Monday 30 September 2013

Penghasilan sampingan dari Google Adsense

Pada artikel ini, saya akan membahas bagaimana memanfaatkan blog yang berisi cerita lucu untuk mendapatkan penghasilan hanya mengandalkan iklan PPC yaitu Google Adsense. seperti yang sudah dibahas pada artikel terdahulu, untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis online, sebenarnya ada banyak pilihan seperti toko online, main affiliate, forex dll. Bagi anda yang masih awam, PPC adalah singkatan dari Pay Per Click, sederhananya anda dibayar berdasarkan jumlah klik dari iklan yang tampil pada blog anda. Sejauh ini PPC yang bisa memberikan nilai per klik tertinggi, masih dipegang oleh Google Adsense. Saat ini Adsense sudah mensupport bahasa Indonesia.

Penghasilan sampingan dari Google Adsense

Beberapa faktor yang harus diperhatikan untuk menentukan berapa penghasilan blog kita dari iklan adalah:

CTR (Click Through Rate)

CTR ditentukan oleh persentase jumlah klik dari suatu slot iklan dibagi jumlah impresi (jumlah tayang) iklan tersebut dikali 100.
Katakanlah dari 1000 kali iklan ditayangkan, ada sebanyak 50 klik yang terjadi, maka CTRnya adalah:
(50/1000)x100= 5%.

CPC (Cost per Click)

Nilai CPC ini ditentukan oleh faktor seperti jenis keyword, berapa banyak pemasang iklan pada keyword tersebut, bagaimana trend pencarian keyword di Google dsb. Untuk mengetahui apakah sebuah keyword mempunyai nilai klik yang tinggi atau rendah bisa memanfaatkan Keyword Tools milik Google. Untuk keyword berbahasa Inggris, nilai CPC itu ada yang mencapat $120 sejauh yang saya pernah alami, untuk keyword lokal (bahasa Indonesia) biasanya CPCnya cukup rendah, pengalaman saya yang juga pernah memasang iklan di Google Adwords, saya pernah mendapatkan keyword dengan nilai per kliknya hanya Rp. 200,- rupiah.

Nah untuk mengetahui berapa penghasilan anda di bulan berikutnya, cukup dengan mengalikan jumlah klik dengan CPC, yang menjadi permasalahan adalah, Google Adsense biasanya menyembunyikan nilai CPC dari iklan yang tayang di blog anda, oleh sebab itu, awalnya Google Adsense akan merilis yang namanya estimate earning, jika nilai estimate earning anda adalah $100, bukan berarti anda akan mendapatkan $100 di bulan berikutnya, biasanya nilai yang pemilik blog dapatkan akan sedikit dibawah itu, karena beberapa klik pada iklan yang terjadi, bisa saja klik yang dilakukan oleh BOT Google untuk mengecek secara acak apakah pemilik blog bermain curang dengan menggunakan script/clickjacking.

Untuk mendapatkan penghasilan yang memadai melalui Google Adsense, berikut tips dari saya:
  • Yang pertama kali harus diusahakan adalah mendatangkan sebanyak mungkin pengunjung ke blog anda.
  • Pilihlah topik yang menarik, bagi saya, sesuatu yang menarik adalah jika topik itu bisa dibaca kapan saja dan tidak mudah 'basi', contohnya seperti kisah/cerita lucu, pengalaman hidup, design rumah/interior, mobil atau pun menawarkan sesuatu yang gratis seperti wallpaper.
  • Anda harus mampu menyediakan content yang baik dan berguna bagi pengunjung blog anda, faktor ini akan membuat blog anda menjadi favorit pengunjung di kemudian hari. - Update blog anda secara berkala, memang bisnis ini adalah sampingan, akan tetapi anda juga harus disiplin meluangkan waktu untuk menulis, meskipun itu hanya sejam dalam sehari. Yang penting bisa konsisten, jika anda hanya mau menulis seminggu 3 kali, disiplinlah dengan komitmen anda.
  • Rajin berinteraksi dengan pengunjung blog anda. Jika memungkinkan, perbanyak blog walking dengan sesama blogger lain.
  • Perhatikan posisi slot iklan yang akan anda tampilkan, pengalaman saya, slot iklan yang paling tinggi CTRnya adalah iklan ukuran 728x90 di header dan 300x250 di sidebar kanan atas. Usahakan penempatan iklan adalah "above the fold". Yang dimaksud dengan "above the fold", jika anda mengunjungi sebuah blog/website, setelah page loading dengan sempurna, apa yang tampak pada layar monitor anda, itulah yang dinamakan "above the fold" sebelum anda scroll ke bawah menggunakan mouse.
  • Perhatikan statistik iklan anda secara rutin untuk memantau performance (penghasilan) anda kelak.
  • Koneksikan blog anda dengan Google Webmaster Tools, tujuannya adalah untuk memantau bounce rate, makin tinggi angka bounce rate berarti makin banyak pengunjung yang meninggalkan blog anda sesaat setelah loading page. Ini mengingikasikan ada sesuatu yang tidak menarik pengunjung untuk lebih berlama-lama di blog anda, segera evaluasi isi blog secara seksama.
Semoga bermanfaat, bagi Anda yang belum mengenal secara detail apa itu Google Adsense, silahkan baca di: Google AdSense – Bisnis Online PPC Terbaik

0 komentar:

Silakan Gunakan Kolom berikut Untuk Bertanya Lebih lanjut"! Salam KELUARGA BESAR O-KAO!