Monday 16 December 2013

Tips Memulai Bisnis Properti

Bisnis properti merupakan salah satu bisnis yang mulai banyak diincar oleh pebisnis-pebisnis di Indonesia. Selain karena properti merupakan salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan oleh masyarakat di era global seperti sekarang, bisnis ini merupakan bisnis yang bersifat jangka panjang sehingga apabila berjalan lancar, bisnis ini dapat menjanjikan suatu keuntungan besar bagi pemiliknya karena harganya yang semakin tahun semakin meningkat.

Bisnis Properti
sumber: Kompas.com

Bagi sebagian orang, bisnis ini identik dengan modal atau dana yang besar. Membangun sebuah rumah untuk disewakan atau dijual tentu saja membutuhkan modal yang tidak sedikit bukan? Belum lagi biaya pengelolaan dan perawatan bangunan. Nah, hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa banyak orang menjadi ragu untuk memulai bisnis ini. Berikut ini beberapa tips untuk memulai bisnis properti, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang akan memulai bisnis ini.

Tabungan dan investasi

Sudah disebutkan di atas bahwa untuk memulai bisnis ini memerlukan modal yang cukup besar. Tapi anda tidak perlu khawatir. Asal anda pandai melihat celah dalam peluang bisnis yang ada, anda tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak dana. Tapi tidak ada salahnya jika memang anda harus menyisihkan sedikit uang anda untuk ditabung. Selain itu mulailah berinvestasi seperti saham, emas dan lain-lain karena ingat, setelah anda setelah anda memulai bisnis properti, anda juga harus memikirkan biaya perawatan yang tentunya juga tidak murah.

Tentukan Lokasi

Salah satu yang menunjang mengapa bisnis di bidang properti dapat menjanjikan keuntungan yang besar adalah lokasinya. Masyarakat tentu saja akan merasa senang dan nyaman apabila lingkungan tempat tinggal yang terjamin keamanannya, bersih dan fasilitas umum yang berada dalam jangkauan yang cukup untuk kehidupan sehari-hari seperti pusat perbelanjaan, transportasi (stasiun, halte) dan tempat rekreasi. Untuk hal ini tentunya anda perlu melakukan survey kecil-kecilan mengenai lokasi yang tepat untuk pembangunan bisnis anda.

Mempelajari Dasar-Dasar Bisnis Properti

Tidak ada salahnya anda mulai membuka-buka buku sedikit mengenai bisnis yang akan anda jalani. Pelajari konsepnya, langkah-langkahnya dan juga bagaimana untung ruginya. Walaupun bukan berasal dari latar belakang pendidikan bisnis, setidaknya anda harus tahu hal-hal tersebut agar tidak mudah dipermainkan.

Jangan Takut untuk Memulai

Modal sudah dan lokasi juga telah ditentukan. Langkah terakhir tentu saja adalah action. Kebanyakan orang berpikir bisnis properti ini merupakan jenis bisnis yang sulit dijalani dan banyak menyita waktu. Selain itu juga takut jika tidak bisa balik modal. Padahal yang sesungguhnya sulit itu adalah memulainya. Kalahkan semua rasa takut dan pikiran-pikiran negatif yang menjadikan anda merasa ragu untuk memulai. Ketika anda sudah berhasil untuk memulai, jangan lupa untuk selalu memantau perkembangan bisnis anda.

Segala bentuk usaha, termasuk bisnis properti memang memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Semakin besar peluang keuntungannya, semakin besar pula resiko yang harus anda antisipasi. Dengan tekad dan semangat yang tinggi, disertai kejelian memanfaatkan peluang yang ada, anda tentunya akan sukses.

0 komentar:

Silakan Gunakan Kolom berikut Untuk Bertanya Lebih lanjut"! Salam KELUARGA BESAR O-KAO!