Thursday 4 October 2012

Mengenal HTML 5

HTML (HyperText Markup Languange) merupakan bahasa pemograman terstruktur yang dikembangkan untuk berbagi informasi melalui internet. Dikembangkan oleh W3C (world wide web consortium) semenjak awal teknologi internet, HTML terus dikembangkan agar dapat menampilkan lebih banyak konten selain teks dan gambar, seperti menu interaktif, suara, video dan lain sebagainya.

Mengenal HTML 5 - Tokotua Forex

Pada tahun 2004, beberapa anggota W3C mendirikan sebuah kelompok baru bernama WHATWG (Web Hipertext Application Tecnology Working Group) untuk mengembangkan HTML 5 – sebuah versi ter-mutakhir dari HTML. Meski pengembangan HTML 5 ini belum final, kita sudah dapat menggunakannya pada beberapa browser modern yang populer seperti Crome, Firefox, Opera, Safari dan Internet Explorer 8.

HTML 5 Doctype dan Charset
Doctype digunakan untuk menginformasikan versi HTML yang digunkan kepada browser. Dulu, doctype ditulis dengan bentuk yang sangat sulit dipahami manusia:
<!DOCTYPE html PUBLIC “-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN” “http://www.w3org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd">
Sementara itu, bentuk doctype HTML5 sangat sederhana karena cukup menggunakan dua kata “doctype” dan “html”
<!doctype html>
Charset alias Character Set untuk HTML5 juga lebih sederhana, cukup dengan menuliskan:
<meta charset=”UTF-8”>
Bandingkan dengan bentuk charset HTML 4 dan XHTML:
<meta http-equiv=”Content-Type” content=”text/html; charset=utf-8” />
HTML5 menang mutlak karena informasi yang ditampilkan dalam bentuk yang sederhana. Saya sendiri pengen beralih menggunakan Struktur HTML 5 hanya pengetahuannya belum sampai kesana,  semoga dengan artikel ini ada sesepuh-sesepuh yang bisa membantu atau merekomendasikan cara menggunakan HTML 5 dan CSS3. Dan untuk para sahabat blogger yang sama-sama belum mengethui lebih jauh tentang HTML ini, semoga bisa memberi sedikit gambaran dalam proses transisi dari HTM-4 / XHTML ke HTML-5. Terima kasih

0 komentar:

Silakan Gunakan Kolom berikut Untuk Bertanya Lebih lanjut"! Salam KELUARGA BESAR O-KAO!