalung apa gelang lhoooo

qqq......kok tau aja sih

bukan baranG istri yg lain
qqqq,,,

kemudian...
dengan uang itu..

jual leptop ...wwkkwkwk

berapa yg harus anda dapatkan..

untuk mencukupi kebutuhan..

$5 cukup sehari

kira2 butuh berapa...
misal 5 $ per hari..

qqq....

15$ lah

jadi target dlam hari kesekian harus di WD...
nah.. untuk hasil segitu.. berapa modal ideal yg harus ada dlm margin?

itu dipikirkan..
jangan smpe...
kita gak logis dalam usaha binis ini..

waduh....!!!!!!

misal modal $100

ya..
misal 100 $
kita hitungannya..

minimal dpt 5 % saja sudah sangat bagus di forex
krna...
sebulan dah 100 %

per hari?

ini penting..
jadi semua terukur..
kayak kemarin sy di wall sy jg sampaikan...
duit yg kita punya itu ...
janagn dimasukkan sleuruhnya di forex...
jangan menabung di forex..

bentoel.....
eh betull

kalau modal anda...
atau yg kamu punyai itu 100 $
ya sisakan 20 $ di dompet ajaib yg terkunci...
rapat..
kahkahakha
yg tidak boleh di utak utik..
yg 80 % deposit..

waduh....!!!!!!

ini untuk keamanan dana trading anda..
manakala loss..

waduh....!!!!!!

masih ada yg untuk menghibur..
depo lagi 20 $
kan bisa mengobati trading yg habis MC ..
beda kalau gak punya duit..
trading koq demo....! mulu...

butuh penyaluran hobby juga...
hobby trading..

apalagi kalau sudah kecanduan khakahahaha

waduh!

sementara kita gak punya modal sedikitpun...
ya melasi..
nelangsani..
maka siapkan semuanya...
dr faktor resiko ...

syukur sih jangan MC ...
tetapi kita mewaspadai....
karena ancaman Mc kan .. setiap saat..
kita gak tahu MC kita itu kapan..
nah...
lalu..
Kenapa harus MC... ?...

jawaban yg paliing simple...

Waduh!!!!!

adalah..Karena kita membiarkan MC itu terjadi ...

khakahkahkahkahakha

Karena kita membiarkan MC itu terjadi ..
kan banyak macem agar kita jangan MC ...

misal cut loss .. atau yg lain.. dah pada pinter2 dah...
ora nyinggung... aku juga lgi nyinggung awak dewe...
untuk mengingatkan...
kepada diri sendiri..saling ingat mengingatkan...?


ojo tersinggung kang

rata2 kan membiarkan MC terjadi...

wakakakakakakkka


Kenapa kita biarkan... ? Jawabnya : Karena kita gak berani ambil resiko .....

Kenapa kita gak berani ambil resiko ? jawabnya : Karena sebenarnya kita belum siap masuk dunia trading ...

pake stop less apa cut loss

gak mau duitnya ilang.. tetapi yg terjadi malah ilang habis2an...
ya.. gak apa sih..
ini MC terhormat ! kahkahakhakha

waduh!


kenapa kita belum siap trading..?

wkwwkwkkwkwkw

Kenapa kita belum siap ? jawabnya : Karena kita masih perlu tambahan jam terbang yang cukup ....

Kenapa perlu jam terbang ? jawabnya : Karena bisnis forex itu urusannya komplex, bukan sekedar teknical dan fundamental, news, centiment and other.. disini mental juga terlibat...
.
jadi maunya rata2 instan sih...
harus real sekarang..
 
mental..
ini sulit....
sulit banget

Kenapa mental harus dilibatkan... ? jawabnya : Karena mental ibarat sofware yang mengontrol emosi trader dalam mengambil keputusan (termasuk keputusan cut loss). Sebab forex adalah bisnis paling cepat dan gila di dunia ini. Selain itu belum saya temui bisnis segila forex ini. ....

ya.. saya kadang melakukan cut loss..
jika sdh tidak memungkinkan lgi..
gampang nanti..
kalau masih ada modal kita balikkin pelan2..
drpda memaksakan diri..
kayaknya sebelum MC...bisa dibuat MC cara kita sendiri yaitu " mau cut loss..."
hihihii
ini resiko...

Kenapa harus ada cut loss... ? jawabnya di forex hanya ada dua pilihan, profit or loss.. tidak ada istilah Stock barang disini.....selain tindakan ekstrim ini

hiks

cut ...klik! .. begitu saja koq repot ..
duit kita hilang....?
menangis?
ya jangan menangis...
sebelum masuk di dunia trading...
kan sudah tahu resiko bisnis ini.. suatu ketika.. akan terjadi dan harus terjadi "rugi" "loss"
santai aja kenapa sih....
hihihihihi

wkwkwwwkwkwkwk

seberapa kuat kita mampu menanggungnya?
ya disitulah cut loss ...
kalau masih mampu menanggung loss semua..
ya sudah..
kasih ke semua broker aja
khakhahaah

lebih sayang broker atau diri sendiri?

kaluau sayang broker ya.. kasihkan semua MCnya..

mending cut loss KAN?
kalau sayang diri sendiri yg masih butuh trading.
ya kita sendiri dikasih dong jatah buat trading..

untuk mengobati keresahan hati...
udud duluuuuu...!
khakahaha

Solusinya...?
1) Pastikan open posisi tepat pada titik resiko terkecil dengan reward yang lebih atau minimal potensi imbang dengan resiko yang diambil....
 
2) Jika terjadi floating minus melebihi toleransi yang anda tetapkan, akui secepat mungkin bahwa anda SALAH. ya.. bahwa anda salah menempatkan posisi open atau timmingnya kurang pas. Dan anda harus membayar kesalahan itu dengan cut loss sedini mungkin (Bayar dengan SPP semurah mungkin). Berikutnya catat setiap kesalahan itu dan simpan baik-baik di dalam alam bawah sadar. Jangan lupa selalu mencari jawaban dari segala sisi tentang apa yang menyebabkan anda harus loss.

ini berurusan dengan mental
dn psikologis masing2..
msalnya..
sy sanggup menahan floating ini mencapai 50 % dr modal..
atau 60 % dst..
sy mengatakan ini  agar anda bisa menghargai diri sendiri

sampek gak bisa op lagi...

kalau mampunya dipolke... ya monggo saja...
asal ada duit yg untuk modal di belakang
hehehe

kemudian..

strategi.. barangkali yg paling berbahaya adalah scalping...

scalping itu juga bagi pemula adalah pekerjaan yg berat
krna mencari profit sedikit resikonya berat dn panjang... gedhe dowo... khakahahaha

my style

kakakaaaa
wekekekkekkk...

oke..
3) Focuskan fikiran, persepsi anda pada point dan bukan pada besar kecilnya balance anda. Ingat, investasi yang anda masukkan ke balance adalah barang dagangan. Tentukan Target Point dan toleransi loss dengan point berdasarkan perhitungan teknical yang anda anut.

4). Jangan paksa market berjalan sesuai dengan harapan anda. Tetapi andalah harus mengikuti kemana market berjalan.

lalu caranya?
gimana?

bagaikan air mengalir

Caranya :
1. Kenali, pahami dan benar-benar kuasai TREND
2. Ukur kemampuan margin dengan tingkat resiko yang akan anda ambil
3. Gunakan perhitungan sedetail mungkin risk dan reward ketika anda siap melakukan Open Posisi.
4. Defisinisikan sejelas jelasnya alasan kenapa anda berani OP..
5 .Sabar..

agar tidak terjebak pada liarnya market
kalau hal2 itu diatas..
dicermati...
dan kita evaluasi.. lgi.  moga2 kita tidak lgi MC ...
aamiin...

Saya Ninjaa Trader

Thursday, 9 June 2011

KULIAH 9

KULIAH 9
Catatan kuliah saya di grup FB
(belum sempat  edit.. lgi capek)

CARA MENIKMATI FLOATING YANG ENJOY...

Assalamualaikum wrwb.... sy green heart ... malam ini sedikit sy akan bicara yg  enteng2 aja, krna memang keahlian sy  yg enteng2 aja beberapa hari yg  lalu sy bincang2..sm mas priya dr wonosari jogja... ngobrol ngalor ngidul... smpe kemudian,saya mendapatkan pelajaran yg berharga...,dr obrolan kami ini... dan akan sy share sm temen2 semua...saat itu... kami bercerita tentang kegagaglan2.. yg berakhir sukses... smpe pada suatu kesimpulan... bahwa...Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat....dan ujungnya adalah kesuksesan...sampe akhirnya... pembicaraan kami seputar ... kontrol diri terhadap trading kita...dan ternyata... Trading sangatlah berbeda dengan segala hal lain yang kita lakukan dalam  hidup. Di dalam kehidupan sehari-hari, anda bisa memiliki kontrol ....   Contohnya,>> apabila anda ingin mendengarkan musik, anda harus menyalakan radio. Apabila anda menekan tombol power, musik akan terdengar dari radio. Apabila anda tidak menekannya, radio tersebut tidak akan menyala. Contoh yang lain adalah ketika anda menyalakan mobil anda ... bagi yg punya khakhakha Apabila anda memasukkan kunci dan memutarnya, mobil akan menyala karena anda melakukan sesuatu yang menyebabkan terjadinya perubahan. Apabila anda tidak memasukkan kunci, mobil tidak akan menyala. kecuali maling khakhakahkah gak perlu kunci kayaknya  yah... tp sy gak akan cerita maling.. atau kondisi  busi mati...tetapi .. dalam kondisi normal... khakahkaha sma..kalau kita habis WD...ambil duit di ATM... kita gak bisa.... tuh.. lobang di tiup2.. terus keluar duitnya... tp perlu memasukkan kartu ATM nya kan? Ini adalah hal-hal yang bisa kita lakukan secara sadar. Tetapi disini perbedaannya: Di dalam trading, anda tidak bisa mengontrol secara tepat apa yang akan dilakukan pasar. Tidak peduli betapa besar keinginan anda agar pasar bergerak ke arah tertentu, tidak ada yang bisa anda lakukan untuk membuat pasar bergerak ke arah  tersebut... yaaa... Tidak ada pekerjaan yang anda lakukan yang bisa membuat pasar bergerak sesuai keinginan anda... anda mau pencet2  tombol enter pake japu2 (jampi2...) aja tetep aja gak mau bergerak sesuai keinginan kamu.. khakahkahakha kita gak bisa.... mengatur  pergerakan harga...dengan kita tegang sekalipun..maki2 broker sekalipun...mau banting laptopmu sekalipun.... khakahakhakha mau banting laptopmu sekalipun.... khakahakhakha itu ilustrasi aja..jadi bagmnapun.. kontrol kita terhadap  pergerakan harga .. itu  lebih sulit..dibandingkan.. kita mau menghidupkan radio kayak contoh diatas.. ini lebih ada kontrol...itulah perbedaan  forex... Saya telah bertemu banyak trader dan sayangnya, kebanyakan dari mereka mengalami kegagalan dalam trading. Kebanyakan dari mereka tidak pernah belajar tentang kecakapan-kecakapan yang harus dimiliki untuk menjadi sukses. Kebanyakan dari mereka memfokuskan diri untuk menemukan metode teknis atau sistem yang sempurna... dan hanya sedikit yang menyadari bahwa hal tersebut hanyalah sebuah elemen kecil dari keseluruhan sistem yang sesungguhnya... sampe2..kami..(sy dn mas priya) itu .. sempat debat ... seputar: ..Seseorang yang memiliki disiplin diri yang baik dan metode trading yang buruk akan mengalahkan seseorang yang memiliki disiplin diri yang buruk dan metode trading yang terbaik saat itu ... khakahkhakahkaha tp ya gak ada ujungnya juga.... tetapi  sy hanya mau menekankan perlunya kontrol diri terhadap trading kita.. Kemampuan untuk bertindak sesuai dengan kepentingan utama jauh lebih penting daripada menemukan teknik trading yang sempurna. Seperti yang sering saya katakan, Seseorang yang memiliki disiplin diri yang baik dan metode trading yang buruk akan mengalahkan seseorang yang memiliki disiplin diri yang buruk dan metode trading yang terbaik saat itu.. jadi beginni... maksud sy.. dengan pernyataan2 sy diatas... .. Tapi itulah kenyataan dari perdagangan yang sukses. Sekali lagi, anda tidak bisa mengontrol apa yang akan dilakukan pasar, jadi anda musti bisa mengontrol apa yang akan anda lakukan.... kontrol diri anda atau kita membuat take action tertentu... yg membuat kit alebih nyaman trading...santai... dan menikmati trade kita... allllllloooooooooooooooooooooo............ koq pd bubar...   sy kasih contoh.... oke.. dalam membuat rasa  nyaman dalam trading.. ada banyak cara kalau  mr green park... jingkrak2 sambil menikmati music.. R & B... yg lain mungkin beda2...tp sy ada contoh yg asyik nih... sy mau cerita diri saya sendiri aja.. tadi siang...ketiika sy trading.. dan anak saya menonton youtube...MR bean yah... saya lagi floating... tetapi kemudian.. saat  anak sy di dekat sy menonton film mr bean.... fokus saya ke arah ssana... nah... bayangkan anda melakukan hal yg sama.. coba.. Saya sangat yakin akan sangat sulit untuk membayangkan Mister Bean berada di depan Anda... Sulit sekali bukan, membayangkan di depan Anda terjatuh dari langit seorang yang sangat cerdik, lihat, pintar, pandai namun sangat lucu, yakni Mister Bean yang matanya besar, hidungnya sangat mancung, tersenyum sangat lebar dan idenya sangat cerdas tp nakal dn sedikit kurang ajar.. kahkahakha Sedemikian sulitnya, sehingga Anda sekarang malah tersenyum-senyum melihat Mister Bean di depan Anda dan siap Anda sedot.. dan bayangan anda sekarang pun pd mr bean... hayooooo. ingat yg pernah di tontonnya.... hehehhe coba aja.. sekarang bayangkan mr bean di depan anda.. siap di hisap masuk ke dalam diri Anda dalam hitungan satu tarikan nafas. Satu… Dua… Tiga… Sedot si Mister Bean bersamaan Anda menarik nafas dan “Boom” Andapun menjadi Mister Bean yang tersenyum lebar,... wkwkkwkwkwkwwa ampuuun suhuuuuuuuuuuuuuu...!!! tapi  perhatikan.. Panduan Mister Bean-pun dimulai…... kalau misalnya... anda bertemu dengan orang yg menyebalkan sedunia... atau lgi benci seseorang karena di putus.. kayak tukang usil tadi.. kahkahakhakha Bayangkan “orng  Nyebelin” atau orang lain yang tidak Anda sukai, atau seseorang yang ingin Anda “lupakan” berdiri setengah jongkok di depan Anda. Agar dia bisa berdiri stabil, rubah bentuk kakinya seperti kaki bebek yang lebaaar ha ha ha… Bisa nggak? Kalo bisa, buat makin lebar dan makin lebar, biar berdirinya stabil. Harus bisa yooo, wong kita sedang main dengan pikiran kita sendiri, kok! .. buat dia lucu... kahkahakhakahaa Nah, kita mulai dari atas. Mari kita menjadi tukang cukur rambut. Kira-kira rambutnya mau diapain? Dibuat gondrong, dibuat botak, dibuat pitak ha ha ha… atau disisakan sepotong rambut berbentuk pulau Kalimantan ha ha ha?.. Matanya dibuat bulat jengkol, kali ya? Atau sipit hanya garis-garis hi hi hi… Atau, dibuat hitam semua ya tapi sereeem. Ehm, putih semua, gimana? Silakan diatur. Hidungnya mau dimancungkan atau dibuat rata ha ha ha… Lalu, bulu hidungnya dibuat sangat panjang panjang kayak kumis dan jenggot he he… Di-bonding, keren kali ya? .... itu alam pikiran kita aja.. nah.. kalau lgi ... floating apa yg kita bayangin? sebenarnya dr contoh dr atas... bagaimana mengubah lingkungan perasaan dn pikiran.. kita bisa mengubah dr perasaan dnpikiran dr sendiri .. orng yg kita benci...merubah dia berubah sulit..tentu yg diubah ya kontrol perasaan dn pikiran sendiri..seperti tadi...buat dia kayak mr bean saja... sama...kejadiannya..kita gak bisa mengontrol pasar..yg mengakibatkan kita floating...ya mulailah kontrol terhadap siri sendiri....emosi kita... perasaan dn pikiran kita.. dengan sesuatu yg membuat kita tertawa..tersenyum..nyaman... ya misal kita hibur diri kita..sambil chat sm temen...saling memberi komentar yg lucu..buat diri kita asyik... kalau susah tertawa juga...ajak mas ranggalawe... ngobrol.. tanya aja..minyak oles yg paling manjur di dunia... dan mulailah obrolan... dengan mereka2 yg bikin hati kita riang.. bukan dengan orang yg membuat kita tegang.. mmbuat kita depresi... saling dendam... saling ancam...saling kick meng-kick.. lha.... ini keliru ... makanya ya mereka yg  tidak membuat  kenyamanan disini... harus  pergi sendiri... sebelum di depak sm admin rangga lawe... kahakhakhakhaa   karena sikap2 itu menambah kesusahan... orang lagi susah... khakahkahakha.......... lagi floating..di room.. pada perang... uhf...!!!  dosa..., karena bisa menambah kerugian orang 2 yg lagi floating.. krna sulit berfikir jernih   hehehhee... selama floating.. nikmati dengan sesuatu yg menyenangkan... kalau memang gak ada makanan enak.. ya ciptakan dlm pikiran.. aja, aku punya ide ini.. itu dr sikap mas rangga...lawe.... Silakan terus bermain-main dengan pikiran Anda, sebebas mungkin, seliar mungkin, segila mungkin, selucu mungkin…. Yang perlu diingat adalah ini hanya untuk bermain dengan pikiran Anda sepikiran Anda, bukan untuk menceritakannya ke orang lain. Kunci yang terpenting setelah bermain dengan pikiran Anda, adalah memetik…hikmah.   Miftahul Huda bermain dengan pikiran Anda, adalah memetik…hikmah." ai laik dis om green   Green Heart ya .. sy mengamati.. beberapa kali.. mas ranggalawe..betapa dahsyatnya beliau dlm profit dan bgmna sikap dia beliau di KFC ... enjoy.....sangat enjoy..... ai laik yur stail Ranga lawe................!!!   sy tahu.. betapa kuat dia bermain main dengan pikirannya...saat dia melucu.. sy yakin .. dia pun floating... kalau TP ... dia akan lebih ngakak lagi dn membuat kita semakin ngakak.. khakahkahakhakhaaa tetapi ada yg dilewatkan selama ini.. justru dr sinilah.. sebagian rahasianya kita kuak malam ini... yakni psikologis yg matang... mental yg bagus.... di dukung bermain pikiran... nah...   sekarang bicara hikmah...   ya... Rasakan perasaan Anda sekarang. Apakah makin nyaman, apakah lebih nyaman, apakah lebih enak? Semoga demikian Lalu, yang terpenting adalah pada saat emosi dalam diri kita sudah netral lagi, kita secepatnya memetik butir-butir hikmah dari kejadian itu kalau dlm kehidupan... kita memiliki masalah dng orang lain.. seperti contoh diatas.. Heninglah sejenak, putarlah kembali pengalaman bersama orang tersebut. Amati, amati dan amati... petik hikmahnya.. kalau kita sekarang sedang berhadapan dngn chart... dn floating.. atau posisi locking.. dsb... amati amati amati dn amati.... dengan perasaan berbunga... atau gembira... krna perasaan kita barusan nyaman.. dn bahagia... tentu akan ikut mendorong berfikir jernih.. untuk mengambil keputusan.. dibanding.. kita stress dalam menghadapi masalah2 trading kita itu.. Kadang pundak kita menjadi lebih kuat saat ada tekanan. Kadang, hambatan membuat diri ini menjadi lebih kreatif. Kadang, suara kasar melatih hati menjadi lebih sabar. Kadang, makian membangunkan diri yang tertidur. Kadang, didiamkan membuat kita sadar ada kekeliruan dalam diri… Tinggalkan masalahnya, hanya petiklah hikmahnya. ...   sekali lagi.. sy ingat... beberapa waktu lalu.. mas Ranggalawe.. itu bukanlah orang lucu... beliau ...sama sekali gak lucu.. beliau seperti seorang guru... mengajari aku.. menyetir mobil yg baik.. mendengarkan dengan baik... ketika sy memberi saran... tetapi saat itu sayangnya masih loss dan loss... ... maaf mas ranggalawe... khakhakahkaha orang serius lebih sering loss kayaknya... khakhakahkaha coba aja...   perhatikan... seorang tman...disini... namanya komandan forex .. ampuuun suhu... beliau ngakak mulu .... sy gak pernah tahu hasilnya .. tp sy yakin.. senyum dn ketawanya beraroma profit..   Rangga Lawe Laporkan · 21:49 hoooooooooiiiiiiii  (numpang lewat aja)   nah.. persoalannya... Nah, persoalannya sekarang. Bagaimana jika Bos Anda juga baca tulisan ini. Dia pasti tahu perubahan wajah Anda, yang sebelumnya tertekuk sebel, lihat floating..., kok sekarang tiba-tiba jadi senyum-senyum sendiri.. khakahkahkahaka boss anda bisa aja itu rangga lawe....   Warno Abi Husna dikantor bisa dikira orang gila wekekkk   Green Heart khakahkahakha di rasani ... malah ikut senyum2.... tp sing ngrasani kan muridnya... jadi enjoy aja... TOS dulu Mas Rangga.... ayoo TOS>....!!!   Adalah hak orng lain yg tidak kita suka... untuk marah-marah   Adalah hak Bos Anda untuk nyebelin…   Namun,   Adalah hak Anda juga untuk bekerja dengan baik.   Adalah hak Anda juga untuk memberikan yang terbaik.   Adalah hak Anda juga untuk memaafkannya.   Adalah hak Anda juga untuk tetap mencintainya. .. nah.... hak forex untuk naik.. hak forex untuk turun.. lha memang pekerjaannya naik turun.... hak forex untuk libur sabtu minggu... hak forex untuk menggerakkan harga semaunya.... tetapi juga.... hak anda... untuk mengontrol diri... hak anda untuk sabar... hak anda untuk bersikap nyaman... hak anda untuk enjoy.. hak anda untuk tetap tersenyum.. hak anda untuk tetap melawak... hak anda untuk membuat status2 lucu buat teman2 yg lgi bermasalah .... krna floating, MC dn dsb hak anda untuk mengubah perasaan anda.. hak anda untuk berfikir jernih... hak anda untuk disiplin... hak anda untuk profit.. hak anda untuk WD... hak anda untuk belajar.. hak anda untuk membuka broker FXclearing...   Warno Abi Husna   jd inget mas doji... ;);)   Green Heart hak saya untuk menyudahi kuliah ini sebelum dikerubut sm murid2 iseng.....   Warno Abi Husna Laporkan · 21:59 wekekek iklane metu Green Heart Laporkan · 21:59 saya Green Heart..... wassalamualaikum...

Tuesday, 7 June 2011

KULIAH 8

KULIAH 8
GELAS KOSONG DAN GELAS ISI

oke...
assalamualaikum kawan2...

saya green heart ..

saya seorang pembelajar dan kawan2 saya juga menyukai belajar..
kawan2  yg sombong... lebih baik tidak berkawan dengan mereka..
takut nular.... hehehhe
nah..
saya jadi ada ide untuk kuliah malam ini...
tentang belajar...
tentang murid..
tentang hal yg berhubungan dengan menambah keilmuan..
setuju kawan2 ?

green heart
beberapa waktu lalu..
ada ungkapan seorang teman disini..
tentang istilah " gelas kosong dan gelas isi "
wuih..
ngomongnya dah kayak Ninjaa Trader ya...
hehehehe
waktu itu hanya terlintas dipikiranku....
"biasa saja"

Green Heart
tetapi ketika, sedang bincang2 soal belajar..
sy mencoba menyelam pernyataan saya tadi..

ilustrasi Gelas Penuh dan Gelas Kosong? Yokk… kita bermain2 sebentar..
kalau saat itu Ninjaa Trader
bahas "kosong adalah isi dan isi adalah kosong"..
sekarang tentang gelas isi dan gelas kosong aja...
kopinya mana.... gelasku koq belum diisi kopi??
lha koq belum ada cantrik yg kirim kopi ya???

Syaparul Bahri
kopi luwak ya cekgu...

Yudhia Nurpirasti
es tehhhh

Green Heart
dr sumatra....???
kopinya bellum dikirim ya?
khakhakhakha

Syaparul Bahri
tenang aja cek gu.....
suatu saat nanti saya bawa oleh-oleh
khas dari sumatera buat cek gu..tunggu saya dikroya cek gu....hehe

Green Heart
nah...
Bisakah kita mengisi air ke sebuah gelas yang sudah penuh?...

Gak bisa, kalaupun bisa, tentunya akan meluap keluar.
Supaya kita bisa mengisinya,
kita haruslah mengosongkan atau menumpahkan sebagian isinya.....

and then?
Nah, apa hikmah dari ilustrasi ini? ...
ada yg tahu?

Edward Gunadi
aku tahu

spy ilmu nambah ya harus mengajarkn pada yg lain
dg mengajar sebenarnya kita belajar


Green Heart
woke woke... tq.. khakhakhaa

1. Pertama

kalau kita ingin maju dalam belajar,
kita haruslah mengosongkan alias merendahkan ego kita,...
mau belajar dan mau diajari...
Kita akan sulit menerima pembelajaran dari orang lain bila ego kita masih ada..
apalagi bila tujuannya untuk ngetest saja..
uhf..
ada jg yg kayak gitu kan?
asline yo ngece... weeeew
ketawanya ngenyek...

Trader Dollar
setuju

Edward Gunadi
hukum memberi dan menerima

Rangga Lawe
aku,kayak gitu pa gak ya??

Green Heart
meski mannis dimulut... tp hatinya yo busuk...
jaman saiki ora sah tes2an nek ingin ngajari tenanan...
kasih atau tidak..
ikhlas atau tdak..
Mungkin di bidang kita, kita merupakan pakarnya, namun di bidang lain..?

supaya kita berhasil sukses, kita harus turun dulu..
Gak mungkin toch melompat dari puncak gunung yang satu ke puncak gunung yang lain...

bahasanya tukang udud ini begini...
kalau mau pindah udud... udud pertama kita matikan dulu... baru kita ambil udud yg baru ...
kalau udud merk lain sama2 diudud gak enak laah..

saya gak rela.. kalau ada temen yg ingin bisa...
tetapi semua pada cuek..
pdhal ada kesanggupan untuk mengajarinya..
itulah yg saya katakan tadi satu bidaang menguasai..
belum tentu di bidang lain..



2.sekarang yg kedua.

dr hikmah ilustrasi tentang gelas isi dan gelas kosong..
Kedua, ilustrasi gelas penuh gelas kosong tadi bisa juga diartikan,
kita seringlah memberi ..
lha ini kaya k contoh mas rangga tadi..
memberi ilmu padaku cara merawat mobil hehehe

gelas dah ta kosongin...
yg ngajar gelas penuh..
ya gelasku diisi thow....
paham saudara2?


Green Heart

memberi itu tergolong sodakoh ya mas.. dan mbak..
ketika seseorang bersedekah ikhlas...,
ibaratnya,
ia sedang mengosongkan atau menumpahkan sebagian gelas rezekinya,
tentunya Tuhan akan bisa mengisikan lagi gelas rezekinya...

tentunya Tuhan akan bisa mengisikan lagi gelas rezekinya.
Bagaimana mungkin Tuhan bisa menambahkan lagi rezeki
bila kita tidak pernah membagikan juga rezeki kita......
kalau mau gelas rezeki kita isi..
ya harus dikosongkan dulu...
nah isinya buat yg lain..
mantap gak nih..

Rangga Lawe
merenung

Green Heart

3.sekarang yg ketiga..

ilustrasi ini bisa juga menggambarkan ketika kita kehilangan,
 itu bisa jadi Tuhan sedang mengosongkan gelas rezeki kita
(mungkin karena kita lupa untuk berbagi)...
jadi gelasnya bocor dah...

Rangga Lawe
nangis aku,,, gelasku kok kosong trs iki piye,,

Green Heart
hehehe
Namun, gak usah bersedih mas rangga...,
percayalah, suatu Hari Tuhan akan mengisikannya lagi kembali
bahkan dengan yang jauh lebih baik lagi.
mantaaapz.. aamiin

Rangga Lawe
amiiiiiiiiinnnnnnnnnnn

Joyo Lemper
aminn...


4. Keempat,
bagi yang sudah membaca / mendengar kuliah malam ini...
dan merasakan manfaatnya, supaya lebih bermanfaat lagi,
bagikan atau beritahukan artikel ini ke teman2, sahabat, rekan-rekan..

nah...
dari hikmah ilustrasi di awal sy kemukakan itu...
setidaknya...
akan memotivasi kitau ntuk selalu belajar dan mengajar..
bagi yg belum tahu ya belajar..
bagi yg sudah tahu ya mengajarkan..
jadi kita sama2 sama belajar...

woke..
ini status saya hari jumat lalu...
dimana sebagai sample .. saya mengosongkan gelas atau mengisi gelas...

"Saya seorang nubi dlm dunia trading,
sy berbagi sm temen2 itu karena sy merasa ada yg perlu dibagi (meskipun sedikit),
tidak ada kecenderungan macam2.. Tidak ingin apa2...Saya buang jauh2 ego saya,
 karena yang saya tahu, Yang membuat keterikatan dengan duniawi adalah ‘mind’
yang telah membentuk ego manusia.
 Ego yang merasa benar sendiri berdasar pemahaman diri sendiri.
Ego itulah yang membuat kita tidak selaras dengan alam.
Alam seperti matahari, udara, air, angin, api dan tanah bersifat melayani
dan tidak pernah membeda-bedakan, semua dilayani dengan penuh kasih,
tidak ada sebersit ego pada tindakan mereka... Saya lemah adanya,
tetapi saya bagian dari alam semesta...
 maka saya berusaha melayani selama saya sanggup dn mampu.
 Alam tidak membutuhkan pujian karena tugas mereka hanya bertugas Berbagi dan melayani
 sebagai ketaatan terhadap Tuhan mereka!"
woke..

kemarin kan gak ada yg mendokumenkan ...status ini..
pdhl menurutku...
status ini bisa buat pegangan para pembelajar...

saya waktu itu melanjutkan...

"Alangkah Indahnya..
jika semua teman yg ada disini ikut ambil bagian "berbagi dn melayani"
maka sudah tidak perlu ada "master" atau ada "murid",
yang ada adalah belajar bersama dan sama-sama belajar.
Semua orang terbatas... semua orang lemah...
kita banyak memliliki kelemahan (diakui atau tidak),
kita akan kuat kalau berkumpul semua kelemahan kita menjadi satu kekuatan...
seperti dua orang takut kegelapan,
kalau mereka berkumpul dan menembus malam, maka yg ada adalah keberanian"
lagi...

"Alangkah indahnya, ...
jika masing2 dr kita memiliki keberanian
menyampaikan sesuatu yg bermanfaat bagi trader lain,
meski sedikit, tetapi yg mengetahui banyak orang...
nilainya berbeda, bukan pada sedikitnya ilmu,
tetapi lihatlah betapa banyak manfaatnya..."

lagi....
"Alangkah indahnya;
 mereka yg belum mengerti di jawab dengan baik oleh mereka yang mengerti...
 Mereka yg baru mengerti menyebarkan lagi kepada mereka yang lain yg belum mengerti...
 Yang sudah mengerti, tentu masih banyak juga
yg belum mengerti "pengetahuan" lain
 yg di miliki oleh yang belum mengerti pd suatu pokok permasalahan... bertanyalah..
dan kosongkan gelas Anda, agar bisa menyimpan air segar dan baru, yg bermanfaat bagi Anda."

Yudhia Nurpirasti
pahammm

Green Heart
malam ini saya telah melanjutkan dan akan sy lanjutkan...
taapi sy mo menutup garasi dulu....
udah malem... monggo ngakak dulu...! sebentar aja ya..

nah...
sekarang sy akan bicara motivasi dulu...
motivasi belajar kita... krna tentu ini ada huubungannya
dengan pembahasan sy diatas..
Motivasi belajar setiap orang,
satu dengan yang lainnya, bisa jadi tidak sama.
Biasanya, hal itu bergantung dari apa yang diinginkan orang yang bersangkutan..
Misalnya, seorang anak mau belajar
 dan mengejar rangking pertama karena diiming-imingi
akan dibelikan sepeda oleh orangtuanya. ...
atau seorang trader akan semangat tradingnya dn belajar..
karena di janjikan seorang calon investor besar...
"kalau sukses trading, dia akan investasi 100 juta,..." misalnya
atau...
dia rajin belajar... trading..
krna ingin sgra sukses...
krna dia harus persiapkan acara pernikahannya...
atau....

belajr trading krna dah capek dengan kegiatan kerja real..
 sehai hari yg membosankan..
nah..
itu semua yg menyebabkan motivasi belajar kita berbeda beda..
wah.. kelihatannya baik2 semua ya..

eh, apa ada yg jelek..
ya ada..
motivasi letaknya di pikiran dn dihati..
siapa tahu...

dia belajar trading.. krna calon pacarnya seorang trader...

ini belum tergolong jelek yah hehehe
mungkin..
contoh lain yg jelek..
belajar trading untuk mencari kelemahan2 seseorang....
jadi belajarnya itu hanya tipu2 belaka..

Green Heart
ada pertanyaan..?
mesti podo mundur..
wedi di takoni..
khakhakhakhakaha
begini...
sy telah berikan contoh.
macem2 motivasi ya anak2... kahkahakhakahkaha
krna sy pernah jdi guru... jd pinter kalau bikin soal...
nih pertanyaannya..

faktor-faktor apakah yang membedakan
motivasi belajar seseorang dengan yang lainnya?...
hayoooo jawab..
yg duduk di depan..
hayoooo...

Yudhia Nurpirasti
banyak faktor

Wawan Zink
semangat...

Ibhe Oneeightthree
psikologi

Wawan Zink
nafsuu

Papa Queen
keinginan...

Green Heart
woke...
yg ngumpet di deket jendela tuh siapa..?
hayooo ikut jawab...

You
saya ce gu
lg mncatat

Rangga Lawe
akuuuuuuuuuuuu
maaaaaf
lg ngudud

Green Heart
jawab...
wkwkwkwkwkkwkww
udud dulu.. woke..

Rangga Lawe
apa pertanyaannya

Green Heart
yg lain..
yg gak udud..
faktor-faktor yang membedakan motivasi belajar seseorang dengan yang lainnya?

Wawan Zink
udud ku entek..

Muhammad Adib
faktor kebutuhsn

Ibhe Oneeightthree
wah yg ngudud harus di strap heheheh

1. pertama...
Perbedaan fisiologis ...
opo ikie..
yg pernahkuliah ngerti nih...
hihihihi
mas adib ngerti yah?

Rangga Lawe
aku gak ngerti

Green Heart
faktor kebutuhan jasmani... aja biar gak susah2..
kebutuhan..
hemmmm...

Muhammad Adib
alhamdulillah....direspon ahihihi ^_^^_^

Green Heart

seperti rasa lapar, haus, dan hasrat seksual... masuk gak nih....


itu bisa gak....

Muhammad Adib
banget,menurut saya

Razak Zulfikar Jack
nafsu .........
nafsu belajar.....wkkwkwkw



Green Heart
oke..
termasuk itu mas razaq..
kedua..
apalagi..
Perbedaan harga diri ...
macem2 nih..

Contohnya prestise memiliki mobil atau rumah mewah, jabatan, dan lain-lain..

Muhammad Adib
sosiologi

Green Heart
bisa sekallian dijelaskan mas adib?

Muhammad Adib
kencur masih kuat om GH,,jd bingung mw jelasin

Ibhe Oneeightthree
status moral

Green Heart
Betul.. mas ibhe....
tuh kan..

Ibhe Oneeightthree
wahhhh nilai 100

Green Heart
ternyata pinter2 juga yah..
khakahkahakha
ini namanya ikut mengisi gelas kosong saya..
hehehhee
woke..

Ibhe Oneeightthree
alhamdulillah

Green Heart
selanjutnya adalah..
2. Perbedaan aktualisasi diri..

maksudnya begini...
sy mantan tukang ngarit mas.. hehhe
aktualisasi diri...
itu tersedianya kesempatan bagi seseorang
untuk mengembangkan potensi yang terdapat dalam dirinya
sehingga berubah menjadi kemampuan nyata.
haus belajar krna ada ygingin di capai dan digapai..
paham gak nih...

Yudhia Nurpirasti
paham

Green Heart
jadi ada cita2 di hati yg kuat..
makanya perlu belajar..

Razak Zulfikar Jack
mencoba memahami

Muhammad Adib
berlaku hukum kaizen ya om GH berarti

Green Heart
apa itu mas adib..
sy gak ngerti teori2 yg tinggi2.. soalnya...

Razak Zulfikar Jack
gak ngerti??merek motor bukan??wkkwkwkkw

Green Heart
jelaskan mas...adib..
intinya apa tuh..teori itu..

Muhammad Adib
kaizen itilah dari jepang,,
yaitu suatu usaha tuk belajar dan belajar,,
tuk mnyempurnakan suatu tujuan...kurang lebih gtu...
he he he

Ibhe Oneeightthree

hukum perubahan

Hidup anda tidak mungkin berubah
jika anda tidak mengubah kebiasaan anda.

Tuhan tidak akan mengubah nasib kita
sebelum kita mau mengubah diri kita sendiri.

Omong kosong jika ingin kaya
tapi kamu malas bekerja.

Dan tidak mungkin sukses
jika kamu tidak melakukan apa-apa.
(mengkhayal saja tanpa bertindak)
kalau gag salah hukum perubahan

Green Heart
mantaapz..
lengkap ...! mas ibhe
sy ada pertanyaan lgi..
yg ini agak sulit...
siap menjawab...?


Muhammad Adib
siap ga siap lhat pertanyaan eh
wkwkwkkw

Green Heart
good..
menurut anda..
yang membuat seseorang dapat termotivasi untuk belajar itu apa..?

Yudhia Nurpirasti
diri sendiriiiiiiii

Green Heart
bayangkan anda sekarang ini..
oke..
faktor intern..
kata mbak yudhia..

You
orng yang kita sayang

Green Heart
diri sendiri
oke..

Razak Zulfikar Jack
impian

Muhammad Adib
visi dan misi tiap diri tentunya

Niko Cecil
kadang juga sikon jg cikgu

Green Heart
orng yg kita sayang... hemm.. oke masuk... impian.. oke...
sikon gimana..
perlu diperjelas..

Muhammad Adib

baik tu visi yg berdampak pibadi atoke banya orng..

Green Heart
ada jawban yg lain...?

Ibhe Oneeightthree
keingin tahuan

Green Heart
hihihihi koq aku kayak dosen beneran yah...
 lucu.... khakahkahakhakha

Muhammad Adib
ada...jawabn om GH yg belom...n tu jdi salah satu jawaban

Green Heart
oke ..
sebenarnya..
sy ini gak tahu..

Priya Aja
motivasinya ketika kita kalah ..jatuh ..

Green Heart
makanya sy tanya kalian..
khakhakahkaha
nah..
dr jawaban kalian..sy jadi tahu jawabannya..

Razak Zulfikar Jack
walaah....kena jebakan.........wkwkkwkkw

Rangga Lawe
melu ae lah ,,opo jare guruku razak

Green Heart
kalau begitu....
khakahkahkaha

Muhammad Adib
nah trus yg memotiasi om GH belajar slama nie apa

Green Heart
bentar ta scrool dr atas..
biar aku bisa simpulkan..
khakahkaha

Green Heart
jawaban yg sy dapatkan dr anda.. itu terbagi dua..

Niko Cecil
kalo kita dah termotivasi bgt untuk bs apa ada warnet
disewakan buat trdng itu diantaranya
wkwkwkwkw


Green Heart
 1. Pertama,
motivasi belajar berasal dari faktor internal.
Motivasi ini terbentuk karena kesadaran diri atas pemahaman
betapa pentingnya belajar untuk mengembangkan dirinya dan bekal untuk
 menjalani kehidupan.


sperti visi dan misi...

2.kedua...

faktor eksternal, yaitu dapat berupa rangsangan dari orang lain,
atau lingkungan sekitarnya yang dapat
memengaruhi psikologis orang yang bersangkutan...

oh ya..
sy bertanya..
tadi siapa yg menjawab...
"keingintahuan"
ngacung..

Ibhe Oneeightthree
saya mas

Green Heart
oke mas ibhe..
sy akan garisbawahi jawaban anda..

motiivasi belajar tidak akan terbentuk
apabila orang tersebut tidak mempunyai keinginan,
cita-cita, atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya.
saya yakin itu..
jadi jawaban mas ibhe.. sngat logis sekali..
Oleh karena itu, dibutuhkan pengkondisian tertentu,
agar diri kita atau siapa pun juga yang menginginkan
semangat untuk belajar
dapat termotivasi....
Sekarang saya punya pertanyaan yg terakhir..

kalau menurut anda..
tips2 ...agar kita dapat termotivasi belajar forex bagaimana...
pdhl mungkin.. selama ini loss mulu atau berkali kali MC..
hayooo siapa yg bisa jawb...!
ngacung..

Muhammad Adib
gue bgt tu,,,

Green Heart
satu2 jangan tubrukan.

Green Heart
ayoo semua berpendapat..
 biar gelas anda menjadi kosong atau yg kosong menjadi terisi..
ayo.... yuuuk...!!!

Razak Zulfikar Jack
keberhasilan semakin dekat...

Green Heart
maksudnya...

Razak Zulfikar Jack
kalau gagal atau putus asa sekarang,
 artinya udah buang keberhasilan di depan mata.....wkkwwkkk

Yudhia Nurpirasti
kok yang lain bisa sukses tp diri sendri masih gagal mlulu...
tambah semangat untuk bisa

Niko Cecil
evaluasi diri mngapa bs loss dan loss trs?
belajar dr kesalahan yg hrs dirobah

Green Heart
mantap mantaapz...
woke..
ini yg kuliah cuma lima orng yah khakhakahka
kuliah mantapz begini bnyk yg bolos... hihihihi

Niko Cecil
mas yoga ada tuh

Ibhe Oneeightthree
byk yg bolos td byk yg titip absen wkwkwkw

Green Heart
khakhakhakahkaha
baginilah tanda2..akhir jaman...

kalau menurut sy..
pertama, ..Bergaullah dengan orang-orang yang senang belajar
jangan sm yg suka mbolosan .. khakhakhakhaka
kalau mereka wangi, mudah2an kita ikut wangi..
Selain itu, coba cari orang atau komunitas
yang mempunyai kebiasaan baik dalam belajar ...
cari grup belajar forex di FB yg produktif..
benar2 ada pengajaran..

Muhammad Adib
harus ada bushido biar semnagt belajar prex ttp terjaga,,,
dan mulai rubah tujuaN porex jgn hanya plopit n uang2 mulu,,
klo hanya plopit bisa putus tngah jalan

Green Heart
ya setuju mas adib...
woke woke....!

Razak Zulfikar Jack
bushido apaan?????merk mobil yah???wkwkwkw

Traderwati
lah trus nasib yang kayak aku pie nihh...
semangat maju tinggi tapi ..kakiku dikekang

Green Heart
agar kita dapat termotivasi belajar forex, kedua, Bertanyalah tentang pengalaman di berbagai tempat kepada
orang-orang yang pernah atau sedang melanjutkan belajar..
ora popo mbak jalan terus..

Niko Cecil
dirayu yg alus sing ngekang mbak

Green Heart
kaki di kekang..
yg penting bisa didepan laptop..
dn bisa FB-an..

Muhammad Adib
ga harus pake raga tantae
kluarkan ruh anda tuk beljar setelah elese masuk lg ke jasad

Traderwati
tapi aku tetap INGIN...ingin memahat hidupku seperti yang aku mau
hehe iyaa
betull semua

Green Heart
waduh.... tinggi sekali nih filsafatnya..

Traderwati
aku amalkan the secret

Green Heart
mas adib..
jempol untuk anda..
angkat sy jadi muridmu..
heehehe
lanjuut..

Green Heart
waduh keberapa tadi ya?
...

Muhammad Adib
wah tante mencuri kesempitan dalm kesempatan nie


Green Heart
selanjutnya...ketiga ..Belajar dari internet
Kita bisa memanfaatkan internet untuk bergabung
dengan kumpulan orang-orang yang senang belajar.
Salah satu milis dapat menjadi ajang kita bertukar pendapat,
pikiran, dan memotivasi diri .....

ya melalui grup kita ini..
kita belajar bukan untuk perang...
bukan untuk unjuk gigi....
kahkahkahkaha

Yudhia Nurpirasti
tp untuk belajar..untuk ngakak
untuk curhat
hehe

Green Heart
macem2 dah..
asyik pokoknya..

jadi belajar di CTI ini.. akan menambah motifasi kita untuk belajar..
bukan macem2 yg lain hehehe

selanjutnya....Keempat,
Cari motivator.... >termasuk dari diri anda sendiri...
Kadangkala, seseorang butuh orang lain sebagai pemacu
atau mentor dalam menjalani hidup.
 Misalnya: teman, pacar, ataupun pasangan hidup.
Anda pun bisa melakukan hal serupa
 dengan mencari seseorang/komunitas
yang dapat membantu mengarahkan atau memotivasi Anda belajar


Green Heart
sy pernah dengar kata2 orng hebat..
sayang banget aku lupa..namanya... yg saya inget sih cuma william ....
sopo mbuh...
bellia bilang begini..."
“Resep sukses: Belajar ketika orang lain tidur,
 bekerja ketika orang lain bermalasan,
dan bermimpi ketika orang lain berharap. ...."
woke sekian... saya Green Heart!
wassalamualaikum ....